Hasil Badminton SEA Games 2019: Praveen-Melati vs Malaysia di Final

Oleh: Oryza Aditama - 8 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pasangan ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berhasil merebut tiket ke final badminton di SEA Games 2019.
tirto.id - Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sukses menyegel tiket final badminton sektor ganda campuran SEA Games 2019.

Melakoni laga semifinal hari ini, Minggu (8/12/2019) di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, pasangan unggulan pertama itu sukses melewati hadangan wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Untuk laga final besok (9/12), mereka juga akan mendapat tantangan dari duet Malaysia yang lain, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie.

Tampil sebagai laga pembuka semifinal di court-1, Praveen/Melati langsung tampil dominan pada gim pertama.

Pasangan peringkat 5 dunia tersebut selalu memimpin perolehan angka sejak awal permainan. Set pembuka ditutup dengan skor 21-16.

Duet Indonesia mulai mendapat perlawanan di gim kedua. Saling susul poin kerap mewarnai pertarungan kedua pasangan. Sempat tertinggal 16-18, namun Praveen/Melati mampu membalikkan kedudukan sekaligus mengakhiri pertandingan dengan skor 21-18. Laga berakhir straight game dalam tempo 37 menit

“Dari awal kami coba untuk memegang permainan. Kami fokus terus dari awal sampai akhir. Memang di game kedua tadi sempat ada kendala. Tapi akhirnya kami bisa mengatasi bersama,” ujar Praveen selepas laga. Dikutip dari laman PBSI, Minggu (8/12).

Praveen/Melati bakal memperoleh tantangan dari pasangan unggulan 2 asal Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie, untuk pertarungan final yang akan digelar hari Senin besok (9/12).

Dalam laga semifinal hari ini Goh/Lai berhasil menundukkan duet Indonesia, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari, lewat duel rubber game.

Di sektor lain, tunggal putri Ruselli Hartawan juga berhasil menyegel tiket final, usai menumbangkan unggulan pertama asal Thailand, Pornpawee Chochuwong. Bertarung tiga gim dalam tempo 53 menit, Ruselli menang dengan skor 21-16, 10-21, dan 21-18.

“Tadi agak nervous juga kaya pengen buru-buru matiin di poin-poin akhir. Kunci kemenangannya sabar, karena dia pemain serang. Sebisa mungkin defend saya harus ada colongan,” ungkap Ruselli selepas laga.

Kontingen Merah Putih masih memiliki 2 wakil lain yang hari ini juga dijadwalkan berlaga memperebutkan tiket final.

Ganda putra Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso melawan unggulan 2 milik Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, pada partai penutup court-1. Sedangkan ganda putri unggulan pertama Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga ditantang pasangan Malaysia, Vivian Hoo/Yap Cheng Wen di court-2.

Rangkaian laga semifinal badminton kategori individual SEA Games 2019 dapat dipantau melalui tayangan live score di BWF Tournamentsoftware.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight