Hari Ayah Nasional 12 November 2019 Jadi Google Doodle di Indonesia

Oleh: Febriansyah - 12 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hari Ayah Nasional dirayakan menjadi Google Doodle hari ini.
tirto.id - Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November. Pada peringatan Hari Ayah tahun ini, Google ikut serta merayakannya dalam bentuk Doodle, yang bisa ditemui pengguna hanya dengan membuka situs web Google.

Doodle kali ini memperlihatkan 7 ekor bebek yang tengah bermain. Satu ekor digambarkan memiliki tubuh yang besar sementara sisanya bertubuh kecil dan mirip anak-anak bebek. Bebek besar merupakan induk atau 'ayah' dari bebek-bebek kecil ini.

Jika Doodle diputar, maka bebek-bebek kecil akan bergerak-gerak mengelilingi si bebek besar. Di bagian lain, bebek besar akan membuat gelembung-gelembung dan mengarahkan gelembung itu pada anak-anaknya yang beberapa saat gelembung itu akan pecah dan anak-anak kemudian akan jatuh tercebur ke air.

Google Doodle bentuk bebek ini hanya untuk wilayah Indonesia. Karena di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Jepang dan negara-negara Eropa merayakan hari ayah di minggu ketiga bulan Juni.

Di Indonesia, Hari Ayah dirayakan pertama kali pada tahun 12 November 2006. Hal ini berawal dari prakarsa Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) yang tergugah akan pertanyaan kapan orang-orang bisa merayakan hari ayah. Sebab saat itu hanya hari ibu yang selalu muncul di perayaan-perayaan.

Perayaan hari ayah ini dicetuskan dalam pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lewat deklarasi. Namun tidak ada satu peristiwa penting yang memang bisa dijadikan alasan kenapa hari ini menjadi hari ayah nasional.

Tak seperti Hari Ibu yang maknanya diperebutkan baik oleh yang membatasi peran perempuan hanya di dapur, sumur, kasur, maupun yang merayakan peran ibu di ranah privat dan publik.

Namun, perebutan makna atas peran laki-laki tak terjadi dalam Hari Ayah. Pasalnya, peran laki-laki di ruang publik terlanjur telah diamini sebagian besar orang sehingga laki-laki memang tak butuh diemansipasi.

Deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Selain Indonesia, negara-negara lain juga merayakan Hari Ayah hanya waktunya yang berbeda. Lebih dari 75 negara merayakan peringatan ini yakni AS, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hong Kong.

Perayaan Hari Ayah di negara-negara tersebut jatuh pada hari minggu di pekan ketiga bulan Juni dan dirayakan hampir di seluruh dunia sejak awal abad ke -12.

Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-Laki Internasional diperingati setiap 19 November.
Untuk Indonesia sendiri, Google meramaikan perayaan Hari Ayah Nasional melalui ilustrasi Doodle-nya.


Baca juga artikel terkait HARI AYAH NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight