Harga Xiaomi Mi A2 Turun Rp700 Ribu, Antisipasi Redmi Note 7?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 22 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Penuruan harga Mi A2 jadi momentum bagi pengguna ponsel Xiaomi seri lawas untuk upgrade perangkat.
tirto.id - Harga Xiaomi Mi A2 di Indonesia turun Rp700 ribu, dari Rp3,699 juta menjadi Rp2,999 juta, yang diprediksi sebagai langkah antisipasi kehadiran Redmi Note 7 di Tanah Air.

Di balik dugaan itu, penuruan harga tersebut jadi momentum bagi pengguna ponsel Xiaomi seri lawas untuk upgrade perangkat, misalnya pemilik seri Redmi Note 5, Redmi Note 5, atau Mi A1.

Pasalnya, spesifikasi teknis Mi A2 di atas kertas melebih tiga smartphone Xiaomi itu yang memang cukup populer pada masanya.

Adapun penurunan harga Xiaomi Mi A2 ini diungkap oleh akun Twitter Xiaomi Indonesia, @xiaomiindonesia, yang merujuk ke laman Forum Mi Indonesia.

Di forum itu, harga Xiaomi Mi A2 telah turun sejak Kamis (21/2/2019) kemarin untuk varian RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB.

Saat mengunjungi laman Mi Store Indonesia, Jumat (22/2/2019), harga Xiaomi Mi A2 memang dipangkas, yang tersedia dalam varian warna hitam, biru, emas, dan merah.


Spesifikasi Xiaomi Mi A2

Mi A2, smartphone Android One suksesor Mi A1 diboyong ke Indonesia pada November 2018 setelah debut global di Madrid, Spanyol bulan Juli di tahun yang sama.

Ponsel ini mengusung layar 5,99 inci FHD+ tipe IPS. Sektor perangkat lunak, Xiaomi Mi A2 menjalankan OS Android 8.1 Oreo, namun mendapat pembaruan ke Android 9 Pie.

Sebagai ponsel Android One, Xiaomi Mi A2 mendapat garansi upgrade OS selama 2 tahun langsung dari Google, termasuk security patch bulanan rutin.

Sektor fotografi jadi andalan Xiaomi Mi A2 lantaran dibekali kamera belakang ganda.

Pertama, berkekuatan 12MP dengan sensor Sony IMX486 yang ditandemkan lensa aperture f/1.8 serta fitur PDAF dan LED flash. Kamera kedua, berkekuatan 20MP dengan sensor Sony IMX576 1/2.8 inci 1um piksel, berfungsi sebagai lensa low-light dan sensor kedalaman.

Untuk memuaskan hasrat selfie pengguna, kamera depan Xiaomi Mi A2 tersemat resolusi 20MP dengan sensor Sony IMX576 1/2,8 inci 1um piksel, yang ditandemkan lensa bukaan f/2.2 serta fitur AI.

Baik kamera depan maupun belakang Xiaomi Mi A2 sudah dilengkapi fitur portrait atau bokeh.

Xiaomi Mi A2 dibekali pula fitur keamanan komplet seperti sensor biometrik sidik jari dan face unlock. Untuk menunjang aktivitas seharian pengguna, tertanam baterai 3.000mAh didukung fitur Quick Charge 3.0.

Sementara untuk menunjang kinerjanya, Xiaomi Mi A2 disokong chipset Snapdragon 660 AIE berkonsep octa-core kecepatan 2,2GHz. Dapur pacu ini dipadukan RAM 4GB, sedangkan kemampuan gaming-nya juga cukup cakap berkat kartu grafis Adreno 512.

Xiaomi Mi A2 yang hadir di Indonesia hanya memiliki satu varian yakni 64GB, yang sayangnya tak dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.


Kapan Redmi Note 7 Masuk Indonesia?

Setelah debut di Cina pada awal tahun ini, Xiaomi akan merilis Redmi Note 7 di India pada 28 Februari 2019 mendatang.

Redmi Note 7 merupakan perangkat pertama Redmi setelah pisah dari Xiaomi sebagai sub-brand mandiri. Pada 10 Januari lalu, Redmi Note 7 diperkenalkan pertama kali di negara asalnya.

Di Cina, Redmi Note 7 menerima respons positif usai 100 ribu unit ludes terjual dalam 8 menit 36 detik saat flash sale perdana pada 15 Januari lalu.

Tak mengherankan bila India jadi pasar berikutnya, mengingat negara ini baru saja kedatangan dua smartphone kelas menengah andalan Samsung, Galaxy M10 dan M20.

Apabila berkaca ke belakang, perangkat seri Redmi juga rutin diboyong Xiaomi ke Indonesia, seperti tahun lalu, dari Redmi 6 dan 6A hingga yang terakhir, Redmi Note 6 Pro.

Xiaomi Indonesia pun mengisyaratkan bahwa Redmi Note 7 akan hadir ke Tanah Air. Pada 12 Februari lalu melalui akun Twitter-nya, mereka melepaskan sinyal itu.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis