Xiaomi Mi 9 vs Mi 8, Apa Saja Peningkatannya?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 20 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Xiaomi Mi 9 menawarkan sejumlah peningkatan spesifikasi dibandingkan pendahulunya, flagship tahun lalu, Mi 8.
tirto.id - Penerus Xiaomi Mi 8, flagship Mi 9 baru saja diluncurkan di negara asalnya, Cina. Mi 9 jadi ujung tombak Xiaomi di kelas premium sekaligus mengusung peningkatan dari pendahulunya. Lantas apa saja perbedaan di antara keduanya?

Apabila Mi 8 dan Mi 9 dibandingkan, maka flagship terkini Xiaomi menawarkan peningkatan signifikan di lima sektor, yakni desain, kamera, kinerja, dan teknologi pengisian daya.

Berikut ini sejumlah peningkatan Mi 9 dari pendahulunya, Mi 8, sekaligus perbedaan spesifikasi di antaranya keduanya.

Desain

Xiaomi Mi 9 menghadirkan desain bezel lebih tipis dan "poni" minimalis gaya waterdrop. Sementara Mi 8, masih mengadopsi notch konvensional ala iPhone X, besar dan lebar.

Sama seperti pendahulunya, Xiaomi Mi 9 tampil mewah dengan frame berbahan aluminium dan casing kaca anti-gores (Gorila Glass 6). Hanya saja, Mi 9 hadir dengan varian warna baru dengan gradasi berbeda, yakni Lavender Violet, Ocean Blue, dan Piano Black.

Layar

Baik Mi 9 maupun Mi 8 sama-sama mengusung layar tipe Super AMOLED tapi dengan ukurannya yang berbeda. Mi 9 memiliki diagonal lebih besar, 6,39 inci resolusi FHD+ rasio 19,5:9, sedangkan Mi 8 berukuran 6,21 inci resolusi FHD+ rasio 18:9.

Kamera Lebih Mumpuni

Terjadi peningkatan di sektor fotografi berkat tiga kamera belakang di Xiaomi Mi 9. Tak hanya itu, kamera utamanya juga memiliki ukuran sensor lebih besar.

Kamera utama Mi 9 berkekuatan 48MP dengan sensor Sony IMX586 1/2 inci 0.8um piksel yang ditandemkan lensa aperture f/1.8 serta didukung fitur laser autofocus, PDAF, OIS, dan LED flash.

Kamera kedua berkekuatan 16MP yang diperkuat lensa ultra-wide bukaan f/2.2 menawarkan field of view (FoV) 117 derajat. Sementara kamera ketiga, berkekuatan 12MP sebagai depth sensor sekaligus telephoto dengan lensa f/2.2 untuk menghadirkan kemampuan 2x optical zoom.

Adapun Xiaomi Mi 8 masih mengandalkan kamera belakang ganda yang tren pada tahun lalu, masing-masing berkekuatan 12MP. Untuk kamera kedua berfungsi sebagai telephoto dan depth sensor.

Performa Lebih Kencang

Performa Xiaomi Mi 9 jauh lebih kencang dari Mi 8 berkat dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 855 berkonsep octa-core yang dipadukan RAM 6GB atau 12GB (Mi 9 Transparant Edition). Kemampuan gaming-nya juga andal berkat kartu grafis Adreno 640.

Mi 8 masih mengandalkan chipset primadona para flagship tahun lalu, yakni seri Snapdragon 845 kendati jumlah core-nya sama. Terkait RAM, Mi 8 hanya mentok 8GB, sedangkan kartu grafisnya masih Adreno 630.

Pengisian Baterai Lebih Cepat

Pada sektor catu daya, kendati kapasitasnya tak meningkat, Mi 9 dapat mengisi baterai 3.300mAh lebih cepat berkat fitur Qualcomm QC4+ berdaya 27W. Selain itu, flagship ini juga dibekali teknologi fast wireless charging pertama di dunia dengan daya 20W.

Mi 8 unggul soal kapasitas baterai (3.400mAh) yang juga tertanam fitur Qualcomm QC4+ namun hanya berdaya 18W.

Adapun Mi 8 resmi jadi fagship Xiaomi tahun lalu usai diperkenalkan pada bulan Mei 2018. Sementara Mi 9, debut global di Cina pada hari ini, Rabu, 20 Februari 2019. Pada saat yang bersamaan, Xiaomi juga memperkenalkan Mi 9 Transparent Edition dan Mi 9 SE.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi