Harga Baru dan Bekas Toyota New Avanza Per September 2019

Oleh: Wisnu Amri Hidayat - 9 September 2019
Dibaca Normal 2 menit
Daftar harga mobil Toyota New Avanza dalam kondisi baru dan bekas per September 2019.
tirto.id - Harga mobil Toyota New Avanza per bulan September dalam kondisi baru mulai Rp191,1 juta, sedangkan untuk kondisi bekas mulai Rp140 juta.

Mobil multi-purpose vehicle (MPV) atau mobil keluarga tiga baris dengan konfigurasi tujuh penumpang adalah pasar mobil yang paling variatif di Indonesia terutama low MPV. Hal itu disebabkan lantaran konsumen di Indonesia lebih memilih kapasitas penumpang sebagai faktor utama.

Hal ini disebabkan adanya banyak pemilik mobil yang menginginkan kendaraan yang mampu membawa banyak penumpang sebagai sarana bepergian atau liburan. Selain itu, kehadiran MPV di garasi rumah seolah menjadi simbol kemapanan keluarga di Indonesia.

Maka dari itu, lini low MPV adalah lini yang ramai dengan produkan dari berbagai pabrikan besar dunia. Salah satu yang jadi opsi dalam pasar low MPV ialah Toyota Avanza.

Avanza bisa dibilang adalah nama senior dalam peta pertarungan mobil di kelas low MPV. Avanza yang rilis pertama kali pada ajang Gaikindo Auto Expo di tahun 2003, populer dan sukses meraih tempat tersendiri di hati keluarga Indonesia.

Hal-hal seperti spare parts yang mudah didapat dan terjangkau, mesin yang tangguh dan bandel, serta daya jual kembali yang stabil, jadi dambaan pembeli jika ingin memiliki mobil di kelas low MPV.

Toyota pun, sigap memperbaharui Avanza hingga yang terakhir menghadirkan varian terbaru dengan nama New Avanza yang memiliki slogan Part of Indonesia’s Greatness.


Spesifikasi Toyota New Avanza

New Avanza keluaran Toyota punya 5 tipe dari mesin terendah berkapasitas 1.300 cc dan varian tertinggi dengan mesin bervolume 1.500 cc. Secara umum, New Avanza memiliki dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.160 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sementara di sektor ground clearance, angka 200 mm jadi alasan bagi pengemudi untuk tak perlu khawatir memacu Avanza di aspal Indonesia yang kadang tak rata dan memiliki permukaan yang bergelombang.

Namun, hati-hati jika membawa New Avanza dalam kecepatan tinggi hingga 100km/jam, karena tunggangan jadi rawan limbung dan sedikit susah saat dikendalikan. Namun hal ini sedikit banyak telah diperbaiki pada varian New Avanza yang telah menyematkan fitur Electronic Power Steering (EPS) yang akan mempermudah kendali mobil.

Beralih ke bagian roda-roda, jarak antara sumbu roda Avanza memiliki jarak hingga 2.655 mm. New Avanza juga dibekali ban 14 inci di kelas rendah, dan ban berjari-jari 15 inci di kelas tertingginya. Di sektor suspensi, New Avanza dibekali suspensi depan MacPherson Strut dengan suspensi belakang Multi Link berjenis coil spring.

New Avanza diturunkan ke pasar dengan dua varian kapasitas mesin, yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc. Namun, secara konfigurasi, seluruh varian New Avanza mempunyai mesin bertipe IL dengan konfigurasi 4 silinder dengan 16 katup. Selain itu Avanza juga menggunakan mesin DOHC (Double Over Head Camshaft), Dual VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligence) ciptaan Toyota yang dikalim mampu melakukan penyesuaian waktu pada camshaft intake dan exhaust sehingga konsumsi bahan bakar dapat ditekan dengan mudah.

Toyota merilis New Avanza 2019 dalam lima tipe, yaitu 1.3E M/T, 1.3E A/T, 1.3G M/T, 1.3 A/T, dan varian tertinggi, 1.5G M/T. Untuk empat tipe pertama, Toyota memasang mesin bervolume 1.329 cc yang mampu memuntahkan daya maksimum sebesar 96,5 horse power/6.000 rpm dan memiliki torsi maksimum 12,3 Kgm/4,200 rpm. Sementara untuk varian tertinggi, Toyota membekalinya dengan mesin berkapasitas 1.496 cc yang mampu menghasilkan 103 tenaga kuda dengan torsi puncak 136 Nm.

Toyota merilis New Avanza dalam dua mode transmisi,yaitu jenis transmisi manual 5 kecepatan dengan transmisi otomatis 4 kecepatan. Hal ini dibuat agar New Avanza dapat menjangkau kalangan keluarga Indonesia yang terlanjur familiar dengan salah satu mode transmisi hingga susah untuk berpindah.


Harga Toyota New Avanza

Berdasarkan harga yang tertera pada situs resmi milik Toyota Astra Motor Indonesia, varian New Avanza dibanderol dengan harga sebagai berikut:

  • New Avanza 1.3 E M/T Rp191,1 juta
  • New Avanza 1.3 E A/T Rp202,3 juta
  • New Avanza 1.3 G M/T Rp208,9 juta
  • New Avanza 1.3 G A/T Rp219,6 juta
  • New Avanza 1.5 G M/T Rp221,2 juta

Sementara harga Toyota New Avanza di pasar mobil bekas, seperti dirangkum dari situs OLX dan Carmudi untuk daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur adalah sebagai berikut:

  • New Avanza 1.3 E M/T mulai Rp140 juta hingga Rp160 juta
  • New Avanza 1.3 E A/T mulai Rp150 juta hingga Rp170 juta
  • New Avanza 1.3 G M/T mulai Rp165 juta hingga Rp180 juta
  • New Avanza 1.3 G A/T mulai Rp175 juta hingga Rp190 juta
  • New Avanza 1.5 G M/T mulai Rp185 juta hingga Rp200 juta



Baca juga artikel terkait TOYOTA NEW AVANZA atau tulisan menarik lainnya Wisnu Amri Hidayat
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Wisnu Amri Hidayat
Penulis: Wisnu Amri Hidayat
Editor: Ibnu Azis
DarkLight