Menuju konten utama

Fungsi Noken As Motor, Cara Kerja, dan Tips Merawatnya

Tidak semua pengguna motor memahami fungsi noken as, padahal perannya amat krusial bagi mesin. Dengan begitu, pemilik kendaraan bisa berkendara dengan aman.

Fungsi Noken As Motor, Cara Kerja, dan Tips Merawatnya
Ilustrasi Mesin Motor. foto/IStockphoto

tirto.id - Noken as yang biasa disebut camshaft berperan penting dalam kinerja mesin kendaraan bermotor, termasuk roda dua. Lalu, apa fungsi noken as motor?

Noken as adalah komponen yang mengatur sistem penggerak katup yang ada di mesin kendaraan bermotor. Katup yang dimaksud itu berguna sebagai pintu masuk masuk-keluarnya bahan bakar maupun udara, khususnya dalam proses pembakaran.

Mengingat banyaknya pengguna motor di Indonesia, informasi tentang fungsi dan cara kerja noken as penting dipahami. Hal ini bertujuan meningkatkan wawasan pemilik kendaraan terkait kegunaan noken as dan cara merawatnya.

Penjelasan terkait kegunaan noken as dan fungsinya pada mesin kendaraan bermotor dapat disimak di bawah ini.

5 Fungsi Noken As Motor

Noken as ataupun camshaft tersusun atas poros yang bisa berputar dan memunyai kemiringan tertentu. Dilengkapi dengan bentuk lekukan di permukaan, fungsi krusial yang dilakukan komponen adalah membuka dan menutup klep (katup).

Berikut daftar fungsi noken as motor yang sekiranya perlu diketahui pembaca.

1. Sebagai pengatur buka dan tutup katup

Noken as berfungsi untuk mengatur periode buka maupun tutup klep di bagian kepala silinder kendaraan bermotor. Pengaturan tersebut dilakukan dengan penentuan waktu dari besaran sudut tertentu hingga derajat lain.

Aktivitas buka-tutup ini dimaksudkan untuk mengatur seberapa banyak bahan bakar dan udara yang masuk ataupun keluar dari mesin. Proses pembakaran BBM yang ada di mesin nantinya dipakai sebagai tenaga utama kendaraan.

2. Sebagai pengatur performa mesin

Kendati tidak memberikan pengaruh instan kepada performa mesin, tetap ada sedikit faktor yang menyebabkan tingkat kinerja optimal mesin berubah. Fungsi noken as motor pada poin ini berkaitan dengan torsi putaran akibat perubahan waktu buka-tutup klep.

Untuk memperoleh torsi putaran yang cenderung rendah, perubahan buka-tutup klep pada noken as diatur lebih cepat. Begitu pula untuk pengaturan torsi putaran yang lebih tinggi, kinerja camshaft diubah menjadi lebih lambat.

3. Meningkatkan efisiensi performa mesin

Terkait dengan performa mesin, fungsi noken as motor sebagai pengatur buka-tutup klep sangat berpengaruh terhadap tingkat efisiensi. Pengaturan noken as yang tepat bisa membantu takaran pemasukan dan pengeluaran kedua bahan tersebut.

4. Memberikan pengaruh terhadap tingkat emisi kendaraan

Tahukah Anda bahwa kendaraan bermotor menghasilkan emisi ketika sedang dioperasikan? Di antaranya terdapat material hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO), hingga nitrogen oksida (Nox).

Fungsi noken as motor salah satunya mengurangi banyaknya pembuangan berbagai zat berbahaya di atas. Dengan setting waktu buka-tutup katup yang tepat, lebih bagus lagi jika ada komponen penyaring emisi, noken as bisa meminimalisasi polusi.

5. Membuat penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien

Klep yang diatur oleh produsen motor di pabrik biasanya bermanfaat pada iritnya pemakaian bensin.

Kendati hanya sebagai salah satu faktor, camshaft punya pengaruh menakar jumlah bensin. Oleh sebab itu, komponen kendaraan bermotor ini bisa memberikan dampak positif berupa efisiensi.

Noken AS Motor

Noken AS Motor. foto/istockphoto

Cara Kerja Noken As Motor

Dikutip dari artikel tulisan Rosy Yusuf Khordofi dkk., tentang “Pengaruh Perubahan Camshaft Standart dan Camshaft Racing Terhadap Daya dan Torsi pada Sepeda Motor 110 CC” (2019), noken as terdiri atas dua klep.

Salah satu katup pada noken as disebut sebagai klep hisap (intake valve), berfungsi mengalirkan udara maupun bahan bakar ke silinder motor. Katup kedua adalah klep buang (exhaust valve), berfungsi membuang gas buang agar keluar dari silinder serupa.

Adapun sistem buka-tutup katup tersebut dibedakan sesuai sudut atau derajat tertentu, dihitung berdasarkan perubahan poros engkol.

Pada noken as standar, katup hisapnya akan terbuka pada 32 derajat sebelum Titik Mati Atas (TMA) dan tertutup di angka 56 derajat saat Titik Mati Bawah (TMB). Sementara itu, klep buangnya akan terbuka 57 derajat sebelum TMB dan tertutup 32 derajat sebelum TMA.

Berkaitan dengan cara kerja noken as motor yang optimal, komponen yang sudah dipakai lama bisa mengalami keausan. Kondisi itu dapat dipantau dari suara kasar yang muncul di bagian kepala silinder dan pengapian kendaraan tak stabil.

Lantas, bagaimana cara merawat agar noken as motor tetap baik performanya? Anda bisa menyimak beberapa tips perawatan camshaft motor berikut.

Tips Merawat Noken As Motor

Fungsi noken as motor yang optimal dapat dirasakan oleh pengendara jika dilakukan perawatan yang rutin dan tepat. Oleh sebab itu, Anda bisa mengikuti arahan beberapa tips berikut agar komponennya bisa berfungsi maksimal.

1. Memasang noken as motor dengan tepat

Pemasangan noken as yang tepat dapat memengaruhi kondisi ataupun kebertahanan komponennya. Pastikan Anda memasang di bengkel yang tepercaya dan mengetahui posisi penempatan komponen tersebut secara tepat.

2. Gunakan oli mesin dan filter yang sesuai spesifikasi

Oli mesin maupun oli filter kendaraan bermotor harus menggunakan barang yang sesuai spesifikasi. Anda dapat mengecek informasi setiap oli yang dimaksud, kemudian baru mengonfirmasi terkait pergantiannya.

3. Melakukan tune up di bengkel resmi

Tune up motor dapat mengembalikan mekanisme kerja mesin kendaraan sehingga mencapai performa optimalnya. Namun demikian, Anda juga harus memperhatikan keamanan mesin dengan melakukan tune up di bengkel resmi produsen.

4. Jangan memodifikasi klep sembarangan

Kasus pengubahan klep sembarang bisa menimbulkan berbagai efek negatif, misalnya motor berasap, overheat, dan rusaknya noken as motor. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mengubah pengaturan katup agar fungsinya tetap normal.

Baca juga artikel terkait TIPS MOTOR atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Gearbox
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Fadli Nasrudin