Dishub DKI akan Rekayasa Sejumlah Jalan Saat Konvoi Persija

Oleh: Damianus Andreas - 14 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
“Kegiatan ini merupakan puncak kegembiraan masyarakat beserta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atas kemenangan Persija,” kata Sigit.
tirto.id - Konvoi perayaan kemenangan Persija Jakarta di Liga 1 2018 akan berlangsung pada Sabtu (14/12/2018) besok. Menurut rencana, konvoi akan dimulai sejak pagi, berangkat dari Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) menuju ke Balai Kota DKI Jakarta.

“Kegiatan ini merupakan puncak kegembiraan masyarakat beserta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atas kemenangan Persija,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko dalam keterangan resmi yang diterima Tirto pada Jumat (14/12/2018).

Lebih lanjut, Sigit menyebutkan rute konvoi akan dimulai dari Pintu 1 Stadion GBK untuk kemudian berjalan ke arah Jalan Asia Afrika. Dari situ, rombongan konvoi akan menuju ke Jalan Senayan, belok kiri ke Jalan Jenderal Sudirman, melewati Bundaran Semanggi, untuk kemudian mengarah ke Bundaran HI.

Setelah dari Bundaran HI, rombongan konvoi melintasi Jalan MH Thamrin, untuk kemudian berbelok ke arah kanan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan. Kegiatan konvoi pun akan berakhir di Balai Kota DKI Jakarta yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan tersebut.

“Pada saat kegiatan berlangsung akan dilakukan buka dan tutup jalan oleh petugas kepolisian di lapangan,” tulis Sigit.

Sejumlah rekayasa lalu lintas yang bakal dilakukan pun di antaranya seperti penutupan ruas jalan Gerbang Pemuda di sisi selatan dan Jalan Asia Afrika sisi timur. Di samping itu, ada juga penutupan pada ruas Jalan Medan Merdeka Selatan.


Sementara itu, beberapa jalur juga bakal mengalami pengalihan alur lalu lintas. Warga yang hendak menuju ke Jalan Gerbang Pemuda dari arah Semanggi diarahkan menuju Jalan Palmerah Timur terlebih dahulu. Sedangkan warga yang hendak ke arah Jalan Gerbang Pemuda dari arah Slipi, diarahkan agar melewati Semanggi.

Kemudian, arus lalu lintas dari arah Jalan Asia Afrika di sisi barat tidak diperbolehkan belok kanan ke Jalan Pintu Satu Senayan. Warga yang datang dari arah Bundaran Senayan ke Semanggi pun dialihkan untuk belok kiri menuju ke Jalan Pintu Satu Senayan.

Sigit lantas menyebutkan arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais tidak diperbolehkan belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Selatan. Sementara kendaraan yang datang dari arah Jalan Medan Merdeka Utara tidak diperbolehkan untuk belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Barat.

Adapun arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang menuju ke Monas akan dialihkan menuju Jalan Ir. H. Juanda. Sedangkan kendaraan dari Jalan Ir. H. Juanda yang dilarang belok kiri ke arah Monas bakal dialihkan untuk melintas terus ke Jalan Jalan Suryopranoto. Kendaraan dari Jalan Budi Kemuliaan pun tidak diperkenankan ke Jalan Medan Merdeka Selatan, melainkan harus berbelok kiri ke Jalan Medan Merdeka Barat.

“Diimbau kepada pengguna jalan agar dapat menghindari ruas jalan yang menjadi rute pawai tersebut, serta menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang diterapkan,” ujar Sigit.


Baca juga artikel terkait PAWAI PERSIJA atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Alexander Haryanto