Copa America 2019

Dani Alves Cetak Rekor Pemain Pertama yang Raih 40 Trofi

Oleh: Beni Jo - 8 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dani Alves adalah pemain sepak bola pertama yang mampu meraih 40 trofi sepanjang karier.
tirto.id - Dani Alves menjadi pemain sepak bola pertama dalam sejarah yang meraih 40 trofi sepanjang karier. Rekor baru Alves itu dipastikan setelah sang bek kanan berusia 36 tahun turut membantu Brasil juara Copa America 2019 dengan mengalahkan Peru 3-1 pada Senin (8/7/2019) di Maracana.

Brasil baru saja melepaskan dahaga tak merasakan gelar Copa America selama 12 tahun, terhitung sejak 2007. Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran Dani Alves, yang terpilih sebagai MVP Copa America 2019. Sepanjang turnamen, dengan ban kapten yang melingkar di lengannya, ia memimpin tim Samba yang bermain tanpa sang bintang, Neymar.

Kesuksesan Brasil menjadi lebih indah untuk Alves, karena pertandingan final Copa America 2019 digelar di stadion legendaris, Maracana.

"Bermain di Maracana ini selalu sangat istimewa Ini adalah kandang kami," ungkap bek kanan tersebut dikutip Soccerway, Senin (8/7/2019).

Alves berupaya merendah soal statusnya yang menjadi MVP turnamen dan perannya sebagai pemimpin di lapangan. Bahkan, ia menyebut, Tite, pelatih Brasil adalah kapten Selecao yang sesungguhnya.


"Kapten tim kami sesungguhnya adalah Tite. Saya ucapkan selamat untuk kami dan orang-orang yang ada di sekitar kami. Saya ulangi, selamat untuk para staf kami," tambah sosok yang meninggalkan PSG pada akhir musim lalu.

Pencapaian Dani Alves dengan 40 trofi tergolong sensasional, karena belum pernah ada dalam sejarah, seorang pemain sepak bola meraih gelar sebanyak itu.

40 trofi itu dirasakan oleh Alves di level internasional dan klub. Bersama Brasil, Dani Alves tercatat memenangi empat gelar, yaitu dua kali Copa America dan dua kali Piala Konfederasi.

Di level klub, Alves memiliki 5 gelar, yaitu 2 kali Piala UEFA (sekarang Liga Eropa) pada 2006 dan 2007, 1 kali Piala Super UEFA 2006, 1 kali Copa del Rey 2007, dan 1 Supercopa de Espana 2007.

Sementara itu, bersama Barcelona, Alves merasakan puncak kejayaan. Total, ia memiliki 23 gelar, yaitu 6 gelar Liga Spanyol, 4 Copa del Rey, 4 Supercopa de Espana, 3 Liga Champions, 3 Piala Dunia antarKlub, dan 3 Piala Super UEFA.

Sempat menyeberang ke Juventus, dia mendapatkan 2 gelar di klub Serie A tersebut, yaitu juara Liga Italia 2017 dan Copa del Rey pada tahun yang sama.

Dua musim di PSG, Alves mendapatkan tambahan 6 gelar, yaitu 2 kali Liga Perancis, 2 Trophee de Champions, 1 Coupe de la Ligue, dan 1 Coupe de France.




Baca juga artikel terkait COPA AMERICA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Beni Jo
DarkLight