Daftar Tim Lolos Perempat Final Liga Eropa 2019: Italia Cuma Napoli

Oleh: Wan Faizal - 15 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Chelsea, Arsenal, dan Napoli masuk dalam daftar tim lolos ke 8 besar Liga Eropa 2018/2019.
tirto.id - Inter Milan dan Napoli harus mengalami nasib yang berbeda dalam kiprahnya di Liga Eropa tadi malam. Jika Napoli mulus saja melenggang ke babak perempat final, maka tidak dengan Inter yang harus mengakhiri petualangannya usai disingkirkan Eintracht Frankfurt. Dengan ini, maka Italia menyisakan satu wakil saja di kompetisi tersebut.

Inter sebenarnya punya keuntungan karena bermain di kandang sendiri pada pertemuan kedua melawan Frankfurt setelah mereka hanya bermain imbang 0-0 di Jerman. Tapi, sebiji gol Luka Jovic di menit awal membuat Inter harus memikul beban berat dan tak mampu mencetak dua gol balasan sebagai syarat bagi mereka untuk lolos.

Hal yang sama sebenarnya nyaris dialami Napoli. Menang 3-0 atas Salzburg di laga pertama di Naples, Napoli nyaris saja tergelincir ketika ganti bertandang ke Austria. Mereka unggul lebih dahulu lewat Arek Milik, tetapi kemudian Salzburg mencetak tiga gol balasan. Skor agregat menjadi 3-4 dan meloloskan pasukan Carlo Ancelotti ke fase berikutnya.

Sementara itu Inggris punya dua wakil di perempat final yakni dua tim asal London, Arsenal dan Chelsea. The Gunners selamat dari lubang jarum setelah kalah 3-1 di laga pertama namun bisa membalikkan keadaan dengan skor 3-0 di pertemuan kedua. Pierre-Emerick Aubameyang menjadi bintang dengan sumbangan dua golnya yang membawa mereka mampu meneruskan langkah.

Pencapaian tersebut terbilang hebat karena Dikutip dari Squawka, dalam sejarah Liga Eropa, Arsenal menjadi tim kedua yang mampu lolos setelah kalah 3-1 di leg pertama. Fulham yang mengawalinya ketika pada 2010 lalu mereka yang kalah 3-1 di markas Juventus bisa membalikkan skor menjadi 4-1 ketika giliran bertanding di Craven Cottage.

Chelsea juga lolos setelah menghajar Dynamo Kiev 0-5 di Ukraina sehingga mereka menang dengan skor agregat 0-8. Dikutip dari OptaJoe, dengan demikian, Inggris kini memiliki enam wakil di perempat final ajang Eropa. Empat lainnya adalah Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Tottenham Hotspur di Liga Champions. Ini menjadi pencapaian terbaik mereka sejak 1970-1971 silam.

Di tempat lain, Spanyol mampu mengirim dua wakil yakni Villarreal dan Valencia. Menjadi satu pelipur lara tentunya bagi sepak bola Spanyol karena di Liga Champions sendiri kiprah mereka kurang bagus karena hanya Barcelona saja yang mampu lolos disaat Real Madrid dan Atletico Madrid disingkirkan Ajax serta Juventus.

Selain itu, tim lain yang sukses melangkah ke perempat final adalah Slavia Praha dari Ceko serta Benfica dari Portugal. Satu lagi adalah Frankfurt yang sukses mengalahkan Inter menjadi satu-satunya wakil Jerman yang tersisa di kancah Eropa tahun ini.



Berikut ini daftar tim yang lolos ke 8 besar Liga Eropa 2018/2019.

Liga Inggris: Chelsea, Arsenal
Liga Spanyol: Villarreal dan Valencia
Liga Republik Ceko: Slavia Praha
Liga Portugal: Benfica
Liga Jerman: Eintracht Frankfurt
Liga Italia: Napoli

Baca juga artikel terkait LIGA EUROPA atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight