Liga Eropa 2019

Hasil Dynamo Kiev vs Chelsea Skor Akhir 0-5, Giroud Hattrick

Oleh: Fitra Firdaus - 15 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 0-5 menjadi hasil Dynamo Kiev vs Chelsea di 16 besar Liga Eropa pada Jumat (15/3/2018), terutama berkat hattrick Olivier Giroud. The Blues lolos ke perempat final dengan agregat 0-8.
tirto.id - Hattrick Olivier Giroud ditambah satu gol Marcos Alonso dan Callum Hudson-Odoi menjadi penentu hasil laga Dynamo Kiev vs Chelsea yang ditutup dengan skor telak 0-5. Tampil di Stadion Olimpiade Kiev pada Jumat (15/3/2019), The Blues sukses menambah agregat jadi 0-8 di leg kedua 16 besar Liga Eropa 2018/2019 dan melaju mulus ke perempat final.

Menjelang laga, pelatih Chelsea Maurizio Sarri mengeluhkan kondisi lapangan yang menurutnya memungkinan para pemain cedera. Namun, hal ini tidak mengurangi niatan Sarri untuk menurunkan sebagian pemain intinya dalam formasi 4-3-3.

Dua penggawa muda, Callum Hudson-Odoi dan Ruben Loftus-Cheek mendapatkan kesempatan tampil di antara bintang-bintang The Blues dalam starting XI. Sementara itu, Dynamo Kiev yang mesti mencetak empat gol di laga ini memakai pola standar 4-2-3-1.

Nyatanya hanya butuh lima menit untuk tim tamu mencetak gol. Bermula dari set piece tendangan sudut pertama Chelsea yang diciptakan Willian, Loftus-Cheek mengarahkan bola untuk diselesaikan Olivier Giroud. Gol cepat itu mengganggu mental Kiev yang lantas kebobolan lagi.

Menit ke-33, umpan silang Marcos Alonso menjadi makanan empuk bagi Giroud. Belum berhenti sampai di sana, sang bek kiri asal Spanyol lantas menambah gol untuk timnya di ujung babak pertama. Sudah unggul 0-3 hingga turun minum, Chelsea sangat berada di atas angin.

Dynamo Kiev tidak bisa memberikan perlawanan lebih pada babak berikutnya. Kesempatan datang untuk Giroud mencetak hattrick, dan dia tidak membuangnya pada ment ke-59. Tendangan bebas Willian dituntaskannya jadi gol, sekaligus membuat sang penyerang Perancis mencetak 9 gol dalam 9 laga di Liga Eropa.

Sarri kemudian menarik keluar N'Golo Kante dan Cesar Azpilicueta ketika laga masih bersisa lebih dari 20 menit. Bukannya diam Chelsea menambah satu gol lagi dari Callum Hudson-Odoi, kali ini bermula dari umpan terobosan jitu Giroud.

Chelsea unggul dalam segala hal atas Dynamo Kiev di laga ini. Mereka memiliki penguasaan bola 62,6 persen berbanding 37,4 persen milik tuan rumah. Sepanjang laga The Blues melepaskan 14 tembakan, 8 di antaranya tepat sasaran, sedangkan Kiev 6 tembakan, 2 on target.


Pencetak Gol: Olivier Giroud 5, 33, dan 59, Marcos Alonso 45+1, Callum Hudson-Odoi 78

DYNAMO KIEV (4-2-3-1): Denys Boyko; Tomasz Kedziora, Mykyta Burda, Tamas Kadar, Vitaliy Mykolenko; Serhiy Sydorchuk, Mykola Shaparenko, Sidcley, Viktor Tsygankov, Volodymyr Shepelev; Denys Harmash.

cadangan: Georgi Bushchan, Oleksandr Andrievsky, Artem Shabanov, Vitor Bueno, Akhmed Alibekov, Tche Tche, Yevhen Smyrnyi.

CHELSEA (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Davide Zappacosta, Andreas Christensen, Antonio Rudiger, Marcos Alonso; Mateo Kovacic, N’Golo Kante, Ruben Loftus-Cheek; Callum Hudson-Odoi, Olivier Giroud, Willian.

Willy Caballero, Cesar Azpilicueta, David Luiz, Jorginho, Ross Barkley, Eden Hazard, Pedro.

Baca juga artikel terkait LIGA EUROPA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus