Daftar Aplikasi untuk Merekam Layar Hp Android

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 19 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Aplikasi screen video recorder dapat di-download di Google Play Store yang ditawarkan gratis dan tanpa perlu aksi rooting perangkat.
tirto.id - Aplikasi untuk merekam layar hp Android atau screen video recorder, bermanfaat bagi pengguna yang gemar membuat video tutorial atau streamer game saat berbagi aktivitas gaming. Di Google Play Store, tersedia beragam aplikasi tersebut yang ditawarkan secara gratis dan dapat digunakan di perangkat tanpa perlu aksi rooting.

Sebenarnya, fitur untuk merekam layar di hp Android telah ditawarkan Google secara built-in di hp Android melalui salah satu fitur di aplikasi Play Games.

Meski begitu, kemampuan merekam layar melalui Play Games hanya sebatas saat bermain game. Menurut laman Android Authority dikutip Rabu (19/6/2019), situasi ini dapat disiasati dengan menjalankan fitur perekaman bersamaan saat game diluncurkan, kemudian keluar dari game tersebut lalu menjalankan aplikasi yang diinginkan untuk direkam.

Play Games selama ini dikenal sebagai sebuah hub untuk memainkan game di hp Android yang tak hanya dapat direkam namun juga diteruskan ke platform streaming video untuk disiarkan secara live seperti ke Twich dan YouTube.


Sementara bagi hp Android yang belum memiliki aplikasi perekam layar built-in dapat mengunduh aplikasi buatan pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Berikut ini beberapa aplikasi untuk merekam layar hp Android yang dapat dipertimbangkan.

AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar hp Android yang ringan dan mudah digunakan. Aplikasi ini dilengkapi dengan tombol overlay yang tidak mengganggu proses perekaman. AZ Screen Recorder juga dilengkapi dengan video editor mini built-in untuk menyunting hasil rekaman.

Aplikasi AZ Screen Recorder ini tidak memerlukan root, tidak dilengkapi dengan watermark, dan tidak memiliki batas waktu penggunaan. Harga versi pro dari AZ Screen Recorder adalah 2,99 dolar AS, sedangkan versi reguler ditawarkan cuma-cuma.

ScreenCam Screen Recorder

ScreenCam Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar hp Android yang gratis dan sangat ringan. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh ScreenCam Screen Recorder adalah tidak menampilkan iklan yang mengganggu penggunaan.

Melalui ScreenCam Screen Recorder, pengguna dapat merekam layar dan menentukan resolusi video, bitrate, dan kecepatan frame dengan maksimal 60fps.


RecMe Free Screen Recorder

RecMe Free Screen Recorder juga merupakan salah satu aplikasi perekam layar hp Android yang dapat dunduh secara cuma-cuma. Fitur yang ditawarkan RecMe Free Screen Recorder cukup lengkap seperti pengaturan resolusi dan frame rate video.

Tampilan antarmuka aplikasi ini menarik dengan gaya material desain khas UI Android yang minimalis dan mudah dioperasikan.

Twitch: Livestream Multiplayer Games & Esports

Twitch adalah aplikasi untuk melakukan live streaming saat bermain game. Penggunaan aplikasi ini memang terbatas pada aktivitas gaming dan proses perekamannya tidak seperti kebanyakan aplikasi perekam layar lainnya.

Cara menggunakan Twitch adalah dengan melakukan live stream saat aktivitas gaming dimulai. Sementara hasil perekamannya dapat diunduh saat siaran telah selesai.


Baca juga artikel terkait ANDROID atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi