tirto.id - Tyler Blevins, juga dikenal sebagai "Ninja", kantongi nyaris 10 juta dolar AS atau sekitar Rp144 miliar (kurs Rp14.471) dari profesinya--tepatnya hobi--sebagai online streamer game, Fortnite.
Dilansir dari laman CNN Business, Rabu (2/1/2018), pundi-pundi pemasukan pemuda berusia 27 tahun itu 70 persen di antaranya berasal dari dua platform utama, yakni YouTube dan Twitch (layanan streaming khusus untuk game).
Di YouTube, channel "Ninja" yang ia gawangi memiliki lebih dari 20 juta subscriber sejak dibuat pada 10 November 2011. Saluran ini mendulang 1,6 miliar penayangan lebih dari keseluruhan video yang diunggah sejak tanggal tersebut.
"Setiap kali satu dari 20 juta subscriber Ninja di YouTube menonton iklan pop-up di salurannya, ia mendapatkan persentase dari penjualan iklan," demikian tulis CNN.
Sementara di Twitch, saluran Blevins diikuti lebih dari 12,5 juta pengguna dengan nyaris 40.000 di antaranya berbayar. Tersedia tiga opsi di layanan berbayar itu, yakni 4,99 dolar AS, 9,99 dolar AS, atau 25 dolar AS untuk jangka waktu sebulan.
Selain dari YouTube dan Twicth, kantong Blevins bertambah tebal dari para sponsor, seperti Samsung, Uber Eats, dan Red Bull. Berbicara kepada CNN, Blevins mengatakan profesinya tidak seperti atlet (esports) namun lebih ke arah pemilik "usaha kecil".
Dalam profesinya itu, Blevins menghabiskan waktu 12 jam sehari di "warung kopi". Saban harinya, Jess Blevins, istri sekaligus manajernya, menghitung berapa banyak subscriber yang berhenti berlangganan dan berapa uang yang tidak mereka dapatkan.
"Mereka [streamer game] akan mencari 'warung kopi' lainnya jika tidak di sana. Mereka di sana sepanjang waktu," ungkap Blevins.
Menurut laman CNBC, Blevins mengawali karier sebagai streamer game pada 2009 dengan game pertama Halo 3. Selain Fortnite, pemuda kelahiran 5 Juni 1991 ini juga memainkan game lain seperti Player Unknown's Battlegrounds dan H1Z1.
Fortnite sendiri merupakan game populer besutan Epic Games pada 2017. Game ini tersedia di lintas platform mulai Windows, PS4, Xbox, hingga perangkat bergerak seperti Android dan iOS. Fortnite memiliki lebih dari 200 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia yang meningkat 60 persen sejak Juni 2018.