Cara Unduh dan Menginstal Fortnite di Perangkat Android

Penulis: Ibnu Azis - 10 Agu 2018 20:27 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pengguna Samsung Galaxy terpilih bisa langsung download dan install Fortnite namun device Android lain harus masuk waiting list.
tirto.id - Game populer Fortnite Battle Royale akhirnya tersedia untuk perangkat Android. Permainan mobile ini mendarat perdana eksklusif di Samsung Galaxy terpilih. Kendati begitu, pengguna device lain berkesempatan mencoba game tersebut untuk versi beta setelah mendaftar dan masuk daftar tunggu.

"Siap memainkan Fortnite Battle Royale di perangkat Android? Daftar untuk daftar tunggu. Kami akan mengirimi Anda undangan email segera," penjelasan laman Epic Games, developer Fortnite yang dikunjungi Tirto Jumat (10/8/2018) di Yogyakarta.

Saat peluncuran Galaxy Note 9 di New York, Amerika Serikat pada Kamis (9/8), CEO Epic Games Tim Sweeney mengumumkan bahwa Fortnite bakal tersedia di perangkat Samsung Galaxy, yang menurut Forbes, mengerucut di dua device, yakni Note 9 dan Tab 4. Kendati demikian, cara download dan install juga cukup rumit.

Mengutip laporan laman 9to5google, game ini tak tersedia di Google Play Store. Apabila memang sudah tersedia, semestinya bisa ditemukan kendati muncul informasi "game/aplikasi ini tidak kompatibel dengan perangkat Anda" atau "game/aplikasi ini tidak tersedia di negara Anda".

Laman CNET menulis bahwa cara download dan install Fortnite bisa dilakukan di laman Epic Games dengan metode sideloading apps melalui dua langkah sederhana.

Pertama, pemilik perangkat Samsung Galaxy mengunduh berkas Fortnite instaler atau file APK (Android PacKage) di laman Fortnite.com via browser mobile. Kemudian, akan muncul opsi download langsung dari laman Epic Games atau melalui Samsung Galaxy Store.

Kedua, apabila memilih download dari laman Epic Games, maka memerlukan persetujuan untuk install dari unknown sources. Pengaturan ini bisa dijumpai di menu Settings -> Lock Screen and Security -> Install Unkowns apps. Setting ini berlaku untuk download via browser Chrome atau Samsung Internet.

Apabila Fortnite instaler sudah di-download maka tinggal melanjutkan proses instalasi seperti biasa. Patut dicatat, ini bisa dilakukan bila perangkat yang digunakan adalah Samsung Galaxy terpilih. Di luar itu, maka pengguna harus "menunggu" lebih lama.

"Epic Games akan mulai mengirimkan undangan setelah periode eksklusif singkat untuk pengguna Samsung berakhir. Kunjungi Fortnite.com/Android di ponsel Anda untuk meminta undangan ke beta," tulis CNET.


Baca juga artikel terkait GAME ANDROID atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis

DarkLight