tirto.id - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menjadi salah satu lembaga yang membuka perekrutan pegawai pada CPNS 2024 kali ini. Jumlah formasi jabatan yang dibuka di CPNS ANRI 2024 terdiri dari 99 formasi.
Sebanyak 99 formasi yang dibuka dalam CPNS ANRI 2024 bakal tersebar ke 19 unit organisasi penempatan, seperti Direktorat Kearsipan Pusat dan Biro Umum. Adapun formasi CPNS ANRI 2024 meliputi Perencana Ahli Pertama, Asesor SDM Aparatur Ahli, Arsiparis Terampil, Penerjemah Ahli Perama, hingga Auditor Ahli Pertama.
Sesuai jadwal, pendaftaran CPNS ANRI 2024 dapat dilakukan mulai 20 Agustus hingga 6 September 2024. Pendaftaran CPNS 2024 di ANRI dibuka melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara (BKN RI) pada alamat https://sscasn.bkn.go.id/.
Syarat Berkas CPNS ANRI 2024
Sebelum mendaftar CPNS ANRI 2024, peserta perlu memenuhi sejumlah persyaratan terlebih dahulu, termasuk syarat berkas. Berkas yang dipersyaratkan dalam CPNS ANRI 2024 mencakup sejumlah dokumen.
Dokumen yang perlu disertakan untuk memenuhi syarat berkas CPNS ANRI 2024 terdiri dari scan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selain itu, hasil swafoto juga dibutuhkan dalam persyaratan ini.
Berikut ini adalah syarat berkas dalam pendaftaran CPNS ANRI 2024:
-Scan KTP/Surat Keterangan Kependudukan yang sah sesuai ketentuan
-Swafoto atau selfie
-Bagi pelamar difabel, mencantumkan dokumen/surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasan
-Surat lamaran bertandatangan dan diberi e-materi Rp10.000
-Ijazah dan transkrip nilai asli berwarna
-Pelamar lulusan luar perguruan tinggi luar negeri wajib menyertakan dokumen asli Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri
-Pelamar lulusan perguruan tinggi dalam negeri wajib mencantumkan bukti akreditasi perguruan tinggi atau program studi terbitan BAN-PT
-Pas foto terbaru dengan memakai pakaian formal dan berlatar belakang warna merah
-Surat pernyataan data diri pelamar (surat pernyataan 5 poin) yang dibubuhi tanda tangan dan e-materai Rp10.000
-Surat Persetujuan dari PPK atau Pyb bagi pelamar dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dengan catatan telah memenuhi masa perjanjian kerja minimal 1 tahun
-Sertifikat TOEFL (skor minimal 450) atau TOEIC (skor minimal 605) atau IELTS (skor minimal 4)
Hasil scan berwaran deretan berkas dokumen yang dipersyaratkan dalam CPNS ANRI 2024 di atas bisa diunggah ke laman https://sscasn.bkn.go.id. Pastikan bahwa dokumen yang diunggah merupakan scan berkas asli berwarna, bukan hitam putih.
Pelamar juga mesti memastikan bahwa berkas yang diunggah bisa dibuka atau tidak rusak dan terbaca secara jelas. Pelamar diharapkan juga menjamin keaslian dokumen yang diunggah saat pendaftaran.
Contoh Surat Lamaran CPNS ANRI 2024
Di antara berkas yang dipersyaratkan dalam CPNS ANRI 2024, surat lamaran juga menjadi dokumen yang perlu diperhatikan para pelamar. Surat lamaran CPNS ANRI 2024 ditujukan kepada Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia di Jakarta.
Selain itu, pelamar juga mencantumkan identitas diri, mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, nomor KTP, pendidikan, jabatan yang dilamar, hingga alamat email. Terdapat pula poin yang menyatakan bahwa deretan dokumen yang dipersyaratkan telah diunggah.
Berikut ini adalah contoh surat lamaran CPNS ANRI 2024:
SURAT LAMARAN CPNS
(kota), (tanggal) (bulan) 2024
YTH.
KEPALA ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA
DI
JAKARTA
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Tempat, tanggal lahir :
Nomor KTP :
Pendidikan :
Jabatan yang dilamar :
Unit kerja yang dilamar :
Alamat domisili saat ini :
Alamat sesuai KTP :
Nomor HP :
Alamat email :
dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi Pengadaan Calon
Pengawai Negeri Sipil di Arsip Nasional Republik Indonesia Tahun Anggaran 2024.
Sebagai bahan pertimbangan, saya sampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Surat lamaran diketik menggunakan komputer, ditujukan kepada Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (sebagaimana terlampir). Surat lamaran yang sudah ditandatangani kemudian diunggah dalam bentuk pdf pada laman https://sscasn.bkn.go.id dan dibubuhi e-meterai Rp10.000,00;
2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik asli atau Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) asli.
3. Scan Ijazah Asli;
4. Scan Transkrip Nilai Ijazah Asli;
5. Pas foto terbaru menggunakan pakaian formal ukuran dengan latar belakang warna merah;
6. Surat Pernyataan Data Diri Pelamar diketik menggunakan komputer dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (sebagaimana terlampir). Surat Pernyataan Data Diri Pelamar yang sudah ditandatangani kemudian diunggah pada laman https://sscasn.bkn.go.id dan dibubuhi e-meterai Rp10.000,00;
7. Scan Sertifikat TOEFL/TOEFL Preparation/TOEFL Prediction/Computer Based TOEFL/Internet Based TOEFL/TOEIC/IELTS dalam 2 (dua) tahun terakhir;
8. Surat keterangan dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskemas yang menerangkan jenis dan derajat kedistabilitasan (khusus pelamar difabel)
9. Serta dokumen lainnya yang dipersyaratkan sesuai dengan formasi jabatan yang saya lamar.
Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia untuk membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia Tahun Anggaran 2024. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
(kota), (tanggal) (bulan) 2024
(E-Materai Rp10.000)
Yang membuat pernyataan,
(Nama Lengkap)
Selain surat lamaran, pendaftar CPNS 2024 juga perlu menyiapkan dokumen lain berupa Surat Pernyataan 5 Poin. Untuk melihat lebih jelas berkas tersebut, berikut ini link unduh Surat Pernyataan 5 Poin dalam CPNS ANRI 2024:
Penulis: Ahmad Yasin
Editor: Yulaika Ramadhani