tirto.id - Menjelang pelaksanaan Asesmen Nasional, setiap sekolah wajib mengunggah Surat Kesiapan ANBK 2024. Oleh karena itu, pihak sekolah perlu mengetahui contoh maupun cara mengunggah Surat Kesiapan ANBK 2024 di laman resmi ANBK Kemdikbud.
ANBK adalah singkatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer. ANBK sendiri merupakan bentuk evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai pengganti Ujian Nasional.
ANBK akan diikuti oleh siswa jenjang SD, SMP, hingga SMA. Berbeda dengan UN atau UNBK, ANBK bukan penentu kelulusan, bahkan asesmen ini tidak diikuti oleh semua siswa.
Peserta ANBK justru akan dipilih secara acak sebagai representasi mutu pendidikan di sekolah tersebut. Hasil ANBK inilah yang nantinya akan dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di Tanah Air.
ANBK 2024 akan dimulai pada Agustus diawali dengan simulasi terlebih dahulu, tapi setiap jenjang akan memiliki jadwal pelaksanaan asesmen yang berbeda. Berikut jadwal pelaksanaan ANBK 2024 untuk SD, SMP, dan SMA:
- ANBK SMA/SMK/sederajat: 19-22 Agustus 2024
- ANBK Paket C: 24-25 Agustus 2024
- SMP/sederajat: 9-12 September 2024
- ANBK Paket B: 14-15 September 2024
- SD/sederajat tahap 1: 28-31 Oktober 2024
- ANBK Paket A tahap 1: 2-3 November 2024
- SD/sederajat tahap 2: 4-7 November 2024
- ANBK Paket A tahap 2: 9-10 November 2024
Cara Mengisi Surat Kesiapan Mengikuti ANBK 2024
Surat Kesiapan ANBK 2024 berisi identitas dan data sekolah yang hendak mengikuti Asesmen Nasional. Data tersebut meliputi:
- Nama penanggung jawab (kepala sekolah)
- Nomor kontak penanggung jawab
- Nama sekolah
- NPSN
- Kode
- Alamat sekolah
- Kabupaten
- Provinsi
Adapun cara mengisi dan mencetak Surat Kesiapan ANBK 2024 adalah sebagai berikut:
- Kunjungi laman https://anbk.kemdikbud.go.id
- Silakan login dengan memasukkan username, password, dan kode keamanan (captcha)
- Klik tombol “Masuk”
- Pilih menu “Data Sekolah”
- Periksa semua data pada kolom “Identitas”, “Tim Teknis”, dan “Infrastruktur”. Jika ada perubahan data, maka pastikan data di semua kolom tersebut telah diperbarui dan klik “Simpan”.
- Jika sudah, pilih menu “Surat Kesiapan” di bagian atas
- Klik “Cetak”, Anda akan melihat Surat Kesiapan ANBK 2024 yang sudah otomatis terisi berdasarkan informasi di Data Sekolah.
- Klik “Cetak” pada bagian atas
- Klik “Print” untuk mulai mencetak surat
- Setelah dicetak, Surat Kesiapan ANBK 2024 harus ditandatangani oleh kepala sekolah sekaligus dibubuhi stempel resmi.
Contoh Surat Kesiapan ANBK - 1
Contoh Surat Kesiapan ANBK - 2
Cara Mengunggah Surat Kesiapan Mengikuti ANBK 2024
Surat Kesiapan ANBK 2024 yang sudah ditandatangani dan diberi stempel harus dipindai (scan) terlebih dahulu dalam bentuk gambar berformat JPG atau PNG. File surat kemudian diunggah melalui laman resmi ANBK Kemdikbud di https://anbk.kemdikbud.go.id.
Berikut tata caranya:
- Kunjungi laman https://anbk.kemdikbud.go.id
- Silakan login dengan akun masing-masing
- Klik tombol “Masuk”
- Pilih menu “Data Sekolah”
- Pilih menu “Surat Kesiapan”
- Klik “Upload”
- Klik “Browse” untuk memilih file Surat Kesiapan ANBK 2024
- Klik “Upload”
- Jika proses unggah berhasil, Anda bisa melihat hasilnya di opsi “Lihat Gambar” (pada menu “Surat Kesiapan”).
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani