Menuju konten utama

Kumpulan Contoh Soal TWK Masuk IPDN dan Pembahasannya

Kumpulan contoh soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dapat dipelajari untuk mengikuti seleksi masuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Kumpulan Contoh Soal TWK Masuk IPDN dan Pembahasannya
Sejumlah peserta bersiap mengikuti Ujian Tulis. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.

tirto.id - Kumpulan contoh soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dapat dipelajari untuk mengikuti seleksi masuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Pembukaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) baik untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Adapun total persetujuan prinsip formasi yang akan disediakan di tahun 2024 yakni sebesar 1.289.824.

Berkaitan dengan pelaksanaan seleksi CASN tersebut, pemerintah juga membuka penerimaan CPNS melalui delapan instansi penyelenggara sekolah kedinasan dengan alokasi sebanyak 3.445 formasi.

Dari beberapa sekolah kedinasan yang akan menerima alokasi formasi tersebut salah satunya yaitu Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

IPDN sendiri merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan yang berada di lingkungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang nantinya akan melahirkan kader pemerintah di bidang Kepamongprajaan baik di tingkat daerah maupun tingkat pusat.

Menteri Anas mengatakan bahwa setelah dilakukan penyerahan persetujuan izin prinsip sekolah kedinasan, rencananya pembukaan pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2024 akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Mei 2024 mendatang.

Seluruh informasi terkait dengan pelaksanaan dan alur seleksi CASN pada sekolah kedinasan tersebut dapat diakses melalui kanal-kanal resmi dari instansi pemerintahan yang terkait.

Contoh Soal TWK IPDN dan Pembahasan

Berikut disajikan beberapa contoh soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk mengikuti seleksi masuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang dilengkapi dengan pembahasannya :

Soal TWK

1. Salah satu butir pancasila sila kelima adalah tiap warga bangsa Indonesia tidak menggunakan hak milik dalam keadaan tertentu. Hak milik sebagaimana yang diakui dalam hukum dan pandangan ahli hukum lain adalah hak untuk menggunakan atau mengambil keuntungan dari suatu benda yang berada dalam kekuasaan tanpa merugikan pihak lain dan dipertahankan terhadap pihak mana pun. Jika diselaraskan dengan konteks pancasila dan memposisikan pancasila sebagai way of life bangsa Indonesia, maka konteks yang dimaksud dengan hak milik tersebut sejatinya mengarah kepada :

A. Tidak menggunakan hak milik untuk usaha usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain

B. Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah

C. Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bertentangan atau merugikan kepentingan umum

D. Hanya menggunakan apa yang ada untuk menjalankan kegiatan tertentu di bawah kekuasaan sendiri dengan pembuktian bahwa hak milik tersebut secara hukum adalah kepunyaan pribadi

E. Tidak menggunakan barang yang bukan milik pribadi kecuali barang negara untuk kepentingan pribadi dan digunakan dengan sebaik-baiknya tanpa merugikan orang lain

2. Pada tanggal 20 Desember 2021, pihak PLN telah melakukan pemeriksaan ke instalasi listrik pada daerah padat penduduk di lingkungan X. hal ini dilakukan karena sering terjadi kebakaran akibat arus pendek. Namun dalam pemeriksaan tersebut, hasilnya sangat mengejutkan. Ditemukan beberapa warga telah melakukan sambungan listrik ilegal dari kabel listrik PLN. Perilaku warga tersebut sangat bertentangan dengan sila …

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

3. Pengamalan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dilakukan dengan pengamalan secara objektif maupun subjektif. Dibawah ini yang merupakan Contoh pengamalan Pancasila secara objektif adalah …

A. Menjenguk rekan kerja yang ditimpa musibah

B. Mengibarkan bendera merah putih menjelang 17 agustus di depan rumah

C. Membayar pajak tepat waktu

D. Pemerintah daerah mendistribusikan bantuan sosial secara adil dan merata

E. Memberi sumbangan ke panti Asuhan

4. Setiap warga negara Indonesia diwajibkan untuk menjunjung tinggi nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila menjadi dasar negara, ideologi negara, serta puncak dari kebudayaan bangsa ini. Oleh karena itu Pancasila berfungsi sebagai penunjuk arah bagi kebudayaan-kebudayaan masyarakat yang telah lama dan terbentuk. Di bawah ini merupakan contoh puncak kebudayaan dari Pancasila khususnya sila ke 5 adalah …

A. Membantu tetangga yang sedang kesulitan ekonomi

B. Ikut aktif dalam pembuatan Gapura menjelang HUT RI Bersama dengan masyarakat

C. Menyelesaikan konflik dengan teman secara kekeluargaan

D. Melakukan jajak pendapat Bersama warga dalam memutuskan sanksi adat atas Tindakan asusila di lingkungan

E. Menghadiri undangan kegiatan adat di kampung

5. Konflik antara Indonesia dengan Tiongkok kembali terjadi di Perairan Natuna yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Sejumlah kapal penangkap ikan asal Tiongkok didampingi kapan Coast Guard negaranya, berkegiatan di perairan yang masih masuk dalam teritorial Zona ekonomi Eksklusif (ZEE) milik Indonesia. Hal tersebut juga merupakan sebuah ancaman bagi Indonesia. Ancaman terhadap satu pulau atau daerah pada hakikatnya ancaman seluruh bangsa dan negara. Hal ini ditegaskan dalam wawasan Nusantara dalam bidang ...

A. Ideologi

B. Politik

C. Ekonomi

D. Sosial budaya

E. Hankam

6. Organisasi taman siswa mengajarkan tentang dasar-dasar kemerdekaan bagi masyarakat pribumi Indonesia. Ajaran kemerdekaan yang dimaksud Taman Siswa adalah kemerdekaan yang berasal dari diri sendiri. Pendidikan di Taman Siswa selalu menekankan kepada siswanya untuk tidak bergantung kepada orang lain dan tetap berpegang teguh pada prinsip berdikari. Contoh Tindakan atas sikap berdikari dalam upaya menjaga keutuhan NKRI yang tepat adalah …

A. Rela berkorban untuk kepentingan negara

B. Kesadaran menjaga keutuhan wilayah negara

C. Mengembangkan rasa bangga berbangsa dan bernegara indonesia

D. Mengurangi ketergantungan dalam segala hal pada negara asing

E. Membuat barisan perlawanan terhadap budaya asing

7. Pada hari Sabtu Pak Andi harus kerja lembur untuk menyelesaikan pekerjaannya yang dibawa pulang. Pada saat yang bersamaan, warga di kampung mengadakan gotong royong membersihkan parit-parit dan selokan karena menjelang musim hujan. Sikap yang seharusnya diambil oleh Pak Andi yang mencerminkan sikap nasionalisme adalah ...

A. Meminta anaknya untuk mewakili Pak Andi dalam kegiatan gotong-royong

B. Menyelesaikan lemburan pekerjaannya karena akan segera diminta oleh atasan

C. Meminta izin kepada kepala dusun agar memberikan maklum atas pekerjaannya

D. Mengikuti kegiatan gotong-royong dan menyelesaikan pekerjaan setelah selesai gotong-royong

E. Melimpahkan pekerjaannya kepada rekan sedivisi dengan alasan akan mengikuti gotong-royong kampung

8. Seorang mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro baru saja menyelesaikan studinya. Ia ditawarkan untuk melanjutkan studinya di Inggris dengan beasiswa. Meski demikian ia memilih Kembali ke kampungnya. Di kampung ia membuat pembangkit listrik sederhana dengan memanfaatkan aliran air sungai yang deras. Berkat pembangkit listrik tersebut, warga kampung sudah dapat menikmati ketersediaan listrik. Tindakan mahasiswa tersebut menunjukkan sikap…

A. Bela negara

B. Cinta tanah air

C. patriotisme

D. nasionalisme

E. integritas

9. Dalam rangka meningkatkan hasil panen para petani, Presiden Jokowi melalui kementerian pertanian memberikan bantuan pupuk kepada seluruh petani di Indonesia. Hal ini dilakukan karena adanya laporan dari pemerintah daerah bahwa hasil panen tahunan menurun akibat pupuk langka. Namun demikian ternyata perolehan pupuk untuk setiap petani tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh pemerintah. Ternyata setelah diselidiki, ada oknum dari pemerintah daerah yang bermain terhadap bantuan tersebut. ia menjual Sebagian pupuk dengan harga rendah kepada petani kaya dan sisanya ia berikan ke petani yang lain sebagai bentuk bantuan dari pemerintah. Sikap oknum tersebut dari pemerintah daerah tersebut sangat bertentangan dengan …

A. Pemenuhan hak warga negara dari negara

B. Nilai-nilai kemanusian yang berkeadilan

C. Upaya mewujudkan kekuatan ekonomi nasional

D. Pemenuhan nilai keadilan sosial bagi rakyat

E. Janji dan sumpah abdi negara dalam melayani masyarakat

10. Mirna selaku Warga Negara Indonesia berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh …

A. jaminan sosial

B. pelayanan kesehatan

C. pelayanan kesehatan secara cuma-cuma

D. pelayanan di bidang kesehatan sebagai bentuk perlindungan negara

E. pelayanan di bidang kesehatan sebagai bentuk jaminan perlindungan Negara

11. Upaya mempertahankan kedaulatan negara tidak hanya dilakukan oleh TNI, tetapi juga warga negara. Sebab sistem pertahanan semesta melibatkan seluruh sumber daya nasional. Warga negara merupakan salah satu sumber daya nasional, berarti warga negara ikut terlibat dalam sishanta. Keterlibatan warga negara dalam sishanta tercermin dari implementasi pendidikan bela negara. Pendidikan bela negara dilaksanakan untuk mencetak kader bela negara yang disiapkan menjadi komponen cadangan dan komponen pendukung. Sebagaimana dalam konteks mempertahankan kedaulatan negara, maka berikut ini yang sejalan dengan konsep tersebut untuk menyelenggarakan pertahanan negara adalah ...

A. Mengembangkan kekuatan pertahanan negara berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, hak asasi manusia, kesejahteraan umum, lingkungan hidup, ketentuan hukum nasional, hukum internasional dan kebiasaan internasional, serta prinsip hidup berdampingan secara damai

B. Menggunakan kekuatan pertahanan negara berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, hak asasi manusia, kesejahteraan umum, lingkungan hidup, ketentuan hukum nasional, hukum internasional dan kebiasaan internasional, serta prinsip hidup berdampingan secara damai

C. Membangun kekuatan pertahanan negara berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, hak asasi manusia, kesejahteraan umum, lingkungan hidup, ketentuan hukum nasional, hukum internasional dan kebiasaan internasional, serta prinsip hidup berdampingan secara damai

D. Memelihara kekuatan pertahanan negara berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, hak asasi manusia, kesejahteraan umum, lingkungan hidup, ketentuan hukum nasional, hukum internasional dan kebiasaan internasional, serta prinsip hidup berdampingan secara damai

E. Semua benar

12. Hasto dan Hesti berasal dari negara A dan bekerja/tinggal di negara B. Negara A menganut asas ius-sanguinis, dan negara B menganut asas ius-soli. Kemudian, anak mereka lahir di negara B, dan anak-anak Hasto dan Hesti ...

A. Mutlak memiliki dwi kewarganegaraan

B. Tidak memiliki kewarganegaraan

C. Mungkin memiliki kewarganegaraan B

D. Mungkin memiliki dwi kewarganegaraan

E. Mutlak memiliki kewarganegaraan B

13. Dewan Perwakilan (DPD) adalah Lembaga negara yang diakui secara konstitusional dan dibentuk untuk mewakili aspirasi daerah. Aspirasi di tingkat daerah tersebut akan berpengaruh pada pembentukan kebijakan atau pengambilan keputusan politik di tingkat pusat. DPD sendiri merupakan Lembaga yang lahir setelah proses amandemen UUD 1945. DPD merupakan wakil provinsi dan bagian dari keanggotaan MPR yang dipilih melalui pemilu di tiap provinsi di Indonesia. Berikut ini yang bukan merupakan wewenang DPD dalam sistem pemerintahan adalah…

A. Dapat mengajukan kepada DPR rancangan undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran serta penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lain-nya, serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah

B. Ikut membahas bersama DPR dan Presiden rancangan Undang-Undang yang berkaitan dengan otonomi daerah

C. Menyampaikan hasil pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, pelaksanaan undang undang APBN, Pajak, pendidikan, dan agama kepada DPR sebagai bahan pertimbangan untuk ditindaklanjuti

D. Menerima hasil pemeriksaan atas keuangan negara dari BPK sebagai bahan membuat pertimbangan kepada DPR tentang rancangan undang-undang yang berkaitan dengan APBN

E. Bersama-sama dengan DPR dan Presiden memberikan pertimbangan duta

14. Konflik merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tidak akan lenyap dari sejarah. Selama kita masih hidup, tidak mungkin kira menghapus konflik. Baik konflik interpersonal maupun konflik antar kelompok merupakan konstruksi sejarah manusia. Masalah bisa terjadi apabila konflik terus berlanjut sehingga melahirkan kekerasan. Di bawah ini yang bukan termasuk faktor penyebab konflik yang terjadi dalam masyarakat adalah …

A. globalisasi yang telah menghadirkan perbedaan-perbedaan yang meruntuhkan totalitas kesatuan nilai kepercayaan

B. Lemahnya kualitas sumber daya manusia masyarakat

C. Kemiskinan berkepanjangan dan rendahnya tidak ekonomi masyarakat

D. Kuatnya pijakan konsep multikulturalisme di Indonesia

E. Munculnya sikap-sikap kerapuhan masyarakat terhadap ketahanan sosial budaya

15. Hampir semua partai politik melakukan proses permohonan gugatan kepada KPU, adapun sengketa yang diajukan antara lain terkait masalah internal dan perselisihan kursi terakhir di DPR RI. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berusaha mengumpulkan bukti-bukti dari KPU daerah untuk menghadapi gugatan sengketa PHPU Legislatif 2019, yang akan segera disidangkan Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, bukti-bukti dari KPU Kabupaten/kota dan provinsi itu akan dijadikan bahan untuk memberikan keterangan dalam sidang sengketa Pileg 2019. Jika terjadi kasus tersebut maka yang memiliki kewenangan untuk memberikan putusan adalah ...

A. Komisi Yudisial

B. Mahkamah Agung

C. Mahkamah Konstitusi

D. Kehakiman

E. Komisi Pemilihan Umum

Pembahasan

1. Jawaban : D

Terkait dengan hak milik, substansinya adalah tidak merugikan orang lain dalam konteks untuk tidak memeras orang lain, tidak boros, tidak menonjolkan gaya hidup mewah, dan tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bertentangan atau merugikan kepentingan umum.

2. Jawaban: E

Tindakan warga tersebut merupakan bentuk pelanggaran sila ke-5. Khususnya di butir 1 “mengembangkan perbuatan yg luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan

3. Jawaban: D

Pengamalan Pancasila apabila ditinjau dari “pelaku” dibedakan menjadi 2 yaitu pengamalan secara subjektif dan objektif. Pengamalan subjektif merupakan pengamalan Pancasila yang dilakukan oleh warga negara/individu/masyarakat/penduduk. Sedangkan pengamalan Pancasila secara objektif merupakan pengamalan Pancasila yang dilakukan oleh negara atau pemerintah.

4. Jawaban: B

Jawaban Poin B sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ke 5 Butir ke 1 yaitu “mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong-royongan”

5. Jawaban: E

Ancaman terhadap satu pulau atau daerah pada hakikatnya ancaman seluruh bangsa dan negara. Hal ini ditegaskan dalam wawasan Nusantara dalam bidang pertahanan dan keamanan (Hankam).

6. Jawaban: D

Ada satu istilah bahwa negara maju adalah yang berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, dan berkarakter secara budaya, Indonesia harus memiliki ketiga aspek ini supaya bisa sejajar dengan negara maju yang lain. Oleh sebab itu dengan mengurangi ketergantungan dalam segala hal pada negeri asing termasuk upaya Indonesia menuju ke arah bangsa yang berdikari.

7. Jawaban: D

Salah satu ciri nasionalisme adalah selalu mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau kelompok. Oleh karena itu, sikap yang seharusnya diambil Pak Andi adalah mengikuti kegiatan gotong royong dan menyelesaikan pekerjaan setelah selesai kegiatan gotong-royong.

8. Jawaban: C

Tindakan yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut merupakan bentuk patriotisme. karena bisa saja ia bekerja di luar negeri setelah menyelesaikan Pendidikan disana. Namun ia mau mengorbankan itu semua untuk kemajuan dalam negeri.

9. Jawaban: D

Sikap oknum tersebut menyalahi profesi dan melanggar nilai integritas kejujuran karena menjual Sebagian pupuk dengan harga rendah kepada petani kaya dan sisanya ia berikan kepada petani lain. Hal ini termasuk kedalam pelanggaran yang kejam. Dan melanggar nilai-nilai keadilan sosial. karena bantuan tersebut sebenarnya ditunjukkan kepada petani yang kesulitan mendapatkan pupuk dengan harga yang rendah.

10. Jawaban: B

Pasal 28H (1) UUD 1945 Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan Kesehatan.

11. Jawaban: E

Usaha pertahanan negara dilaksanakan dengan membangun, memelihara, mengembangkan, dan menggunakan kekuatan pertahanan negara berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, hak asasi manusia, kesejahteraan umum, lingkungan hidup, ketentuan hukum nasional, hukum internasional dan kebiasaan internasional, serta prinsip hidup berdampingan secara damai.

12. Jawaban: A

Anak dari Hasto dan Hesti mutlak memiliki dwi kewarganegaraan (bipatride) karena negara mereka menganut asas ius soli dan berdasarkan keturunan/hubungan darah bisa diberikan secara langsung sehingga anak dari Hilma dan Halim memiliki 2 kewarganegaraan.

13. Jawaban: E

Detail tugas dan wewenang DPD sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia No.17 Tahun 2014 adalah sebagai berikut:

1) Mengajukan RUU kepada DPR terkait dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran serta penggabungan daerah, pengelolaan SDA dan sumber daya ekonomi lain, dan yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah.

2) Ikut membahas RUU yang berkaitan dengan hal no.1.

3) DPD bertugas dan berwenang menyusun sekaligus menyampaikan daftar inventaris masalah RUU yang berasal dari DPR atau Presiden yang berkaitan dengan hal no.1.

4) DPD memberikan pertimbangan kepada DPR atas RUU tentang APBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak, pendidikan, dan agama.

5) DPD melakukan pengawasan atas pelaksanaan UU terkait otonomi daerah, pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah, pengelolaan SDA dan sumber daya ekonomi lain, pelaksanaan APBN, pajak, pendidikan, dan agama.

6) DPD menyampaikan hasil pengawasan sebagaimana dimaksud pada no.5 kepada DPR sebagai bahan pertimbangan untuk ditindaklanjuti.

7) DPD menerima hasil pemeriksaan atas keuangan negara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai bahan pertimbangan kepada DPR tentang RUU yang berkaitan dengan APBN.

8) DPD dapat memberikan pertimbangan kepada DPR dalam pemilihan anggota BPK.

9) DPD menyusun program legislasi nasional terkait otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran serta penggabungan daerah, pengelolaan SDA dan sumber daya ekonomi lainnya, serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah.

14. Jawaban: D

Faktor penyebab konflik salah satunya adalah lemahnya pijakan konsep multikulturalisme atau perbedaan budaya di Indonesia akibat pengelolaan pluralitas yang kurang konseptual. Tidak jarang, ketidakpahaman mengenai kebudayaan lain menyebabkan munculnya konflik horizontal dan vertikal dalam masyarakat, serta Gerakan separatis yang menghalangi pembangunan

15. Jawaban: C

TRIK: Hafalkan dan pahami Pasal 24A, 24B, 24C tentang kekuasaan kehakiman. Tugas MK sesuai dengan Pasal 24C UUD NRI 1945 adalah mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final untuk menguji Undang-Undang terhadap UUD NRI 1945, memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD NRI 1945, memutus pembubaran partai politik, memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum.

Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN 2024 atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani