tirto.id - Contoh soal PPPK Guru Geografi dan kunci jawabannya berikut ini bisa menjadi referensi untuk persiapan menghadapi tes kompetensi PPPK guru 2023. Guru geografi merupakan salah satu formasi PPPK 2023 yang bisa dipilih untuk pengajar tingkat SMP dan SMA.
Seleksi kompetensi merupakan ujian yang ditujukan menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (perilaku) berkaitan bidang teknis jabatan.
Berdasarkan jadwal yang telah dirilis oleh BKN, pelaksanaan tes kompetensi teknis PPPK Guru 2023 akan berlangsung pada 10 November hingga 4 Desember 2023.
Mengingat semakin dekatnya seleksi kompetensi, para pelamar perlu mempersiapkan diri dengan belajar sejumlah contoh soal PPPK Guru 2023.
Passing Grade PPPK Guru 2023
Para pelamar juga perlu memperhatikan ketentuan ambang batas nilai atau passing grade PPPK Guru 2023. Passing grade adalah batas nilai minimal untuk kelulusan seleksi.
Berdasarkan aturan dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 649 Tahun 2023, berikut ini ketentuan terkait materi tes kompetensi dan passing grade PPPK Guru 2023:
1. Jumlah soal tes kompetensi
- Materi tes kompetensi terdiri dari 145 soal, dengan perincian di bawah ini.
- Materi Kompetensi Teknis: 90 soal
- Materi Kompetensi Manajerial: 25 soal
- Materi Kompetensi Sosial Kultural: 20 soal
- Wawancara: 10 soal
2. Durasi ujian seleksi kompetensi:
- Untuk peserta umum, tes kompetensi selama 120 menit.
- Untuk penyandang disabilitas, tes kompetensi selama 150 menit.
- Durasi tes wawancara peserta umum 10 menit
- Durasi tes wawancara penyandang disabilitas 15 menit.
3. Passing grade PPPK Guru 2023:
- Angka tertinggi secara kumulatif dalam seleksi kompetensi adalah 670.
- Nilai tertinggi tes materi teknis 450
- Nilai tertinggi tes kompetensi manajerial dan sosial kultural adalah 180
- Nilai tertinggi untuk wawancara adalah 40
- Passing Grade Tes Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural adalah 117
- Passing Grade Tes Kompetensi Wawancara adalah 24
- Passing Grade Tes Kompetensi berbeda-beda sesuai jabatan fungsional (klik di sini).
Soal PPPK Guru Geografi 2023 dan Jawabannya
Contoh soal PPPK Guru di bawah ini bisa digunakan untuk bahan belajar. Berikut sejumlah soal PPPK Guru Geografi beserta jawabannya yang bisa dipakai untuk bahan belajar untuk menghadapi tes kompetensi.
1. Prinsip yang tepat digunakan untuk menggambarkan objek kajian geografi dalam bentuk tabel, gambar dan grafik adalah...
A. peserta didik mencari tahu
B. belajar berbasis sumber belajar tunggal
C. pendekatan tekstual
D. pembelajaran berbasis konten
E. kebenarannya satu dimensi
Jawaban: A
2. Langkah utama yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengkaji fenomena geosfer menjadi objek formal dalam pembelajaran geografi adalah....
A. membuat peta konsep
B. menyiapkan model geosfer
C. mendeskripsikan pengertian geosfer
D. menjelaskan sumber literatur utama
E. menetapkan alokasi waktu pembelajaran
Jawaban: A
3. Prinsip strategi pembelajaran dalam pemanfaatan teknologi foto udara untuk menguraikan aglomerasi pemusatan permukiman kumuh dalam suatu kawasan ialah...
A. Zonasi area berdasarkan aspek kesuburan permukiman
B. Deliniasi wilayah berdasarkan pola permukiman
C. Identifikasi aksesibilitas permukiman terhadap fasilitas umum
D. Penilaian aspek layanan sarana kesehatan di permukiman.
E. Persebaran kawasan industri di lokasi permukiman
Jawaban: B
4. Apabila sebagian besar siswa tidak mencapai ketuntasan belajar minimal untuk materi dinamika kependudukan, maka rekomendasi yang relevan untuk kasus ini adalah....
A. remedial tentang sex ratio dan angka beban ketergantungan
B. Materi dilanjutkan ke piramida penduduk
C. Pengayaan pada materi pertumbuhan penduduk alami
D. Remedial materi dinamika kependudukan
E. Penugasan terstruktur untuk materi berikutnya
Jawaban: D
5. Prinsip pembelajaran geografi yang lebih menekankan pada pendekatan saintifik, dapat dilakukan melalui tahapan....
A. Orientasi – pendahuluan – percobaan – penyimpulan –laporan
B. Apersepsi – penetapan tujuan – kegiatan inti – diskusi – penutup
C. Fenomena – bertanya – observasi- mendesain- menyimpulkan
D. Data awal – interpretasi – analisis – pembuktian lapangan – kesimpulan – rekomendasi
E. Observasi – bertanya analitik - berfikir logis untuk memperoleh simpulan – percobaan – menyajikan data
Jawaban: D
6. Media pembelajaran yang paling sesuai untuk menjelaskan lokasi suatu tempat secara manual di atlas dengan memberi keterangan halaman, kode tempat, dan nama adalah.....
A. Foto udara
B. Peta dunia
C. Gambar rotasi bumi
D. Gambar revolusi bumi
E. Globe
Jawaban: E
7. Salah satu alternatif mengatasi ketiadaan alat dan bahan untuk mencapai kompetensi dasar menganalisis citra penginderaan jauh untuk perencanaan kajian tata guna lahan yang paling efektif di daerah terisolir adalah.....
A. Pengamatan fenomena lahan di sekitar lingkungan sekolah
B. Observasi ke laboratorium spasial
C. Penugasan di rumah menggunakan internet
D. Guru membimbing diskusi terkait pengembangan materi
E. Mendesain sketsa atau peta mental mengenai kondisi lahan
Jawaban: A
8. Perhatikan jenis peta-peta tematik berikut:
(a) peta penggunaan lahan,
(b) peta jarak terhadap sungai,
(c) peta curah hujan,
(d) peta jenis tanah,
(e) peta kepadatan penduduk.
9. Melalui proses overlay, peta-peta tematik tersebut dapat dijadikan media pembelajaran yang menghasilkan informasi tentang bencana....
A. erosi
B. banjir
C. longsor
D. gempa bumi
E. puting beliung
Jawaban: B
10. Media komunikasi dalam pembelajaran Geografi yang dapat meminimalkan peran pendidik, tetapi akan mengaktifkan peserta didik dan diperkaya tugas untuk berlatih adalah....
A. LKS
B. infografis
C. Modul
D. Handout
E. Leaflet
Jawaban: C
11. Salah satu jenis sumber informasi internet yang paling relevan digunakan dalam pembelajaran terkait materi yang realtime adalah....
A. Pengetahuan peta
B. Persebaran flora dan fauna
C. Dinamika atmosfer
D. Karakteristik negara maju dan berkembang
E. Dinamika hidrosfer
Jawaban: C
12. Instrumen penilaian dalam pembelajaran untuk mengukur kompetensi pengetahuan menggunakan skor …
A. Benar-salah
B. Rating scale
C. Skala Likert
D. uraian bebas
E. uraian singkat
Jawaban: A
13. Perhatikan fenomena berikut!
(1) Longsor
(2) Gempa bumi
(3) Usia produktif
(4) Bencana tsunami
(5) Bencana banjir
(6) Permukiman kumuh
(7) Pencemaran sungai
14. Fenomena yang paling tepat untuk merancang pembelajaran yang menumbuhkan sikap peduli lingkungan fisik yaitu …
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (5), dan (7)
C. (2), (4) dan (6)
D. (3), (5) dan (7)
E. (4), (6), dan (7)
Jawaban: B
15. Data geografi pada KD: menganalisis ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, serta potensi energi baru dan terbarukan di Indonesia yang dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, yaitu …
A. Surplus pangan
B. bahan industri
C. Potensi energi
D. Energi terbarukan
E. Potensi industry
Jawaban: C
16. Hasil pembelajaran yang mendorong peserta didik terampil dalam melakukan upaya pelestarian lingkungan adalah....
A. membuat peta tematik wilayah provinsi
B. menyajikan makalah hasil observasi yang dilengkapi dengan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, atau foto
C. menyajikan karakteristik planet Bumi sebagai ruang kehidupan
D. menyajikan proses dinamika litosfer dengan menggunakan peta, bagan
E. membuat sketsa, denah, dan/atau peta potensi bencana serta strategi mitigasi bencana berdasarkan peta tersebut
Jawaban: E
17. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengetahui ketuntasan belajar geografi yaitu....
A. menganalisis capaian kriteria minimal belajar
B. analisis penilaian dan evaluasi pembelajaran
C. penilaian formatif dan sumatif
D. evaluasi diagnosis dan portofolio
E. uji kinerja siswa dalam pembelajaran
Jawaban: B
18. Penentuan titik pengamatan kegiatan outdoor study geografi ditentukan di tahap....
A. Penyusunan kurikulum geografi
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. pelaksanaan di lapangan
D. observasi awal
E. interpretasi lokasi
Jawaban: B
19. Tahapan prosedur kerja yang paling sesuai dalam kegiatan observasi lapangan untuk mengumpulkan informasi dan asosiasi oleh peserta didik adalah....
A. membaca buku, observasi, eksperimen
B. bertanya, pengamatan, dan komunikasi
C. sintesis, pengamatan, eksplorasi
D. pengamatan, observasi, bertanya
E. eksperimen, komunikasi, observasi
Jawaban: A
20. Instrumen penilaian dan indikator yang paling sesuai untuk mengukur ketuntasan observasi lapangan dalam pembelajaran geografi adalah...
A. proyek: memuat tujuan, topik, alasan, tempat, responden, daftar pertanyaan lengkap, pelaksanaan instrumen tertib, sistematika penulisan benar.
B. penilaian sikap: berinisiatif, tanggap bencana, berperan aktif dalam meminimalisir kerugian, bersedia menjadi relawan.
C. penilaian diri: mengamati peta persebaran potensi barang tambang Indonesia berdasarkan jenis dan volumenya.
D. unjuk kerja: kejelasan materi, keaktifan berargumentasi, kemampuan menyanggah.
E. portofolio: tata bahasa, sumber dan hasil, kekuatan gagasan, sistematika Penulisan.
Jawaban: A
21. Teknik menyajikan data hasil kegiatan lapangan berupa data komposisi kependudukan yaitu ....
A. Persentase
B. Korelasi
C. Triangulasi
D. Justifikasi
E. Deskriptif
Jawaban: A
22. Laporan utama hasil kegiatan outdoor study oleh guru geografi terkait ketuntasan belajar dan kegiatannya yaitu ....
A. Data hasil ujian outdoor study dan laporan kegiatan berdasarkan urutan agenda acara yang dibuat
B. Tingkat kelulusan peserta didik dan laporan keuangan
C. Data perubahan kemajuan peserta didik dan laporan kegiatan sesuai agenda
D. Data kehadiran dan partisipasi peserta didik serta laporan keuangan dan acara
E. Data keaktifan siswa dan laporan keberhasilan kegiatan outdoor study
Jawaban: A
23. Masyarakat yang tinggal di pegunungan berbeda aktivitasnya dengan masyarakat yang tinggal di pesisir, begitu juga bentuk rumahnya. Dalam geografi kajian tersebut menggunakan konsep ...
A. Diferensiasi area
B. Integrasi
C. Aglomerasi
D. Interdependensi
E. Korelasi
Jawaban: A
24. Dari beberapa jenis industri di bawah ini yang lokasinya memerlukan kedekatan dengan tenaga kerja yang berasal dari desa adalah...
A. Industri padat modal
B. Industri padat karya
C. Industri padat teknologi
D. Industri padat investasi
E. Industri padat bahan baku
Jawaban: E
25. Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) telah dimiliki oleh kota dan kabupaten. Akan tetapi implementasinya kurang berjalan baik. Banyak kasus pembangunan dilaksanakan pada wilayah yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Permasalahan ini terjadi karena ada hambatan penataan ruang berupa....
A. lemahnya pengendalian pemanfaatan ruang
B. kuatnya koordinasi antar lembaga pemerintahan
C. lambatnya penyusunan rencana tata ruang kota
D. kurangnya dana untuk pembangunan infrastruktur kota
E. terbatasnya lahan untuk pembangunan ruang public
Jawaban: A
26. Sebagian warga di Magelang, Jawa Tengah, menjadi pengrajin patung dan dan produk berbasis batuan. Kondisi tersebut bisa terjadi karena...
A. Tersedia bahan baku dan banyak konsumen
B. Penduduk terampil dan pendidikan tinggi
C. Pendidikan tinggi dan banyaknya konsumen
D. Budaya lokal dan penduduk terampil
E. Tersedia bahan baku dan budaya lokal
Jawaban: E
27. Konsep geografi yang menggambarkan hubungan antara manusia dan lingkungannya adalah ...
a. lokasi
b. interaksi
c. daerah
d. pergerakan
e. tempat
Jawaban: b
28. Konsep geografi yang menjelaskan letak suatu objek atau fenomena geosfer berdasarkan koordinat bumi adalah ...
a. lokasi absolut
b. lokasi relatif
c. lokasi astronomis
d. lokasi geografis
e. lokasi matematis
Jawaban: a
29. Konsep geografi yang mengelompokkan objek atau fenomena geosfer berdasarkan kesamaan karakteristik adalah ...
a. daerah formal
b. daerah fungsional
c. daerah vernakular
d. daerah morfologis
e. daerah kultural
Jawaban: a
30. Konsep geografi yang menguraikan perpindahan manusia, barang, jasa, informasi, dan ide dari suatu tempat ke tempat lain adalah ...
a. difusi spasial
b. migrasi spasial
c. pergerakan spasial
d. mobilitas spasial
e. transmigrasi spasial
Jawaban: c
Download Soal PPPK Guru Geografi PDF
Untuk melihat lebih banyak lagi materi, berikut link unduh buat mendownload dokumen PDF materi contoh soal kompetensi PPPK guru geografi: