Menuju konten utama

Contoh Soal PPPK Guru PAUD 2023 dan Kunci Jawaban

Salah satu formasi yang dibuka dalam seleksi PPPK 2023 yaitu PPPK Guru PAUD. Berikut contoh soal untuk tes kompetensi.

Contoh Soal PPPK Guru PAUD 2023 dan Kunci Jawaban
ilustrasi PPPK. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.

tirto.id - Latihan contoh soal dapat menjadi salah satu persiapan bagi peserta tes kompetensi PPPK Guru 2023, termasuk bagi Guru PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini.

Pada tahapan tes kompetensi PPPK Guru tersebut, ada beberapa jenis soal yang wajib dikerjakan. Kisi-kisi soalnya perihal teknis, manajerial, sosial kultural, dan wawancara.

Pada Seleksi Kompetensi Teknis, pelamar formasi Guru PAUD akan mengerjakan soal-soal yang sesuai bidangnya. Jadwal pelaksanaannya akan berlangsung mulai 10 November sampai dengan 4 Desember 2023.

Soal dan Kunci Jawaban PPPK Guru PAUD 2023

Berikut ini beberapa contoh soal PPPK Guru PAUD 2023 lengkap dengan kunci jawabannya.

1. Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan...

A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)

B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)

C. Kecerdasan Ruang (spatial)

D. Kecerdasan Gerak Tubuh

Jawaban: A

2. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...

A. Tahap sensorimotorik

B. Tahap praoperasional

C. Tahap operasional konkrit

D. Tahap operasional konkrit

Jawaban: B

3. Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah ...

A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.

B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut.

C. Menganalisis kemampuan peserta didik

D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar

Jawaban: C

4. Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan ...

A. pengayaan materi pelajaran

B. refleksi

C. latar belakang peserta didik

D. tes awal (pretest)

Jawaban: D

5. Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (output) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...

A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.

B. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.

C. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.

D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan

Jawaban: A

6. Dalam kompetensi pedagogik guru menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...

A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal

B. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.

C. Menggunakan strategi pembelajaran

D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran

Jawaban: B

7. Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan dilakukan dengan melibatkan pemangku (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum:

A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni

B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

C. Menyeluruh dan berkesinambungan

D. Beragam dan terpadu

Jawaban: C

8. Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, artinya ........

A. kurikulum harus mengandung hal-hal baru sehingga dapat membantu siswa untuk , dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya

B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa

C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan

D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

Jawaban: C

9. Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ......

A. Tantangan internal dan Eksternal

B. Responsibility

C. Reinforced

D. Enriched

Jawaban: A

10. Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...

A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri

B. diskusi dan sharing di antara peserta didik

C. pembelajaran didominasi arahan dari guru

D. proses penyampaian materi secara verbal

Jawaban: B

11. Media yang cocok untuk menjelaskan tentang banjir...

A. Video

B. Gambar Banjir

C. Potongan artikel di media cetak

D. Peta persebaran wilayah banjir

E. Berita perkiraan cuaca di televisi

Jawaban: C

12. Media yang tepat untuk mengajarkan kebutuhan ekonomi yang melonjak tinggi adalah...

A. Potongan artikel media cetak

B. Video di kanal youtube

C. Tayangan berita di televisi

D. Daftar harga barang pokok terbaru

E. Buku paket

Jawaban: C

13. Disediakan dua magnet dan paku, siswa melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Komponen tujuan pembelajaran yang kurang dari hal tersebut adalah...

A. Condition

B. Behavior dan degree

C. condition dan degree

D. Audience

E. Degree

Jawaban: E

14. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. Hal ini sesuai dengan prinsip ....

A. Terbuka

B. menyeluruh.

C. bermakna

D. adil

E. Obyektif

Jawaban: E

15. Pak Liman adalah seorang guru olah raga pagi ini dia akan mengadakan penilaian praktik renang. Prinsip penilaian yang dilakukan adalah....

a. sahih

b. objektif

c. menyeluruh

d. sistematis

e beracuan kriteria

Jawaban: A

16. Yang dimaksud dengan penilaian adalah...

A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

B. Proses yang dilakukan untuk mengambil keputusan berdasarkan evaluasi.

C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.

D. Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik

Jawaban: A

17. Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan pengetahuan yang diperoleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas disebut penilaian...

A. Pre test

B. post test

C. Autentik

D. Non Autentik

Jawaban: C

18. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ....

A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi

C. Memberikan tambahan sumber bahan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat variasi

yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai

D. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda

Jawaban: C

19. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara.....

A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran

B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung

C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar

D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

Jawaban: B

20. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum .....

A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni

B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

C. Menyeluruh dan berkesinambungan

D. Beragam dan terpadu

Jawaban: D

Baca juga artikel terkait PPPK 2023 atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yantina Debora