Menuju konten utama

Contoh Soal PPPK Guru Sejarah 2023 dan Kunci Jawaban

Berikut ini contoh soal PPPK Guru Sejarah dan kunci jawabannya untuk bahan persiapan tes kompetensi 2023.

Contoh Soal PPPK Guru Sejarah 2023 dan Kunci Jawaban
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon PNS dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/9/2021). ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww.

tirto.id - Contoh soal PPPK Guru Sejarah dan jawabannya di bawah ini bisa dijadikan bahan belajar untuk persiapan menghadapi tes kompetensi. Tersedia pula tautan untuk link download dokumen contoh soal PPPK Guru Sejarah dalam bentuk PDF.

Dalam tes kompetensi PPPK Guru 2023, para pelamar formasi guru sejarah untuk tingkat SMA/SMK harus mengerjakan sejumlah soal yang sesuai dengan bidangnya.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis jadwal pelaksanaan tes kompetensi PPPK Guru 2023 pada 10 November hingga 4 Desember 2023.

Tahapan setelah adanya tes kompetensi PPPK Guru 2023, masih merujuk jadwal dari BKN, adalah tes kompetensi tambahan pada 15 November hingga 6 Desember 2023.

Para pelamar juga perlu memperhatikan ketentuan ambang batas nilai atau passing grade PPPK Guru 2023. Passing grade ini ialah batas nilai minimal untuk kelulusan seleksi dalam tes kompetensi.

Berdasarkan aturan dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 649 Tahun 2023, jumlah soal tes kompetensi PPPK Guru 2023 terdiri atas 145 pertanyaan.

Keseluruhan materi itu itu terbagi untuk ter Kompetensi Teknis (90 soal), tes Kompetensi Manajerial (25 soal), tes Kompetensi Sosial Kultural (20 soal), hingga tes Wawancara (10 soal).

Angka tertinggi secara kumulatif dalam seleksi kompetensi adalah 670. Passing Grade tes Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural adalah 117, dan untuk wawancara 24. Adapun ambang batas nilai Tes Kompetensi berbeda-beda sesuai jabatan fungsional yang dapat dicek melalui link ini.

Contoh Soal PPPK Guru Sejarah dan Jawabannya

Dengan semakin dekatnya jadwal pelaksanaan tes kompetensi PPPK Guru 2023, peserta seleksi PPPK Guru 2023 bisa menjadikan sejumlah soal di bawah sebagai bahan belajar.

Berikut sejumlah contoh soal PPPK Guru Sejarah beserta dengan kunci jawabannya:

perbaiki susunan kalimat di bawah ini! sajikan kembali dengan susunan paragraf seperti semula!

1. Pendekatan saintifik diterapkan agar peserta didik dapat menemukan pengetahuan secara mandiri melalui fasilitasi dari guru. Pendekatan ini diterapkan agar pengetahuan yang didapat siswa tahan lama. Hal ini sesuai dengan pandangan bahwa ….

A. ketika peserta didik terlibat dalam membangun pengetahuan secara mandiri, pengetahuan tersebut akan lebih diingat dan dipahami.

B. konstruktivisme merupakan teori belajar yang mengembangkan kemampuan peserta didik untuk membangun) dan menemukan pengetahuan sendiri

C. pendekatan saintifik mendorong aktivitas mandiri peserta didik untuk menemukan/membangun pengetahuannya sendiri

D. pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang memprioritaskan aktivitas pembelajaran berpusat pada siswa

E. pendekatan sanintifik sesuai dengan teori perkembangan otak hubungannya dengan fenomena belajar

Jawaban: A

2. Salah satu pertimbangan dalam pemilihan metode dan media pembelajaran agar pembelajaran sejarah dapat berjalan sesuai yang direncanakan adalah ….

A. kesulitan materi

B. karakteristik siswa

C. sarana prasarana

D. ketersediaan sumber

E. kemampuan siswa

Jawaban: C

3. Pembelajaran sejarah merupakan pengamatan pada peristiwa pada masa lampau. Pendekatan pembelajaran yang dapat dikembangkan yaitu ....

A. Pembelajaran yang memungkinkan peserta didik melihat peristiwa masa lampau

B. Pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk dapat menelusuri peristiwa masa lampau

C. Pembelajaran yang memungkinkan peserta didik melihat peristiwa masa lampau

D. Pembelajaran di luar kelas dengan mengadakan pengamatan peristiwa masa lampau

E. Pembelajaran dengan menggunakan banyak media

Jawaban: B

4. Metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memilih dan menilai hasil karyanya sendiri seperti dalam portofolio, dilakukan dengan pertimbangan untuk ....

A. menumbuhkan rasa tanggung-jawab siswa untuk bekerja sesuai dengan yang diharapkan

B. siswa dapat segera memperbaiki hasil karyanya sebelum dimasukkan ke dalam portofolionya

C. memberi kesempatan kepada siswa untuk memperbaiki semua karya-karyanya yang baik

D. agar hubungan antara pendidik dan siswa semakin erat dengan adanya kerjasama tersebut

E. mempelajari sendiri dan membantu pekerjaan guru dalam melakukan penilaian kemampuan belajar peserta didik

Jawaban: A

5. Penilaian yang paling dapat dilakukan untuk mengetahui kemampuan riil siswa secara komprehensif adalah....

A. Penilaian obyektif

B. penilaian subyektif

C. penilaian otentik

D. penilaian produk

E. penilaian berkesinambungan

Jawaban: B

6. Untuk mempertajam pemahaman mengenai peristiwa gerakan reformasi 1998, sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa yaitu ....

A. foto-foto yang menggambarkan peristiwa munculnya reformasi

B. buku teks sejarah tentang peristiwa reformasi

C. buku cerita tentang peristiwa munculnya reformasi

D. Orang yang yang menjadi pelaku pada masa peristiwa munculnya reformasi

E. Korban-korban keganasan militer pada masa reformasi

Jawaban: D

7. Peserta didik diajak studi lapangan (fieldtrip) ke candi yang jaraknya dekat dengan sekolah. Candi dalam konteks ini berfungsi sebagai ....

A. alat belajar

B. hasil budaya

C. sumber belajar

D. peninggalan sejarah

E. pendorong peserta didik lebih aktif belajar

Jawaban: C

8. Penggunaan peta dalam pembelajaran sejarah diperlukan untuk ....

A. memudahkan pemahaman siswa tentang kronologi terjadinya suatu peristiwa

B. menunjukkan lokasi-lokasi tempat terjadinya suatu peristiwa

C. menggambarkan keadaan yang terjadi pada suatu peristiwa

D. menunjukkan situasi yang terjadi pada suatu peristiwa

E. menunjukkan keadaan alam di mana suatu peristiwa terjad

Jawaban: B

9. Jika dalam keterangan kompetensi dasar tertulis "Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman pra-aksara," indikator pencapaian yang tepat adalah....

A. menyebutkan jenis-jenis manusia purba di Indonesia

B. menunjukkan lokasi penemuan manusia purba

C. mengidentifikasi mata pencaharian pada masa pra-aksara

D. menjelaskan kapan ditemukan api pada masa pra aksara

E. menganalisis asal-usul kedatangan nenek moyang Indonesia

Jawaban: C

10. Jika indikator pencapaian pembelajaran berupa "Peserta didik mampu mendeskripsikan persebaran nenek moyang Indonesia," salah tujuan pembelajaran yang tepat yaitu peserta didik mampu ....

A. menjelaskan daerah asal migrasi nenek moyang

B. mengidentifikasi kebudayaan yang dibawa oleh nenek moyang bangsa Indonesia

C. mendeskripsikan alat-alat yang dipakai nenek moyang bangsa Indonesia

D. menjelaskan kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia

E. menggambarkan rute kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia

Jawaban: E

11. Salah satu prinsip dalam penyusunan modul ajar adalah....

A. memperhatikan kemampuan awal peserta didik.

B. mendorong partisipasi aktif peserta didik.

C. mengembangkan budaya tanggap teknologi.

D. memberikan umpan balik dan kerja sama.

E. pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.

Jawaban: E

12. Dalam rencana pembelajaran yang dirancang guru, terdapat aktivitas setiap kelompok menyelidiki suatu topik untuk diteliti. Contoh topik yang diangkat misalnya kehidupan zaman pra aksara. Kegiatan selanjutnya yang harus dilakukan siswa yaitu....

A. Siswa mendengarkan dan menguraikan kembali gagasan yang diberikan oleh guru dari kelompok lain.

B. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru dan menulis pada kertas yang telah diberikan kepada masing-masing kelompok.

C. Siswa dalam setiap kelompok berusaha mengumpulkan dan mengevaluasi data kemudian mensintesiskannya dalam bentuk laporan akhir kelompok.

D. Siswa bekerjasama dalam kelompok untuk merumuskan satu pendapat umum yang mewakili kelompoknya.

E. Siswa sebagai anggota kelompok harus diberi tugas masing-masing dalam proses pembuatan produk kelompoknya.

Jawaban: C

13. Penilaian sikap sosial yaitu sikap jujur dalam pembelajaran sejarah dapat diukur melalui sejumlah indikator, salah satunya adalah....

A. bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran

B. berbagi informasi dengan teman satu kelas tentang suatu peristiwa sejarah

C. mengakui kesalahan di depan kelas pada saat pembelajaran sejarah berlangsung

D. mengembalikan alat tulis yang dipinjam dari teman saat pelajaran sejarah

E. mengumpulkan tugas pada waktu yang sudah disepakati bersama

Jawaban: A

14. Dalam memilih teknik penilaian, guru merancang teknik penilaian sesuai dengan indikator pembelajaran. Apabila indikator berkaitan dengan pemahaman konsep, teknik penilaian yang tepat yaitu berupa ....

A. tes lisan dan tes tulis.

B. kerja secara berkelompok.

C. kemampuan sikap.

D. kerja individual.

E. portofolio.

Jawaban: A

15. Manfaat yang diharapkan dapat dimiliki siswa ketika guru memberikan penugasan proyek adalah untuk menilai keterampilan ....

A. mengaplikasikan pengetahuan dalam suatu penyelidikan.

B. pembelajaran secara terpadu yang telah dilakukan guru.

C. kemampuan merefleksi perkembangan peserta didik.

D. melihat tingkat kemajuan peserta didik sejak awal pembelajaran.

E. keterampilan menyelidiki peristiwa-peristiwa secara khusus

Jawaban: A.

16. Apa yang dimaksud dengan ilmu sejarah sebagai seni?

a. Ilmu sejarah yang mempelajari karya-karya seni di masa lalu

b. Ilmu sejarah yang menggunakan metode-metode seni dalam penelitian dan penyajian

c. Ilmu sejarah yang menghasilkan karya-karya seni berdasarkan sumber-sumber sejarah

d. Ilmu sejarah yang bersifat subjektif dan imajinatif seperti seni

e. Ilmu sejarah bersifat bebas dan kreatif

Jawaban: B

17. Siapa tokoh ilmu sejarah yang dikenal sebagai bapak sejarah sebagai seni?

a. Herodotus

b. Ibn Khaldun

c. Leopold von Ranke

d. Marc Bloch

e. Karl marx

Jawaban: C

18. Apa yang dimaksud dengan pengulangan sejarah?

a. Pola kejadian yang terjadi di masa lalu yang berulang kembali di masa kini atau masa depan

b. Kajian yang membandingkan peristiwa sejarah yang memiliki kesamaan atau perbedaan

c. Penafsiran yang menghubungkan antara masa lalu, masa kini, dan masa depan

d. Pendekatan yang menggunakan teori siklus untuk menjelaskan dinamika sejarah

e. Berulangnya peristiwa yang sama

Jawaban: A

19. Siapa tokoh yang mengemukakan konsep pengulangan sejarah dalam bentuk siklus?

a. Ibn Khaldun

b. Karl Marx

c. Adam smith

d. Oswald Spengler

e. Ibn batutah

Jawaban: D

20. Apa manfaat mempelajari pengulangan sejarah bagi kehidupan manusia?

a. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya belajar dari masa lalu

b. Mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan peluang di masa depan

c. Memahami pola-pola dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sejarah

d. Memahami akar masalah yang kerap berulang dari zaman ke zaman

e. Semua jawaban benar

Jawaban: E

21. Metode yang menggunakan sumber-sumber sejarah yang berasal dari masa lampau, seperti dokumen, artefak, atau peninggalan budaya, disebut...

a. heuristik

b. kritik

c. historiografi

d. interpretasi

e. ilmiah

Jawaban: A

22. Metode yang bertujuan untuk menilai keaslian, kebenaran, dan kredibilitas sumber-sumber sejarah, baik lisan maupun tulisan, disebut...

a. heuristik

b. kritik

c. historiografi

d. interpretasi

e. saintifik

Jawaban: B

23. Mengkaji proses penulisan sejarah, termasuk aspek-aspek seperti latar belakang, sudut pandang, tujuan, dan gaya penulis sejarah, disebut metode ...

a. heuristik

b. kritik

c. historiografi

d. interpretasi

e. menulis

Jawaban: C

24. Menguraikan dan menjelaskan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan hasil analisis kritis terhadap sumber-sumber sejarah, disebut metode ...

a. penalaran

b. kritik

c. historiografi

d. interpretasi

e. refleksi

Jawaban: D

25. Mengajak siswa untuk berperan sebagai peneliti sejarah dengan melakukan observasi, wawancara, atau eksperimen terkait dengan topik sejarah tertentu, disebut metode ...

a. inkuiri

b. diskusi

c. simulasi

d. proyek

e. penelitian

Jawaban: A

26. Pembelajaran yang mengandalkan cerita atau kisah sebagai media untuk menyampaikan materi sejarah disebut dengan istilah metode ...

a. naratif

b. heuristik

c. dramatisasi

d. diskusi

e. historiografi

Jawaban: A

27. Ilmu sejarah adalah ilmu yang mempelajari ...

a. peristiwa-peristiwa masa lalu yang berpengaruh pada masa kini dan masa depan

b. perubahan-perubahan sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang terjadi di masyarakat

c. sumber-sumber tertulis dan tidak tertulis yang berkaitan dengan kehidupan manusia

d. peristiwa yang sudah terjadi di tengah masyarakat dengan dampak signifikan

e. semua jawaban di atas benar

Jawaban: E

28. Salah satu karakteristik ilmu sejarah adalah bersifat ...

a. objektif, yaitu berdasarkan fakta-fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya

b. subjektif, yaitu berdasarkan penafsiran dan pendapat sejarawan

c. kritis, yaitu mampu menilai sumber-sumber sejarah secara cermat dan teliti

d. dinamis, dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman dan pengetahuan baru

e. mengenang masa lalu

Jawaban: C

29. Teori ilmu sejarah yang berpendapat bahwa sejarah ditentukan oleh faktor-faktor ekonomi, sosial, dan budaya disebut ...

a. Teori idealisme

b. Teori materialisme

c. Teori positivisme

d. Teori relativisme

e. Teori eksistensialisme

Jawaban: B

30. Teori ilmu sejarah yang berpendapat bahwa sejarah adalah hasil dari kehendak dan tindakan individu-individu yang berpengaruh disebut ...

a. Teori heroik

b. Teori kausal

c. Teori struktural

d. Teori fungsional

e. Teori positivisme

Jawaban: A

Download Contoh Soal PPPK Guru PDF

Untuk memperlajari lebih banyak materi lagi, berikut tautan untuk link download contoh soal PPPK Guru Sejarah dalam bentuk dokumen PDF:

Download Contoh Soal PPPK Guru Sejarah PDF.

Baca juga artikel terkait PPPK 2023 atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Addi M Idhom