tirto.id - Pendaftaran PPPK Kabupaten Bandung telah dibuka untuk gelombang 1. Dalam seleksi ini, pendaftar wajib menyertakan Surat Lamaran sesuai format yang telah ditentukan.
Periode pendaftaran PPPK Kabupaten Bandung 2024 gelombang 1 dibuka mulai 1 Oktober 2024, sedangkan untuk gelombang 2 dibuka mulai 17 November 2024.
Proses pendaftaran PPPK 2024 Kabupaten Bandung dilangsungkan secara daring di laman SSCASN BKN atau melalui tautan ini https://sscasn.bkn.go.id.
Dalam rekrutmen kali ini, Pemerintah Kabupaten Bandung membuka 1.200 formasi PPPK yang terdiri untuk 800 formasi Jabatan Fungsional (JF) Guru, 200 formasi JF Kesehatan, dan 200 formasi JF Teknis.
Pemkab Bandung juga menegaskan bahwa dalam rekrutmen kali ini terdapat pelamar prioritas sesuai kriteria dan ketentuan yang berlaku.
Pelamar prioritas ini mencakup Pelamar Prioritas (Pelamar Prioritas Guru Dan D-IV Bidan Pendidik Tahun 2023), Eks Tenaga Honorer Kategori II (Eks THK-II) Dan Tenaga Non ASN Yang Terdata Dalam Pangkalan Data (Database) Badan Kepegawaian Negara (BKN).
Untuk melihat rincian pelamar prioritas ini, calon pendaftar PPPK Kabupaten Bandung 2024 dapat melihatnya di laman https://bkpsdm.bandungkab.go.id.
Di samping itu, calon pendaftar juga wajib memenuhi syarat berkas pendaftaran yang telah ditetapkan.
Salah satu syarat berkas yang harus disertakan calon pendaftar adalah Surat Lamaran sesuai format dari Pemkab Bandung.
Syarat Kelengkapan Dokumen PPPK Kabupaten Bandung 2024
Mengutip Surat Pengumuman Bupati Bandung Nomor 800./2872/BKPSDM, berikut rincian syarat kelengkapan dokumen untuk PPPK Kabupaten Bandung tahun 2024.
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan atau Biodata Kependudukan WNI yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil;
2. Surat lamaran ditujukan kepada Bupati Bandung, diketik menggunakan komputer, ditandatangani dan dibubuhi e-materai (format dapat diunduh pada laman https://bkpsdm.bandungkab.go.id);
3. Ijazah asli sesuai kualifikasi pendidikan, tambahan khusus untuk:
- Pendidikan Profesi: melampirkan ijazah S-1 dan profesi
- Pendidikan Dokter Spesialis: melampirkan Ijazah S-1, Profesi, dan Spesialis
- Jika terjadi perubahan nomenklatur Program Studi dan/atau penamaan Program Studi berbeda dengan kualifikasi pendidikan pada persyaratan pendaftaran, wajib menyertakan surat keterangan yang ditandatangani Dekan/Wakil Dekan;
- Pendidikan Profesi: melampirkan Transkrip Nilai S-1 dan profesi
- Pendidikan Dokter Spesialis: Transkrip Nilai S-1, Profesi, dan Spesialis
6. Surat pernyataan 7 (tujuh) poin yang diketik menggunakan komputer, ditandatangani dan dibubuhi e-materai (format dapat diunduh pada laman https://bkpsdm.bandungkab.go.id);
7. Surat Keterangan Bekerja yang ditandatangani oleh pimpinan unit kerja dengan pengalaman kerja di bidang kerja sesuai dengan kompetensi tugas jabatan yang dilamar, paling singkat 2 (dua) s.d 8 (delapan) tahun sesuai dengan jenjang dan jabatan yang dilamar sesuai ketentuan pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Nomor 347 Tahun 2024 (format dapat diunduh pada laman https://bkpsdm.bandungkab.go.id) sebagai berikut:
A. Khusus Pelamar PPPK Jabatan Fungsional (JF) Kesehatan
1) Paling singkat 2 (dua) tahun pada jabatan fungsional jenjang pemula, terampil dan ahli pertama; dan2) Paling singkat 3 (tiga) tahun pada jabatan fungsional jenjang ahli muda.
B. Khusus Pelamar PPPK Jabatan Teknis
1) Paling singkat 2 (dua) tahun pada jabatan pelaksana;2) Paling singkat 2 (dua) tahun pada jabatan fungsional jenjang pemula, terampil dan ahli pertama; dan
3) Paling singkat 3 (tiga) tahun pada jabatan fungsional jenjang ahli muda.
8. Surat Keterangan Aktif Bekerja pada instansi pemerintah tempat bekerja saat mendaftar yang ditandatangani oleh pimpinan unit kerja (format dapat diunduh pada laman https://bkpsdm.bandungkab.go.id.
9. Khusus pelamar PPPK Jabatan Fungsional (JF) Guru: sertifikat pendidikan linear dengan jabatan yang dilamar dan terdaftar dalam pengkalan data kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
10. Khusus Pelamar PPPK Jabatan Fungsional (JF) Kesehatan: Surat Tanda Registrasi (STR) sesuai keahliannya yang jenis jabatannya WAJIB memerlukan STR sesuai dengan ketentuan pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 322 Tahun 2024 tentang Persyaratan Surat Tanda Registrasi Untuk Melamar pada Jabatan Fungsional Kesehatan dalam Pengadaan Aparatur Sipil Negara Tahun Anggaran 2024 dan Surat Edaran Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Nomor PT.01.03/F/570/2024 tentang Persyaratan Kualifikasi Pendidikan dan Surat Tanda Registrasi dalam Rangka Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara Jabatan Fungsional Kesehatan Tahun 2024;
11. Khusus Pelamar PPPK Jabatan Teknis: Dokumen Persyaratan Wajib bagi Jabatan Pemadam Kebakaran Pemula, berupa 1) Surat Keterangan Sehat dan 2) Surat Keterangan Bukan Penyandang Disabilitas. Sertifikat Tambahan Nilai bagi Jabatan Penyuluh Pertanian Ahli Pertama, Pekerja Sosial Ahli Pertama, Penguji Kendaraan Bermotor Pemula dan Pemadam Kebakaran Pemula. Sesuai dengan ketentuan pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 391 Tahun 2024 tentang Persyaratan Wajib Tambahan dan Sertifikat Kompetensi Sebagai Penambahan Nilai Seleksi Kompetensi Teknis Dalam Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional.
12. Dokumen persyaratan khusus bagi pelamar penyandang disabilitas mengikuti tahapan pada laman https://sscasn.bkn.go.id.
Format Surat Lamaran PPPK Kabupaten Bandung
Dalam surat lamaran, calon pendaftar harus mencantumkan beberapa data diri secara lengkap seperti nama, tanggal pembuatan surat, jabatan yang dilamar, dan lainnya.
Selain itu, pelamar juga wajib membubuhi surat tersebut dengan Elektronik Meterai atau E-Meterai di bagian penutupnya.
Berikut adalah contoh format pembuatan surat lamarannya.
Bandung, (Tulis tanggal pembuatan surat)
Kepada: Yth. Bupati Bandung di Soreang
Disampaikan dengan hormat, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap : (Nama Lengkap Bisa Dengan / Tanpa Gelar)
Tempat/Tanggal Lahir :
Jenis Kelamin : (Laki-laki atau Perempuan)
Agama :
Pendidikan Terakhir : (Pendidikan yang digunakan melamar menjadi PPPK)
Jabatan yang Dilamar : (Jabatan yang dilamar menjadi PPPK)
Unit Kerja yang Dilamar : (Unit Kerja yang dilamar menjadi PPPK)
Alamat Domisili : (Alamat Tinggal Saat Ini)
Email Aktif :
Nomor Handphone Aktif :
Dengan ini menyampaikan permohonan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung tahun 2024. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan dokumen sebagai berikut:
1. Soft file pas foto
2. Scan KTP elektronik/Biodata Kependudukan/WNI
3. Scan ijazah asli yang digunakan untuk melamar seleksi PPPK
4. Scan transkrip nilai asli yang digunakan untuk melamar seleksi PPPK
5. Scan surat pernyataan 7 poin
6. Scan surat keterangan pengalaman kerja
7. Scan surat keterangan aktif bekerja
8. Scan sertifikat untuk tambahan nilai seleksi kompetensi teknis bagi yang memiliki
9. Sertifikat Pendidik (khusus bagi pelamar JF Guru yang memiliki)
10.Surat Tanda Registrasi (khusus pelamar JF kesehatan yang jenis jabatannya Wajib melampirkan STR)
11. Scan surat Keterangan Sehat dan Surat keterangan bukan penyandang disabilitas (khusus tenaga teknis yang melamar pada jabatan Pemadam Kebakaran Pemula)
12.Scan surat Keterangan Penyandang Disabilitas dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas (bagi pelamar disabilitas)
Demikian surat lamaran ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Apabila di kemudian hari ditemukan data/keterangan yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan kelulusan saya pada seleksi PPPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung tahun 2024.
Atas perhatian dan perkenan Bapak saya haturkan terima kasih
Hormat saya,
(Tanda tangan + E-Meterai)
Nama Lengkap
Untuk mengetahui format lebih jelasnya, unduh Contoh Format Surat Lamaran PPPK Kabupaten Bandung PDF ini.
Penulis: Imanudin Abdurohman
Editor: Dipna Videlia Putsanra