Cara Setup Dua Monitor pada Windows 10

Oleh: Adrian Samudro - 25 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pastikan semua kabel yang diperlukan telah terhubung dengan baik ke monitor dan komputer, termasuk kabel power saat setup dua monitor.
tirto.id - Penggunaan dua atau lebih monitor umumnya dilakukan oleh seorang pembuat konten, programmer, dan analis data. Hal ini bertujuan agar mereka dapat lebih mudah mengakses berbagai aplikasi secara bersamaan ketimbang hanya dengan satu monitor saja.

Sebab, multi-monitor memungkinkan seseorang untuk membuka berbagai aplikasi untuk ditampilkan pada masing-masing monitor. Sehingga tidak perlu menutup atau membuka aplikasi secara bergantian.

Namun, pengaturan untuk menggunakan multi-monitor hanya dapat berfungsi jika dikonfigurasi dengan benar. Beruntung sistem operasi Windows 10 memiliki beberapa fitur dan pengaturan yang mendukung hal itu tanpa memerlukan software pihak ketiga.

Sebelum memulai, pastikan semua kabel yang diperlukan telah terhubung dengan baik ke monitor dan komputer, termasuk kabel power dan penghubung sinyal video menggunakan kabel VGA, DVI, HDMI, atau DisplayPort.

Selanjutnya adalah mengatur ulang monitor agar dapat disesuaikan dalam penggunaannya, baik dalam mengarahkan dengan mouse atau ketika menjalankan aplikasi. Berikut adalah tata cara mengatur ulang monitor di Windows 10.

  • Buka menu Pengaturan (Settings);
  • Lalu klik pada System;
  • Kemudian pilih Display;
  • Di bagian bawah "Select and rearrange displays", seret dan letakkan setiap layar untuk mengaturnya sesuai dengan tata letak fisik pada desktop;
  • Lalu klik tombol Apply.

Setelah selesai, Windows 10 akan memahami tata letak fisik layar dan mulai bisa bekerja di setiap tampilan dan menjalankan aplikasi tanpa masalah.

Jika Anda tidak yakin monitor mana yang sedang digunakan, klik tombol Identify untuk mencari tahu. Apabila salah satu monitor tidak muncul, pastikan itu telah menerima daya dan terhubung dengan benar, lalu klik tombol Detect pada menu pengaturan layar.

Ketika masalah masih muncul, cobalah reset koneksi setiap monitor atau nyalakan kembali komputer. Kemudian coba klik tombol Detect untuk mendeteksi monitor yang terhubung.

Sementara itu, tampilan pada setiap monitor juga seringkali berbeda. Oleh karenanya Anda mungkin membutuhkan penyesuaian tampilan seperti skala dan resolusi untuk setiap monitor yang digunakan. Berikut tata cara menyesuaikan tampilan pada monitor.

  • Buka menu Pengaturan (Settings);
  • Lalu pilih System;
  • Kemudian klik Display;
  • Dibawah bagian "Select and rearrange displays", pilih monitor yang ingin disesuaikan;
  • Gunakan menu yang dapat mengubah ukuran teks, aplikasi, dan bagian lainnya untuk menyesuaikan skala pada tampilan di monitor;
  • Setelah itu, Anda dapat mengulangi langkah nomor 4 dan 5 untuk mengubah pengaturan skala pada monitor yang lain;
  • Kemudian klik opsi Sign-out untuk menerapkan perubahan yang telah diatur jika sudah menyelesaikan setiap langkahnya.

Meski hal tersebut memungkinkan untuk penyesuaian pada tiap monitor, namun disarankan lebih baik agar menggunakan merek dan model yang sama guna mendapatkan tampilan yang sama pula tanpa perlu membutuhkan sejumlah perubahan.


Baca juga artikel terkait KOMPUTER atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yantina Debora
DarkLight