Cara Merayakan Imlek saat Pandemi COVID-19

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari - 27 Jan 2022 20:55 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Cara merayakan Imlek di tengah pandemi tentunya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Berikut cara merayakannya secara sederhana tanpa mengurangi maknanya.
tirto.id - Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam merayakan Tahun Baru Imlek di tengah pandemi COVID-19.

Cara merayakan Imlek saat pandemi tentunya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, perayaannya tetap bisa dilakukan secara sederhana serta kreatif dengan patuh protokol kesehatan serta tanpa mengurangi makna Imlek itu sendiri.

Perayaan Tahun Baru Imlek biasanya menjadi momen untuk berkumpul dan bersuka cita bersama keluarga besar.

Perayaan hari besar keagamaan tahun baru Imlek juga merupakan sebuah momen penting khususnya bagi umat Khonghucu dan Tionghoa.

Namun, di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini, peringatan Tahun Baru Imlek diharapkan bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana.

Dalam merayakannya sekaligus menerapkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, tanpa mengurangi makna Imlek sebagai tahun, harapan, dan keberuntungan baru.


Cara Merayakan Imlek di Tengah Pandemi COVID-19


Berikut beberapa cara atau kegiatan yang bisa dilakukan untuk merayakan Imlek di tengah pandemi COVID-19 seperti dikutip dari situs Kominfo.

1. Rayakan bersama keluarga inti yang tinggal satu rumah

Merayakan tahun baru Imlek bisa dilakukan secara bersama-sama dengan keluarga inti di rumah.

Kebiasaan untuk berkumpul dan bersilaturahmi sebagaimana yang biasa dilakukan dalam setiap perayaan diharapkan tetap dilakukan, tetapi dengan cara-cara kekinian (virtual) sebagai bentuk kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

2. Kirim angpao secara digital

Angpao merupakan salah satu hal yang identik dengan perayaan Imlek. Angpao biasa diberikan dari oleh mereka yang lebih tua atau mereka yang sudah menikah kepada saudara maupun kerabat yang lebih muda dan belum menikah.

Mengirimkan angpao bisa dilakukan secara digital. Sekarang sudah sangat mudah, malah bisa lebih banyak. Jika angpau fisik tetap ingin dikirimkan, bisa juga lewat kurir instan.

3. Melihat atraksi barongsai secara virtual

Selain angpao, atraksi barongsai juga sering kita jumpai saat perayaan Imlek. Namun, dalam kondisi pandemi saat ini, atraksi barongsai sebaiknya disiarkan secara virtual agar bisa dilihat lebih banyak orang dan menghindari potensi adanya kerumunan.

4. Pelaksanaan ibadah dilakukan secara sederhana

Pelaksanaan ibadah dilaksanakan secara sederhana tidak akan mengurangi makna dari perayaan Imlek.

Perayaan Imlek kali ini juga dapat dijadikan sebuah momentum untuk melakukan refleksi diri sekaligus turut mendoakan agar bangsa Indonesia dapat segera terbebas dari pandemi COVID-19.

5. Makan malam bersama keluarga di rumah

Kegiatan makan malam saat perayaan Imlek biasanya dilakukan sebagai bagian dari reuni keluarga. Makan malam reuni keluarga biasanya juga mencakup ritual pemujaan leluhur yang menghubungkan sejarah liburan selama 3.800 tahun hingga saat ini.

Namun, karena tahun ini masih berada dalam kondisi pandemi, makan malam bisa Anda lakukan bersama keluarga inti yang tinggal dalam satu rumah.

Sembari makan malam Anda bisa video call dengan keluarga lain yang tak tinggal satu rumah dengan Anda agar suasana makan malam tetap meriah meski tak berada dalam satu lokasi yang sama.

6. Mendekorasi rumah bersama keluarga

Sangat mudah untuk melihat kapan Tahun Baru Imlek sudah dekat - dekorasi merah tua yang meriah biasanya akan menghiasi setiap jalan, etalase, dan rumah.

Mendekorasi rumah dengan warna merah terkait dengan kekayaan dan keberuntungan. Dekorasi merah yang digantung bermakna untuk menangkal Nian - monster seperti singa yang takut dengan warna merah, menurut mitologi Tahun Baru Imlek.

Anda bisa mengajak keluarga untuk mendekorasi rumah sebagai salah satu kegiatan menyambut Tahun Baru Imlek di tengah pandemi COVID-19.

7. Menonton film atau drama menarik

Anda bisa menghabiskan waktu saat libur Tahun Baru Imlek dengan menonton film mandarin favorit atau menikmati tayangan drama maupun variety show spesial saat Imlek.


Tips Aman Merayakan Imlek dari Satgas COVID-19


Sementara itu, Satgas COVID-19 juga mengimbau agar masyarakat merayakan Imlek dengan cara yang berbeda dengan sebelum era pandemi. Tujuannya agar terhindar dari penularan COVID-19.

Berikut lima tips perayaan Imlek era pandemi sebagaimana disarankan oleh Satgas COVID-19:

  • Saat melakukan tradisi bersih-bersih rumah untuk sambut rezeki dan keberuntungan, sekalian gunakan desinfektan agar lebih aman dari virus COVID-19
  • Persiapan makan malam Tahun Baru Imlek dengan menambahkan menu-menu bergizi seimbang
  • Lakukan tradisi berkunjung ke rumah sanak saudara dan keluarga besar secara virtual dengan berbagai aplikasi yang menyediakan panggilan video (video call)
  • Tradisi kirim angpao bisa memanfaatkan teknologi pengiriman uang elektronik, seperti m-banking atau dompet digital (e-wallet)
  • Jika melakukan aktivitas di luar rumah selama Imlek berlangsung, ingat untuk disiplin 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun setiap akan menyentuh area wajah.


Baca juga artikel terkait IMLEK 2021 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Yantina Debora
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight