Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Melalui Fitur Archive Chat

Penulis: Abdul Hadi - 30 Mei 2022 18:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini cara menyembunyikan chat WhatsApp lewat fitur arsip chat. Pengguna dapat mengarsipkan pesan WhatsApp tanpa harus memblokir kontaknya.
tirto.id - Beberapa waktu lalu, pihak WhatsApp memperbaharui fitur aplikasi mereka. Saat ini, pengguna dapat menyembunyikan chat WhatsApp lewat fitur arsip chat tanpa harus memblokir orang bersangkutan.

Sebelum fitur baru ini diluncurkan, chat yang sudah diarsipkan lazimnya akan muncul kembali di kotak pesan utama apabila ada pesan baru yang masuk dari kontak tersebut.

Jika ingin menyembunyikannya lagi, pengguna harus mengarsipkan kembali chat tersebut.

Akan tetapi, berkat pembaharuan fitur tersebut, pengguna dapat memasukkan chat yang tak diinginkan ke dalam folder arsip.

Selanjutnya, pesan-pesan yang sudah berada di dalam folder "Archive" tidak akan mengeluarkan pemberitahuan dalam bentuk bunyi, getar, tanda, atau pesan pop-up seperti biasanya.

Singkatnya, pengguna seakan-akan memblokir orang tersebut karena pesan-pesannya tidak akan muncul lagi di kotak masuk utama WhatsApp.

Kendati demikian, pengguna dapat sesekali mengintip folder "Archive" tersebut jika ingin memeriksa apakah ada chat penting masuk atau tidak.

"[Fitur] archive di WhatsApp memungkinkan pengguna mengatur pesan pribadi dan mengutamakan chat yang penting.

Pesan-pesan yang diarsipkan akan tersembunyi di folder arsip, dimatikan, namun pengguna dapat mengubah keputusannya kapan pun untuk mengembalikan chat ke kotak masuk utama," bunyi pengumuman di media sosial resmi WhatsApp.


Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Lewat Fitur Archive Chat


Berikut ini cara mengaktifkan fitur archive chat untuk menyembunyikan pesan yang dirasa mengganggu, sebagaimana dikutip dari laman resmi WhatsApp.

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel, lalu ketuk dan tahan chat yang ingin diarsipkan.

2. Tekan ikon "Archive" yang menunjukkan kotak dengan tanda panah di bagian kanan atas aplikasi.

3. Chat akan langsung tersimpan di folder "Archived" secara permanen dan tidak akan menampilkan notifikasi jika ada pesan yang masuk.

Jika pengguna ingin mengakses chat yang sudah diarsipkan, buka folder "Archived" yang ada di bagian atas aplikasi WhatsApp.

4. Jika ingin mengeluarkan chat dari folder "Archived" dan mengembalikannya ke kotak masuk utama, buka folder "Archived", ketuk chat yang ingin dikembalikan, dan ketuk ikon "Archive" di pojok kanan atas.

5. Jika ingin mengembalikan pesan arsip ke kotak masuk utama, buka menu pengaturan di aplikasi WhatsApp, pilih opsi "Chats", dan matikan toggle "Keep chats archived".


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yantina Debora

DarkLight