Cara Mengaktifkan Dark Mode Tema Gelap Google Chrome di Windows 10

Oleh: Ibnu Azis - 24 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tema gelap atau dark mode Google Chrome di Windows 10 tampilannya seperti mode Incognito.
tirto.id - Google telah merilis pembaruan peramban Chrome di versi 74 yang menawarkan tema gelap atau dark mode bagi pengguna komputer dan laptop dengan sistem operasi Windows 10.

Pembaruan yang dirilis pada Selasa (23/4/2019) dengan nomor versi 74.0.3729.108 ini juga membawa update keamanan termasuk menambal bug dan peningkatan sejumlah fitur di peramban unggulan Google tersebut.

Melansir Google Blog, Rabu (24/4), pembaruan Chrome 74 ini juga diterima perangkat dengan sistem operasi selain Windows, yakni Mac dan Linux.

Menurut The Verge, tema gelap di Chrome telah dinikmati oleh pengguna perangkat macOS saat pembaruan dengan nomor seri 73 digulirkan pada bulan lalu. Saat fitur ini diaktifkan, tampilan Chrome secara otomatis akan hitam gelap, seperti tema di mode Incognito.

Melansir ZDNET, pengguna Windows 10 yang ingin mengaktifkan tema gelap harus memodifikasi sistem tampilan Windows 10 di menu pengaturan. Langkah ini seperti yang dilakukan oleh pengguna Mac.

Caranya, masuk ke Setting > Personalization > Choose Your Default App Mode > Dark. Setelah ini dilakukan, Google Chrome akan otomatis mengubah tampilannya menjadi gelap, termasuk tampilan sistem Windows 10.

Dengan kata lain, opsi mengubah tampilan Chrome menjadi gelap tak tersedia di peramban tersebut melainkan di sistem Windows 10 itu sendiri. Konsekuensinya, yang menjadi gelap tak hanya peramban Chrome, melainkan juga tampilan Windows 10.

Sementara itu, sebuah thread di laman Support Google melaporkan, seorang pengguna telah melakukan cara di atas namun tampilan Chrome tak berubah menjadi gelap. Craig, Manajer Komunitas Google menjelaskan, saat ini fitur yang diusung Chrome 74 ini masih bersifat terbatas ke segelintir pengguna.

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa kami meluncurkan fitur ini ke sejumlah kecil pengguna Chrome M74 sekarang, dan itu akan menjadi lebih banyak tersedia dalam waktu dekat," tulis Craig.

Untuk memutakhirkan Chrome ke versi 74 dapat dilakukan dengan mengakses menu di pojok kanan atas > pilih Help > About Google Chrome. Berikutnya, Chrome akan otomatis mengunduh versi 74 jika tersedia. Klik tombol Relauch untuk meluncurkan kembali Chrome sekaligus sebagai proses terakhir pemutakhiran ke versi 74.


Baca juga artikel terkait GOOGLE CHROME atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH