Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2013, Tak Perlu Excel

Oleh: Balqis Fallahnda - 1 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Agar cara membuat tabel di Word rapi seperti bikin di Excel, ketahui 7 langkah yang harus dilakukan. Berikut ini urutannya.
tirto.id - Cara membuat tabel di Word tidak serumit yang dibayangkan. Artinya, bikin tabel tidak membutuhkan tool lain, misalnya, Excel.

Microsoft Office (MS) Word adalah aplikasi yang sering dipilih untuk mengerjakan tugas sekolah atau kantor. Dalam mengerjakan tugas, terkadang kita sering dihadapkan dengan keharusan untuk membuat tabel.

Dirilis pada 11 Oktober 2012, Microsoft Office 2013 dihadirkan sebagai penerus dari Microsoft Office 2010 dan pendahulu dari Microsoft Office 2016.

MS Word 2013 menyediakan dukungan format file yang diperluas, juga antarmuka pengguna yang diperbarui, serta penambahan sejumlah fitur baru.

Membuat tabel memang lebih mudah jika menggunakan Microsoft Excel. Namun, ketika sudah membuka aplikasi dan bekerja dengan Microsoft Word tentu beralih ke aplikasi lain akan membutuhkan waktu dan membuat proses lebih panjang.

Oleh karenanya, akan lebih efektif jika membuat tabel langsung dari MS Word.

Cara Membuat Tabel di Word


Microsoft Word sebenarnya juga menyediakan fitur pembuat tabel, baik MS Word 2013 maupun edisi-edisi sebelumnya atau setelahnya, meskipun tidak serinci dengan fitur yang tersedia Microsoft Excel.

Adapun cara membuat tabel dengan menggunakan MS Word 2013 adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word 2013.
  2. Tekan tab insert.
  3. Muncul tabel menurun dan mendatar, pilih sesuai kebutuhan kolom dan baris lalu klik sekali, maka tabel akan langsung muncul di lembar kerja.
  4. Jika kebutuhan kolom dan baris dirasa lebih dari yang ditampilkan, maka tekan insert table.
  5. Muncul kotak dialog, atur sendiri jumlah kolom dan baris sesuai kebutuhan pada table size, number of columns untuk jumlah kolom, dan number of rows untuk jumlah baris
  6. Kemudian, tekan OKE.
  7. Tabel akan muncul di lembar kerja

Membuat tabel langsung di MS Word cukup simpel dan mudah bukan? Semoga membantu.


Baca juga artikel terkait MICROSOFT WORD 2013 atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight