Menuju konten utama

Cara Menggunakan Mendeley untuk Buat Daftar Pustaka

Berikut ini cara membuat daftar pustaka di word secara otomatis dengan menggunakan Mendeley.

Cara Menggunakan Mendeley untuk Buat Daftar Pustaka
Ilustrasi membuat daftar pustaka. foto/IStockphoto

tirto.id - Cara membuat daftar pustaka di word secara otomatis bisa dilakukan dengan menggunakan salah satu aplikasi pengelola referensi, yakni Mendeley. Cara menggunakan Mendeley tidak terlalu sulit dan bisa memudahkan pembuatan daftar pustaka.

Daftar pustaka adalah bagian penting dalam pembuatan karya ilmiah. Penulisan daftar pustaka yang benar adalah harus sesuai dengan kaidah karena berkaitan dengan etika penulisan ilmiah.

Daftar pustaka berisi seluruh referensi yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Referensi tersebut dapat berasal dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, website, skripsi, disertasi, dan lain sebagainya.

Informasi terkait tahun terbit, penulis, dan judul dari sumber rujukan harus dicantumkan secara lengkap di daftar pustaka. Tujuannya untuk menghindari plagiarisme dan memudahkan pembaca dalam mencari informasi dari sumber rujukan lain.

Adapun penulisan daftar pustaka dalam karya ilmiah tidak bisa sembarangan dan harus mengikuti kaidah tertentu. Kaidah penulisan untuk setiap sumber pun berbeda-beda.

Dalam penulisan daftar pustaka, gaya penulisan juga perlu diperhatikan. Penggunaan gaya itu pun tergantung pada disiplin ilmu yang dikaji, preferensi penulis dan penerbit, atau ketentuan instansi yang berwenang menerbitkan karya ilmiah.

Terdapat sejumlah gaya penulisan daftar pustaka yang bisa digunakan. American Psychological Association (APA) Style dan Modern Language Association (MLA) Style adalah yang terpopuler.

Dengan banyaknya ketentuan yang harus diikuti oleh penulis, menyusun daftar pustaka terkadang membingungkan. Beruntungnya, saat ini banyak website dan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat daftar pustaka secara otomatis, termasuk Mendeley.

Mendeley adalah salah satu aplikasi penyusun daftar pustaka paling populer. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan mengakses berbagai sumber rujukan.

Cara Membuat Daftar Pustaka dengan Mendeley di Word

Dengan Mendeley, penulis bisa membuat daftar pustaka secara otomatis di MS Word. Berikut cara bikin daftar pustaka mendeley dengan MS Word, cara sitasi Mendeley, dan membuat daftar pustaka secara otomatis.

1. Cara Download dan Install Mendeley

Mendeley dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Berikut cara download dan install Mendeley di laptop atau PC:

  • Buka laman Mendeley melalui tautan www.mendeley.com
  • Klik “Create account”
  • Buat akun baru dengan mengisi form, alamat email, dan password
  • Apabila sudah memiliki akun, proses di atas bisa dilewati.
  • Untuk mengunduh Mendeley, buka laman www.mendeley.com/downloads
  • Kemudian, unduh aplikasi Mendeley.
  • Setelah Mendeley terunduh, lakukan instalasi.
  • Setelah proses instalasi selesai, buka Mendeley.
  • Kemudian, login menggunakan email yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Aplikasi Mendeley siap digunakan.

2. Cara menggunakan Mendeley untuk membuat daftar pustaka

Penggunaan Mendeley untuk membuat daftar pustaka tidak terlalu sulit. Penulis karya ilmiah cuma perlu membiasakan diri memakai aplikasi ini.

Berikut cara menggunakan Mendeley untuk membuat daftar pustaka di word:

  • Buka aplikasi Mendeley
  • Pilih menu “Add” untuk memasukkan jurnal, artikel, maupun buku yang akan digunakan sebagai referensi di Mendeley
  • Kemudian, klik “File” lalu pilih “Synchronize Library”
  • Untuk mengintegrasikan Mendeley dengan Word, pilih menu “Tools”
  • Kemudian, klik “Install MS Word Plugin”
  • Pastikan Word tidak sedang beroperasi selama proses ini.
  • Untuk membuat sitasi di Word, pilih menu “References”
  • Lalu, klik “Insert Citation” yang terletak di grup “Mendeley Cite-O-Matic”
  • Cari referensi yang akan disitasi dengan memasukkan nama penulis, judul, atau tahun terbit sumber di kolom pencarian.
  • Pilih referensi yang dibutuhkan, lalu klik “Ok”
  • Kemudian, pilih gaya penulisan sitasi di kolom “Style”
  • Setelah semua sitasi dimasukkan, buka kembali menu “References”
  • Di grup “Mendeley Cite-O-Matic,” klik “Insert Bibliography” untuk menyusun daftar pustaka secara otomatis.
  • Untuk mengubah gaya penulisan daftar pustaka, pilih gaya yang diinginkan di kolom “Style.”

Penulisan Daftar Pustaka yang Benar

Berikut ini panduan cara menulis daftar pustaka yang benar dan Format Daftar Pustaka secara umum:

1. Nama Penulis

Komponen atau unsur pertama yang perlu dimasukkan dalam format daftar pustaka adalah nama penulis dengan penulisan yang dimulai dari nama akhir penulis, kemudian diikuti tanda koma (,) lalu nama depan dan nama tengah penulis (jika ada).

2. Tahun Penerbitan

Format kedua adalah memasukkan tahun penerbitan tulisan. Untuk buku, tahun terbit bisa dilihat di halaman pertama setelah halaman judul. Sementara untuk artikel jurnal dan makala, biasanya dapat ditemukan di header bagian atas.

3. Judul Buku atau Artikel yang Dirujuk

Format selanjutnya adalah judul lengkap tulisan yang jadi rujukan atau sumber tulisan.

4. Nama Penerbit

Setelah memasukkan judul rujukan, format berikutnya yang ditulis adalah nama penerbit buku yang bisa ditemukan pada sampul depan, sampul belakang, atau pada halaman yang sama dengan tahun terbit buku. Sedangkan pada jurnal, maka pencantumannya adalah dengan menggunakan nama jurnal yang memuat artikel tersebut.

5. Keterangan Tempat Terbit

Format akhir penulisan daftar pustaka adalah mencantumkan keterangan penerbitan. Contoh bisa dengan keterangan tempat terbit atau informasi lainnya yang dianggap relevan.

Umumnya, tempat terbit adalah yang sering digunakan untuk sumber berupa buku dan biasanya dapat ditemukan di halaman yang sama dengan tahun terbit buku. Sementara itu, informasi penerbitan pada artikel jurnal atau makalah dapat berupa nomor dan volume tulisan yang mana informasinya bisa ditemukan di bagian header.

Jangan lupa, format penulisan spasi daftar pustaka juga perlu diperhatikan. Dikutip dari laman resmi Politeknik Negeri Jakarta, jarak spasi adalah 1 spasi, before = 0 pt, dan after = 12 pt.

Sementara bagian kelengkapan awal mulai dari halaman judul sampai dengan daftar lampiran diberi nomor halaman dengan angka Romawi Kecil (i, ii, iii, iv dan seterusnya) yang diketik tepat di tengah halaman bagian bawah dengan jarak 2 spasi dari batas tepi bawah.

Contoh penulisan daftar pustaka yang benar, seperti:

  1. Kridalaksana, Harimurti. et al. 1985. Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Depdikbud.
  2. Paltridge, B. 2001. Genre and the language learning classroom. Ann Arbor, MI: University of Michigan Press.
  3. Zarobe, Yolanda Ruiz de & Catalán, Rosa María Jiménez. 2009. Content and Language Integrated Learning Evidence from Research in Europe. Bristol: Multilingual Matters. (untuk 2 penulis).

Baca juga artikel terkait BYTE atau tulisan lainnya dari Putri Raissa Zaravina

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Putri Raissa Zaravina
Penulis: Putri Raissa Zaravina
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Dhita Koesno