Calon Lawan Barcelona di Babak 16 Besar Liga Champions 2018/2019

Oleh: Hendi Abdurahman - 17 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Barcelona diperkirakan bakal melawan salah satu tim dari Liverpool, Schalke, Ajax, Lyon, AS Roma, dan Manchester United dalam hasil drawing 16 besar Liga Champions 2018/2019.
tirto.id - Drawing babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 bakal dihelat pada Senin (17/12/2018) di Nyon, Swiss mulai pukul 18.00 WIB. Wakil Spanyol yang juga juara Grup B di babak penyisihan grup, Barcelona berpeluang menghadapi enam klub dari wakil negara yang berbeda.

Keenam klub yang dimaskud adalah Liverpool, Schalke 04, Ajax, Lyon, AS Roma, dan Manchester United. Kepastian calon lawan Blaugrana itu didapat lantaran klub dari satu asosiasi negara tidak akan dipertemukan dengan negara yang sama.

Oleh karena itu, meski Atletico Madrid menjadi runner-up Grup A di babak penyisihan, dapat dipastikan Barcelona takkan bertemua skuat asuhan Diego Simeone.

Tak hanya itu, Barcelona pun dipastikan bakal menjalani laga tandang terlebih dahulu terlepas siapapun lawan yang akan dihadapinya. Hal itu disebabkan peraturan yang menyebut jika juara grup bakal melakoni laga away terlebih dahulu.

Andai Barcelona bertemu Liverpool atau Manchester United, peluang mereka untuk lolos ke babak 8 besar cukup besar. Hal itu lantaran dalam empat pertemuan terakhir menghadapi wakil dari Inggris, El Barca selalu mampu melaju ke babak selanjutnya.



Pada musim 2013/2014 hingga 2015/2016 Barca tercatat mengalahkan Manchester City dua kali dan Arsenal. Terakhir, pada Liga Champions musim lalu, Barca pun sukses menumbangkan Chelsea di babak 16 besar untuk kemudian bertemu AS Roma di babak perempat final.

Sementara itu, pertemuan dengan wakil Jerman di babak 16 besar sudah terjadi cukup lama yakni pada musim 2011/2012, kala itu mereka mampu unggul atas Bayer Leverkusen dengan agregat yang mencolok 2-10.

Demikian pula andai Lionel Messi dan kolega bertemu dengan wakil dari Perancis, Belanda dan Italia. Peluang untuk melaju ke babak selanjutnya sangat besar. Pada musim 2016/2017, PSG yang menjadi wakil Perancis mesti mengakui kehebatan Barcelona karena mereka kalah dengan agregat 5-6. Sementara wakil dari Italia terakhir yang ditemui Barcelona adalah AC Milan, setali tiga uang, hasilnya I Rossoneri pun mampu diatasi.

Dengan demikian, jika melihat wakil-wakil yang bakal dilawan Barcelona pada babak 16 besar nanti, prediksi untuk lolos mengarah kepada Barcelona, siapapun lawan mereka.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman