Prediksi Drawing 16 Besar Liga Champions 2018: Siapa Lawan City?

Oleh: Fitra Firdaus - 17 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Terdapat empat lawan potensial Manchester City dalam prediksi drawing 16 Besar Liga Champions 2018/2019. Mereka adalah Atletico Madrid, Schalke 04, Ajax Amsterdam, dan AS Roma.
tirto.id - Drawing babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 akan digelar pada hari ini Senin (17/12/2018) pukul 18.00 WIB di Nyon, Swiss. Berbeda dengan para juara grup lainnya, Manchester City hanya memiliki 4 kemungkinan lawan di babak tersebut, yaitu antara Atletico Madrid, Schalke, Ajax, atau AS Roma.

Manchester City menutup babak penyisihan Liga Champions musim ini dengan status juara Grup F. Meskipun sempat kalah di laga perdana, di kandang sendiri pula, oleh Olympique Lyon dengan skor 1-2, setelah itu pasukan Pep Guardiola bangkit dengan empat kemenangan dan hanya satu seri.

Namun, keberhasilan Manchester City keluar sebagai juara grup membatasi potensi lawan mereka di babak 16 besar. Pasalnya, City sudah tidak mungkin bertemu dengan Lyon, yang sama-sama berasal dari Grup F.

Selain itu, dalam aturan UEFA, untuk babak 16 besar, tim yang berasal dari liga lokal yang sama, tidak dapat bertemu. Padahal, Tottenham (Grup B), Liverpool (Grup C), dan Manchester United (Grup H) sama-sama mengakhiri babak penyisihan sebagai runner-up.

Opsi Manchester City terbatas hanya ada empat klub saja: Atletico Madrid sang juara Liga Eropa musim lalu, Schalke sang wakil Liga Jerman, Ajax Amsterdam yang pernah memenangi Liga Champions tiga kali beruntun, dan AS Roma tim asal Italia.

Siapapun lawan Manchester City, Pep Guardiola bakal sangat waspada. Ini adalah musim ketiganya bersama The Citizens. Dalam dua musim awal, ia gagal untuk sekadar menembus babak semifinal. Pep memilih berkata, kompetisi Liga Champions memang kumpulan tim-tim terbaik.

"Para manajer tim demikian hebat dan tim-tim terbaik Eropa ada di sini. Beberapa tim besar sudah tersingkir, Inter Milan luar biasa tetapi mereka kini di Liga Eropa. Sehari saja Anda tertidur, Anda akan ke Liga Eropa. Jadi saya bangga bisa di 16 besar," kata Pep dikutip BBC pada Rabu (12/12).



Manchester City vs Atletico Madrid
Andai terjadi duel City vs Atletico, maka ini adalah pertemuan dua tim dengan mahzab berbeda. The Citizens mengandalkan sepak bola menyerang, sementara Atleti dikenal dengan pertahanan baja mereka.

Berdasarkan statistik Whoscored, City adalah tim di urutan keempat dalam penguasaan bola terbanyak di penyisihan grup dengan rerata 58,8 persen. Sebaliknya, Atletico cuma ada di urutan ke-14. City mampu mencetak 16 gol, hanya kalah dari PSG. Sementara ATM terbobol 6 kali.

Manchester City vs Ajax Amsterdam
City dan Ajax sama-sama berkarakter menyerang. Meski hanya menjadi runner-up grup di bawah Bayern Munchen, penguasaan bola Ajax adalah yang terbaik ketujuh di penyisihan grup dengan rerata 55,3 persen. Mereka juga mampu mencetak 11 gol.

Manchester City vs Schalke 04
Schalke berada di Grup D yang relatif "ringan" karena hanya ada Porto yang lebih kuat daripada mereka di sana. Dari segi penguasaan bola, The Royal Blues hanya memiliki rerata 46,9 persen. Mereka juga "hanya" mencetak 6 gol, tidak ada setengah dari gol milik City.

Manchester City vs AS Roma
Musim lalu, Roma berhasil menembus semifinal Liga Champions dengan menyingkirkan favorit juara, Barcelona. Musim ini mereka memiliki potensi yang serupa. Giallorossi adalah tim ketujuh terbaik dalam urusan tembakan ke gawang lawan, rerata 16,8 kali setiap laga. City memang lebih baik dengan 18,5 kali. Namun, dalam dua musim di era Pep Guardiola, The Citizens selalu kalah dalam laga tandang di babak 16 besar, dengan lawan seperti Monaco dan Basel.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight