Bursa Transfer Pemain

Bursa Transfer: Barcelona & Juventus Barter Arthur Melo-Pjanic?

Oleh: Fitra Firdaus - 26 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Isu pertukaran Arthur Melo ke Juventus dan Miralem Pjanic ke Barcelona mengemuka di bursa transfer. Arthur digadang-gadang sebagai Xavi baru.
tirto.id - Arthur Melo diklaim menerima tawaran untuk hengkang ke Juventus di bursa transfer. Sebagai ganti gelandang asal Brasil itu, Barcelona akan mendapatkan pemain tengah Juve, Miralem Pjanic. Jika transfer terjadi, Barca akan kehilangan sosok yang disebut Lionel Messi mirip Xavi.

Beberapa jam sebelum pertandingan Barcelona kontra Athletic Bilbao pada Rabu (24/6/2020), muncul laporan dari media-media Italia bahwa Juventus sepakat membayar 80 juta euro kepada Barcelona untuk Arthur Melo.

Sang pemain berusia 23 tahun masuk starting XI Barca dalam laga kontra Athletic. Tampil selama 56 menit, ia mendapatkan nilai 6,46 oleh Whoscored. Arthur digantikan Riqui Puig, sosok yang mengubah irama pertandingan sehingga akhirnya Barcelona menang 1-0 atas Athletic.

Usai pertandingan, pelatih Barca, Quique Setien menyebutkan, "Jika memang [kesepakatan dengan Juventus sudah diraih], hal itu bisa mempengaruhinya. Tapi saya bahagia dengan kinerjanya, dia pemain penting."

"Kami akan berbicara kepadanya untuk tetap fokus. Saya paham situasi ini rumit, tapi kami harus mengendalikan keadaan," tambah sang juru taktik.



Ini adalah musim kedua Arthur di Barcelona. Musim lalu, ia tampil 44 kali untuk klub Catalunya di semua kompetisi. Musim ini, ia sudah 27 kali ia berseragam Barca, mencetak 4 gol. Arthur jadi harapan tersendiri, terutama sejak Barcelona kehilangan dua gelandang legendaris mereka, Xavi dan Andres Iniesta.

Lionel Messi, kapten Barcelona, pernah menyebutkan, Arthur adalah sosok yang tepat untuk menjadi pewaris Xavi. Katanya dikutip Marca, "Dia [Arthur] sangat mirip dengan Xavi. Dia suka menguasai bola, bermain umpan pendek, dan tidak kehilangan bola. Arthur punya gaya yang cocok dengan kami di Barcelona."

Di lini tengah Barcelona, Arthur bukanlah sosok "tidak tergantikan" seperti Sergio Busquets dan Frenkie De Jong. Pemain yang pernah berseragam Gremio ini mesti berbagi tempat dengan Ivan Rakitic. Selain itu masih ada pemain energik Arturo Vidal, dan jebolan akademi Riqui Puig yang perannya musim depan akan semakin besar.

Di sisi lain, sebagai ganti Arthur, Barcelona bakal mendapatkan Miralem Pjanic, gelandang yang dari segi usia (30 tahun) jauh di atas Arthur. Namun, jika bicara statistik musim ini, Pjanic mendapatkan nilai 7,02 oleh Whoscored, lebih baik dari Arthur (6,90).

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri, enggan berkomentar jauh soal isu Pjanic pindah ke Barcelona. Menurutnya, secara teknis, sang pemain asal Bosnia Herzegovina tidak ada masalah di Juve. Ini menyiratkan, jika terjadi kesepakatan, hal tersebut didasarkan pada faktor uang.

"Saya tidak tahu situasinya, tapi kami mengandalkan dia [Pjanic] sepenuhnya sekarang. Kemampuan teknisnya tidak perlu dipertanyakan. Saya tidak tahu apakah dia akan dijual, tetapi saya belum mendengar apa pun dari klub. [Sementara itu] Arthur adalah pemain Barcelona, membahasnya bukan hal yang tepat," kata Sarri dalam konferensi pers jelang laga Juve kontra Lecce dikutip Football Italia.



Fabrizio Romano (Sky Sports) mengklaim saat ini Arthur Melo sudah menerima tawaran yang disodorkan Juventus. Sebagai ganti, Juve akan memberikan Miralem Pjanic dan tambahan 10 juta euro ke Barcelona.

Sementara itu, The Guardian menyebut, Arthur akan terikat kontrak dengan Juventus hingga 2025. Sebaliknya, Pjanic akan berada di Camp Nou untuk kontrak bersama Barcelona sampai 2024. Kesepakatan kedua klub tidak akan diumumkan sampai Liga Champions musim ini berakhir, yang berarti hingga Agustus 2020.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight