Liga Inggris

Daftar Juara Liga Inggris Usai Liverpool Menang Premier League 2020

Oleh: Fitra Firdaus - 26 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Liverpool masuk dalam daftar klub juara Liga Inggris era Premier League. Peraih trofi terbanyak era ini masih Manchester United (13 kali).
tirto.id - Liverpool mengakhiri puasa gelar juara Liga Inggris setelah penantian panjang selama 30 tahun. Ini juga sekaligus jadi trofi Premier League pertama The Reds. Total hanya ada 7 juara Liga Inggris era Premier League, yang terbanyak adalah Manchester United dengan 13 trofi.

Liverpool menjadi juara Liga Inggris 2019/2020 dengan cara spektakuler. Sejauh ini dari 31 pertandingan, The Reds tercatat menang 28 kali, seri 2 kali, dan hanya kalah sekali. Persentase kemenangan pasukan Jurgen Klopp mencapai 90,32 persen.

Anfield menjadi kunci penting gelar juara Premier League untuk Liverpool. Dalam 16 pertandingan kandang sejauh ini, The Reds menyapu bersih 16 kemenangan. Hal ini membuat Liverpool melanjutkan catatan menang beruntun yang sudah diukir sejak musim lalu: jadi 23 kali tanpa henti.

Dominasi Liverpool musim ini di Premier League jadi penebusan kegagalan mereka dalam menjadi juara dalam 3 dasawarsa. Terutama musim lalu, ketika mereka mampu meraih 97 poin, tetapi masih kalah satu angka saja dari Manchester City. 97 poin sendiri adalah angka tertinggi yang diraih sebuah klub runner-up Premier League.



Liverpool pernah menjadi tim paling banyak meraih gelar Liga Inggris sebelum era Premier League. Ketika jadi kampiun First Division 1989/1990, total The Reds sudah memiliki 18 gelar. Namun, dalam rentang 30 tahun, kubu Anfield mesti menyaksikan Manchester United menyalip rekor mereka tersebut.

United adalah tim terkuat Inggris di era Premier League sejauh ini. Mereka mampu meraih 13 gelar dalam rentang 28 tahun, sejak 1992/1993 hingga 2012/2013. Di sisi lain, sudah 7 musim beruntun Iblis Merah tak merasakan nikmatnya gelar juara liga.

Total, Manchester United sudah 20 kali juara Liga Inggris di semua era, sedangkan Liverpool, dengan tambahan juara musim ini sudah 19 kali.

Di bawah United, ada Chelsea yang meraih 5 gelar. Seluruh trofi Premier League The Blues didapatkan setelah Roman Abramovich masuk jadi pemilik klub, terhitung mulia 2004/2005 hingga 2016/2017.

Manchester City memiliki 4 trofi Premier League, atau yang terbanyak dalam satu dekade terakhir. Seperti Chelsea, gelar kompetisi City terwujud setelah uang segar datang ke kubu mereka. The Citizens dimiliki oleh City Footbal Group.

Sebelum Liverpool juara musim ini, Manchester City meraih 2 gelar Premier League beruntun. Termasuk, ketika mereka mampu meraih 100 poin dalam semusim.

Klub berikutnya yang memiliki gelar Premier League adalah Arsenal, dengan 3 gelar. Semuanya didapatkan di era Arsene Wenger. Terakhir Arsenal juara liga adalah pada 2003/2004. Musim tersebut, Meriam London tidak terkalahkan sehingga berjuluk The Invicibles.

Selain Liverpool, ada dua tim lain yang pernah meraih Premier League, yaitu Blackburn Rovers pada 1994/1995 dan Leiester City pada 2015/2016.

Daftar Juara Premier League hingga musim 2019/2020


Klub Jumlah Gelar
Manchester United 13
Chelsea 5
Manchester City 4
Arsenal 3
Blackburn Rovers 1
Leicester City 1
Liverpool 1


Daftar Juara Liga Inggris Sepanjang Masa Sejak 1888


Klub Gelar
Manchester United 20
Liverpool 19
Arsenal 13
Everton 9
Aston Villa 7
Sunderland 6
Manchester City 6
Chelsea 6
Newcastle United 4
Sheffield Wednesday 4
Wolverhampton Wanderers 3
Leeds United 3
Huddersfield Town 3
Blackburn Rovers 3
Preston North End 2
Tottenham Hotspur 2
Derby County 2
Burnley 2
Portsmouth 2
Sheffield United 1
West Bromwich Albion 1
Ipswich Town 1
Nottingham Forest 1
Leicester City 1





Khusus Jurgen Klopp, ia menjadi manajer asal Jerman pertama yang bisa menjadi juara Premier League. Ia tercatat sebagai manajer ke-11 yang mampu meraih trofi Liga Inggris era baru.

Manajer dengan gelar Liga Inggris era Premier League terbanyak adalah Alex Ferguson (Manchester United) dengan 13 gelar, diikuti Arsene Wenger (Arsenal) dan Jose Mourinho (Chelsea) dengan 3 trofi. Berikutnya, ada Pep Guardiola (Manchester City) dengan 2 gelar.

Sementara itu, deretan manajer lain yang pernah meraih 1 gelar selain Klopp adalah Kenny Dalglish (Blackburn Rovers), Carlo Ancelotti (Chelsea), Roberto Mancini (Manchester City), Manuel Pellegrini (Manchester City), Claudio Ranieri (Leicester City), dan Antonio Conte (Chelsea).

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight