Bocoran Spesifikasi iPhone 14, Prediksi Harga, dan Waktu Rilisnya

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 27 Mei 2022 11:37 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Menurut rumor yang beredar, iPhone 14 kemungkinan meluncur September 2022 dengan membawa empat varian.
tirto.id - Rumor terkait desain dan model iPhone 14 baru-baru ini beredar di media sosial dan menjadi topik yang ramai diperbincangkan.

Mengutip TechRadar, belum ada rumor terkait tanggal rilisnya, namun, melihat kebiasaan Apple sebelumnya, kemungkinan peluncuran iPhone 14 akan dilakukan pada 13 September.

Apple cenderung mengumumkan model produk terbarunya, sekitar waktu yang sama setiap tahun.

iPhone 13 diluncurkan pada 14 September 2021, dan bisa diperoleh pada 24 September. Apple cenderung mengungkap model baru pada hari Selasa pertama atau kedua di September, yang berarti 6 September atau 13 September.

Apple belum memberikan sanggahan atau tanggapan terkait bocoran desain dan spesifikasi iPhone 14 beberapa waktu lalu.

Selain itu, Apple juga tidak memberikan tanggapannya soal kebiasaan meluncurkan produk di bulan September, hari Selasa.

Pada peluncuran sebelumnya, Apple mengadakan sebagian besar acaranya lewat markas Apple Park di Cupertino, Amerika Serikat.

Semua dilakukan secara daring karena kondisi pandemi COVID-19. Sementara itu, untuk iPhone 14 belum ada bocoran apakah dirilis lewat online atau langsung tatap muka.

Apple kemungkinan merilis empat produk iPhone barunya. Perangkat tersebut terdiri dari iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Hanya saja, informasi yang beredar menyebutkan, iPhone 14 dan iPhone 14 Max masih identik dengan iPhone 13 yang sudah ada di pasaran. Lalu, perubahan yang nyata baru tampak pada iPhone Pro dan iPhone Pro Max.

Soal spesifikasi, situs CNET menuliskan, akan terdapat kamera depan baru yang lebih baik pada iPhone 14.

Kamera belakangnya didesain tanpa tonjolan dan potongan tiap lensanya menyerupai bentuk pil. Selain itu, iPhone 14 kemungkinan juga memiliki fitur Touch ID yang disematkan pada bawah layar.

Bodi dari ponsel ini dipadukan dengan titanium yang membuatnya tampak berkelas dan lebih tahan lama. Lalu, ada perombakan yang signifikan pada keempat ponsel yang diluncurkan. Apple ada kemungkinan segera mengakhiri versi Mini.

Dari sisi ukuran layar, iPhone 14 dan iPhone 14 Pro diprediksi memiliki lebar 6,1 inci. Layar untuk iPhone 14 Max dan iPhone 14 Pro Max mungkin memakai 6,7 inci. Mengutip MacRumors, bodinya tidak memiliki lekukan dan mengadopsi gaya hole punch.

Dapur pacunya kemungkinan didukung oleh chip A15/16. Chip ini mendukung kecepatan pemrosesan yang lebih baik.

Kebutuhan akses data akan ditunjang oleh modem Qualcomm X65 yang merupakan modem 5G 10-gigabit pertama dengan konektivitas jauh lebih cepat.

Harga untuk Apple iPhone 14 akan berada di rentang 800-900 dolar AS (Rp11,7 juta - Rp13,1 juta). Belum ada kabar negara mana saja yang bisa mendapatkan ponsel ini pada peluncuran awal.


Baca juga artikel terkait IPHONE 14 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight