Biaya Langganan Spotify Premium Naik di Sejumlah Negara

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 28 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Biaya baru langganan Spotify Premium berlaku mulai tanggal 30 April 2021 mendatang.
tirto.id - Spotify baru saja memberlakukan kenaikan biaya berlangganan layanan mereka. Harga baru ini berlaku di sejumlah negara.

Biaya baru yang dimaksud berlaku mulai tanggal 30 April 2021 mendatang. Adalah wilayah Amerika, Inggris, dan Eropa yang terkena kenaikan.

Dikutip dari The Verge, paket langganan yang terdampak ialah paket Student, Duo, dan Family di wilayah Eropa dan Inggris, dan untuk di Amerika adalah paket langganan Family saja.

Jika di Amerika biaya paket Family adalah 14,99 dolar AS per bulan, dengan kenaikan yang terjadi nantinya biayanya menjadi 15,99 dolar AS. Kemudian di Inggris, Spotify Student naik dari biaya awal 4,99 paun menjadi 5,99 paun per bulannya.

Lantas untuk biaya paket Duo menjadi 13,99 paun per bulan dari yang semula 12,99 paun. Biaya langganan untuk paket Family juga turut naik dari semula 14,99 paun menjadi 16,99 paun per bulan.

Sejumlah negara di Eropa juga akan mengalami kenaikan. Baik paket Student dan Duo akan naik masing-masing 1 Euro per bulannya. Dilaporkan, kenaikan harga ini berlaku pula di beberapa negara di Asia dan Amerika Selatan.

Meski biaya baru berlaku pada 30 April, tetapi Spotify memberikan kelonggaran 1 bulan sebelum biaya naik secara otomatis. Oleh karena itu, pelanggan akan merasakan kenaikan pada penagihan bulan Juni.

Dilaporkan BusinessInsider, saham Spotify mengalami kenaikan sejak pengumuman kenaikan biaya tersebut keluar. Perusahaan layanan streaming musik ini kini bernilai 53 miliar dolar AS.

"Kami menawarkan berbagai paket langganan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, dan ada kalanya kami memutakhirkan biaya untuk merefleksikan faktor makro ekonomi lokal dan memenuhi kebutuhan pasar dan di saat bersamaan menawarkan layanan yang terbaik," ujar juru bicara Spotify. Belum diketahui apakah Indonesia nantinya juga akan dikenakan kenaikan harga.

Adapun untuk tetap memanjakan pelanggan, Spotify terus meningkatkan layanan mereka. Di bulan Ramadhan ini, misalnya, Spotify menghadirkan sebuah wadah khusus (hub) yang dilengkapi dengan beragam musik dan siniar (podcast) bagi pendengar Indonesia untuk menemani saat-saat ngabuburit, sebagaimana diumumkan dalam konferensi pers virtual.

Mulai 12 April, pendengar di Indonesia dapat menelusuri kata kunci "Ramadan" di Spotify untuk menemukan Hub Ramadhan yang menghadirkan sejumlah playlist musik dan podcast eksklusif yang dikurasi untuk menyuarakan suasana hati dan momen refleksi diri mereka selama bulan suci.

Pendengar dapat menikmati koleksi konten audio lokal dan internasional Spotify yang terlengkap, mulai dari konten religius untuk siraman rohani, hingga sajian hiburan yang ringan dan menyenangkan.


Baca juga artikel terkait SPOTIFY atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Ibnu Azis
DarkLight