Bali United Dilatih Emral Albus di Liga Champions Asia 2020

Oleh: Beni Jo - 13 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Bali United didampingi Emral Abus sebagai pelatih kepala ketika berlaga di Liga Champions Asia 2020.
tirto.id - Bali United akan ditangani oleh Emral Abus sebagai pelatih kepala selama tim ini berkompetisi di Liga Champions Asia 2020. Menurut CEO Bali United, Yabes Tanuri, Emral menggantikan posisi Stefano Cugurra yang mengalami masalah administrasi.

Jabatan Emral Abus sebagai pelatih hanya berlaku saat Bali United berlaga di Liga Champions Asia 2020. Artinya, tidak ada pergantian arsitek utama saat mereka tampil di kompetisi Liga Indonesia.

Penunjukan Emral diputuskan karena Pelatih utama Bali United, Stefano Teco Cugurra sedang mengalami masalah terkait lisensi kepelatihan. Tanuri mengatakan masalah lisensi kepelatihan tersebut membuat Teco tidak dapat didaftarkan sebagai pelatih kepala Bali United di Liga Champions Asia 2020.

Berkaitan dengan strategi Bali United di lapangan, kendali utama tetap ada di tangan Teco. Artinya, secara teknis, Serdadu Tridatu masih dipegang oleh pelatih asal Brasil tersebut meskipun Emral Abus berstatus sebagai arsitek utama tim di Liga Champions Asia 2020.

"Coach Emral Abus sudah bergabung dengan skuad Bali United di Singapura pada hari Minggu kemarin. Walaupun begitu, secara teknis tim tetap sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Coach Teco," kata Tanuri sebagaimana dilansir laman resmi klub, pada Senin (13/1/2020).

"Kami rasa juga secara teknis permainan tidak akan mengganggu persiapan yang sudah dilakukan Coach Teco selama ini," tambah Tanuri.

Sebagai juara Liga 1 2019, Fadil Sausu dkk harus mengawali kiprah di Liga Champions Asia 2020 mulai dari babak kualifikasi. Serdau Tridatu wajib memenangkan tiga laga jika ingin masuk fase grup Liga Champions.

Bali United akan tampil perdana di babak kualifikasi Liga Champions Asia 2020 dengan melawan Tampines Rovers. Laga Bali United menghadapi klub asal Singapura ini bakal digelar pada hari Selasa (14/1/2020) di Stadion Jalan Besar, pukul 18.30 WIB.

Setelah itu, Bali United akan meladeni Melbourne Victory pada Selasa (21/1/2020). Apabila sukses kembali meraih kemenangan dalam laga melawan klub asal Australia itu, Serdadu Tridatu akan bertemu wakil Jepang, Kashima Antlers, pada Selasa (28/1/2020).

Apabila bisa melewati Kashima, Serdadu Tridatu berhak turun di babak utama Liga Champions Asia 2020. Namun, jika gagal di tengah jalan, Bali United masih bisa tampil di kompetisi tingkat Asia lainnya, yakni Piala AFC 2020.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS ASIA 2020 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Addi M Idhom
DarkLight