Avengers Endgame Kalahkan Rekor Avatar, James Cameron: Selamat

Oleh: Adrian Samudro - 23 Juli 2019
Dibaca Normal 2 menit
Rekor film Avatar dan Titanic besutan James Cameron dikalahkan Avengers: Endgame.
tirto.id - James Cameron, sutradara Avatar dan Titanic memberikan ucapan selamat kepada Marvel atas filmnya, Avengers: Endgame, yang telah melampaui rekor pendapatan filmnya.

“Selamat kepada Avengers: Endgame yang telah menjadi raja box-office baru,” tulis Cameron dalam unggahan di Twitter.

Dilansir dari Variety, film besutan Disney dan Marvel ini telah berhasil mencetak rekor pendapatan sebesar 2,7902 miliar dolar AS pada penutupan akhir pekan kemarin.

Capaian itu melampaui 500 ribu dolar AS dari pendapatan film Avatar sebesar 2,7897 miliar dolar AS yang menjadi film terlaris di dunia.

Sebelum mengalahkan rekor Avatar, James Cameron juga telah memberikan selamat kepada Avengers: Endgame yang telah melampaui pendapatan dari Titanic sebagai film terlaris kedua sepanjang masa.

Titanic, pertama kali dirilis pada 19 Desember 1997 di Amerika. Film ini diangkat berdasarkan cerita dari seorang wanita berusia 100 tahun yang bernama Rose DeWitt Bukater, mengenai perjalanannya dengan kapal Titanic yang pertama kali berlayar pada 10 April 1912.

Alur cerita perjalanan Rose menjadi latar dalam kisah cintanya bersama dengan Jake Dawson, seseorang yang bukan siapa – siapa tetapi dapat memikat hati Rose DeWitt Bukater.

Namun sayang, cinta mereka harus terpisahkan oleh maut karena Jake mati kedinginan dan tenggelam usai kapal Titanic yang mereka tumpangi karam pada pukul 2.20 dini hari, 15 April 1912, akibat menabrak gunung es.

Meski memiliki kisah romansa yang tragis, tetapi film Titanic berhasil menjadi salah satu pencapaian terbesar bagi James Cameron. Film ini telah meraih sejumlah penghargaan dalam ajang bergengsi, Oscar.

Di Oscar, Titanic termasuk kategori Best Picture, Best Director, Best Editing, Best Cinematography, Best Visual Effects, Best Sound, Best Sound Editing, Best Dramatic Score, Best Original Song, Best Costume Design, dan Best Art Direction, demikian dilansir dari Box Office Mojo.

Selain itu, film Titanic juga telah mengantongi pendapatan sebesar 2,187 miliar dolar AS di seluruh dunia dan menjadikannya sebagai raja box office selama lebih dari satu dekade. Hingga akhirnya film ini harus merelakan kejayaannya usai disalip oleh film James Cameron lainnya yakni Avatar.

Pada awal kemunculannya, film Avatar telah meraih rekor pendapatan terlaris untuk sebuah film yang bukan sekuel, remake ataupun adaptasi pada pekan pertama dirilisnya tahun 2009.

Pencapaiannya kian melonjak hanya dalam 41 hari penayangannya, Avatar berhasil menyalip rekor Titanic sebagai film terlaris sepanjang masa di seluruh dunia dengan total pendapatan sebesar 2,789 miliar dolar AS.

Avatar juga meraih sejumlah prestasi dari ajang penghargaan Oscar untuk kategori Best Cinematography, Best Art Direction, dan Best Visual Effect.

Selama lebih dari 20 tahun, James Cameron berhasil mempertahankan predikat raja box office untuk kedua filmnya tersebut. Bahkan beberapa film pun belum mampu untuk taklukan kejayaannya, termasuk film Star Wars: The Force Awakens, sebagaimana ditulis Screen Rant.

Star Wars: The Force Awakens harus puas dengan keuntungan sebesar 2,068 miliar dolar AS dan berada dibawah kedua film Cameron tersebut.


Begitu pula dengan film besutan Disney dan Marvel, Avengers: Infinity War, yang hanya mampu bertengger di bawah ketiga film tersebut dengan mengantongi keuntungan sebesar 2,048 miliar dolar AS.

Hingga pada akhirnya, rekor yang telah dipegang selama lebih dari dua dekade tersebut dipatahkan oleh film Avengers: Endgame yang mengukuhkan pendapatan sebesar 2,790 miliar dolar AS pada penutupan pekan kemarin.

Berkat pencapaian ini, film arahan Russo Brothers tersebut telah berhasl menggeser predikat yang dipegang oleh James Cameron selama lebih dari 20 tahun atas dua karyanya, Avatar dan Titanic.

Melalui Twitternya, duo sutradara Russo Brothers dengan cepat menanggapi dan berterima kasih kepada James Cameron yang telah menjadi sumber inspirasi mereka dalam membuat film.

“Untuk @JimCameron- Anda adalah alasan monumental mengapa kami jatuh cinta pada film. Terima kasih karena selalu menginspirasi kami dan membuka mata dunia untuk yakin. Kami tidak sabar untuk melihat arah selanjutnya yang akan Anda berikan...” kata Russo bersaudara.

Sekuel film Avatar sendiri baru akan tayang pada 17 Desember 2021. Film ini digadang- gadang akan menjadi pesaing terbesar untuk mengalahkan rekor Avengers: Endgame.

Baca juga artikel terkait FILM BOX OFFICE atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Film)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yantina Debora
DarkLight