Film Demon Slayer Rajai Box Office AS, Unggul dari Mortal Kombat

Oleh: Dede Mudopar - 3 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Film Demon Slayer memuncaki box office AS dan lebih unggul dari Mortal Kombat.
tirto.id - Film Demon Slayer: Mugen Train berhasil merajai puncak Box Office Hollywood pekan lalu (2/5/2021). Di pekan keduanya itu, film arahan sutradara Haruo Sotozaki berhasil meraup penghasilan domestik Amerika Serikat sebesar 6,4 juta dolar AS.

Penghasil tersebut didapatkan dari pemutarannya di 1.925 bioskop di Amerika Serikat. Secara keseluruhan, film anime Jepang ini telah mengumpulkan penghasilan 34,1 juta dolar AS untuk pemutaran domestik dan 428 juta dolar AS dari pemutarannya secara global.

Sebagaimana dilansir dari Variety, Demon Slayer: Mugen Train berhasil unggul tipis atas film Mortal Kombat di posisi kedua yang mengumpulkan penghasilan sebesar 6,2 dolar AS di pekan tersebut. Kedua film yang memulai debutnya pada akhir pekan lalu itu turun sekitar 70 persen dari awal mereka rilis.

Mortal Kombat yang merupakan film adaptasi yang terinspirasi dari seni bela diri dari video game populer, telah meraup 34 juta dolar AS dalam dua minggu di bioskop domestik Amerika Serikat.

Penghasilan tersebut cukup penting mengingat pihak Warner Bros merilis film tersebut secara bersamaan di HBO Max. Sedangkan secara global, film yang disutradarai oleh Simon McQuoid ini telah mengumpulkan penghasilan sebesar 66 juta dolar AS.

Dalam waktu normal, angka tersebut akan mengecewakan tetapi selama pandemi penghasilan tersebut bukan hasil yang buruk.

“Seharusnya tidak mengherankan bahwa ketika pasar teater menemukan pijakannya, box office akan bergerak secara alami," ujar Paul Dergarabedian, seorang analis box office senior di Comscore, dikutip dari Variety. Dia juga mencatat bahwa 57 persen bioskop di wilayah Amerika Utara saat ini sedang beroperasi.

Di luar Amerika Serikat, film Demon Slayer telah mencetak beberapa rekor box office. Misalnya di Jepang, film menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi yang pernah ada dengan penjualan tiket melebihi 368 juta dolar AS dan menjadi film animasi terlaris.

Sementara itu, posisi ketiga di box office Hollywood ditempati oleh Godzilla vs Kong. Filn produksi Warner Bros dan Legendary itu mengumpulkan 2,7 juta dolar AS dari pemutarannya di 2.753 bioskop.

Adapun total penghasilan domestik yang dikumpulkan oleh film monster itu menjadi 90 juta dolar AS dan penghasilan secara global mencapai 415 juta dolar AS.

Sementara itu, pada pekan pertamanya film horor Separation berhasil berada di posisi keempat dengan penghasilan sebesar 1,8 juta dolar AS. Film yang disutradarai oleh William Brent Bell itu dirilis pada tanggal 30 April 2021.

Film Raya and the Last Dragon menempati posisi kelima dengan penghasilan domestik pekan lalu sebesar 1,3 juta dolar AS. Film yang dirilis sejak 5 Maret 2021 itu secara total telah meraup 41 dolar AS di bioskop domestik dan 100 juta dolar AS dari pemutarannya secara global.


Baca juga artikel terkait DEMON SLAYER atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight