Anies Imbau Warga Jakarta Rayakan Lebaran Tetap Terapkan PSBB

Oleh: Riyan Setiawan - 24 Mei 2020
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau kepada seluruh warga yang merayakan Lebaran untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama masa pandemi COVID-19.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau kepada seluruh warga yang merayakan lebaran untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama masa pandemi COVID-19 atau virus corona.

Tujuannya, kata dia, agar aktivitas di DKI Jakarta dapat kembali normal seperti sedia kala. Sebab jika tidak menerapkan PSBB dan protokol kesehatan, DKI Jakarta akan sulit untuk memasuki ke era "new normal."

"Kita Lebaran jarak jauh, mudah-mudahan kita semua Lebaran menerapkan PSBB, agar kita semua segera kembali ke normal baru. Kalau kita tidak disiplin, susah nanti kita kembalinya," kata Anies melalui siaran langsung instagramnya @aniesbaswedan yang disiarkan langsung dari kediamannya, Jakarta, Minggu (24/5/2020).


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu pun mencontohkan penerapan PSBB saat Lebaran yang dilakukan oleh keluarga besarnya.

Melalui videonya itu, Anies menampakkan keluarganya yang tengah melakukan silaturahmi melalui salah satu aplikasi daring.

"Keluarga kami biasanya kalau lebaran kumpul semua di rumah. Karena pandemi, akhirnya lebaran lewat Zoom," ucapnya.

Selain itu, Anies juga mengaku keluarganya pada pagi tadi melakukan salat Idulfitri di rumahnya.

"Jadi kamu tadi salat Id di rumah, terus cuma sekeluarga saja, sesudah salat Id kita makan lebaran selalu unik, kami biasanya makan lontong," tuturnya

"Salam buat semuanya, sekali lagi minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin," lanjutnya.


Baca juga artikel terkait IDULFITRI 2020 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Maya Saputri
DarkLight