AC Milan Tersingkir, Tim Liga Italia "Melempem" di Kompetisi Eropa

Oleh: Fitra Firdaus - 14 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
AC Milan tersingkir dari Liga Eropa sehingga tinggal tersisa 5 wakil Liga Italia di kompetisi Eropa musim ini.
tirto.id - AC Milan resmi tersingkir dari kompetisi Eropa musim ini. Dengan demikian, Liga Italia tinggal memiliki lima wakil tersisa. Selain Juventus dan AS Roma di 16 besar Liga Champions, ada Lazi0, Napoli, dan Inter yang masuk ke 32 besar Liga Eropa. Semua terlihat dalam masalah.

Pekan ini, entah di Liga Champions atau di Liga Eropa, tidak ada satupun wakil Serie A yang mencatatkan kemenangan. Juve, Roma, Lazio, Napoli, dan Milan kalah. Hanya Inter yang seri, itu juga melawan PSV di kandang sendiri pada Rabu (12/12).

Juventus, juara Liga Italia dalam tujuh musim terakhir, musim ini sudah dua kali kalah dalam 6 laga di penyisihan grup Liga Champions. Pasukan Massimiliano Allegri ditaklukkan Manchester United 1-2 di Stadion Allianz, lalu pada Kamis (13/12) dirobohkan Young Boys, tim Swiss yang merupakan juru kunci di grup mereka.

Keberadaan Cristiano Ronaldo di skuat Juventus membuat tim tersebut mampu mencatatkan 14 kemenangan dan 1 seri di Liga Italia. Ronaldo sendiri mencetak 10 gol di klub barunya, hanya kalah dari Krzysztof Piatek (Genoa) urusan top skor Liga Italia.

Namun, ketika berbicara di Eropa, Ronaldo hanya mencetak 1 gol dan 2 assist. Berdasarkan catatan Whoscored, mantan pemain Real Madrid itu meraih 7,03 poin. Ia masih di bawah Paulo Dybala (7,65), Giorgio Chiellini (7,33) hingga Juan Cuadrado (7,04).

Ketika Juventus yang mendominasi Liga Italia saja bermasalah, tim-tim elite lainnya juga terlihat kurang garang di Eropa. Napoli, peringkat kedua di klasemen sementara, gagal lolos dari Grup C Liga Champions. Mereka kalah bersaing dari PSG dan Liverpool.

Inter Milan yang ada di urutan ketiga Serie A, juga tersingkir seperti Napoli. Nerazzurri yang meraih dua kemenangan di dua laga awal Liga Champions, kini harus bertarung di 32 besar Liga Eropa. Mereka finis di belakang Tottenham karena faktor agresivitas gol tandang.

Lazio keluar sebagai peringkat kedua Grup H Liga Eropa. Rival sekota mereka, AS Roma, kurang konsisten di Serie A dengan berada di urutan 8. Namun, setidaknya di Liga Champions, Giallorossi bisa finis di urutan kedua Grup G, di bawah Real Madrid sang juara bertahan. Cuma, agregat 5-0 dari Madrid juga bisa jadi pertanyaan.

Wakil Liga Italia "terburuk" saat ini adalah AC Milan, yang tidak bisa sekadar menembus 32 besar Liga Eropa. Mereka kalah selisih gol dari Olympiakos, tim yang menumbangkan Rossoneri di partai terakhir dengan skor 3-1 pada Jumat (14/12).

"Tim bertarung dengan sengit, tetapi penyelesaian kami buruk. Ini masalah utama. Kami harus lebih tajam. Kami sangat tidak puas karena selalu berbuat kesalahan yang sama, lagi dan lagi," kata pelatih AC Milan dikutip situs klub pada Jumat (14/12).



Berikut ini prestasi tim-tim Italia sejauh ini di Eropa.

Tim Posisi di Liga Italia Status di Eropa
Juventus 1 16 besar Liga Champions (juara grup)
Napoli 2 32 besar Liga Eropa (peringkat ketiga grup Champions)
Inter 3 32 besar Liga Eropa (peringkat ketiga grup Champions)
AC Milan 4 tersingkir di penyisihan grup Liga Eropa
Lazio 5 32 besar Liga Eropa (runner-up grup)
Atalanta 7 tersingkir di play-off Liga Eropa
AS Roma 8 16 besar Liga Champions (runner-up grup)

*hingga pekan ke-15

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus