Drawing 16 Besar UCL 2019: Peluang Duel Real Madrid vs Liverpool

Oleh: Fitra Firdaus - 13 Desember 2018
Dibaca Normal 2 menit
Drawing 16 besar Liga Champions 2018/2019 yang akan digelar pada Senin (17/12/2018) memungkinkan terjadinya duel Real Madrid vs Liverpool, Barcelona vs AS Roma, atau Bayern Munchen vs Atletico Madrid.
tirto.id - Duel finalis Liga Champions musim lalu, Real Madrid kontra Liverpool, dapat saja terjadi di babak 16 besar musim ini. Pasalnya, Los Blancos keluar sebagai juara Grup G, sedangkan The Reds adalah runner-up Grup C. Drawing babak 16 besar sendiri akan digelar pada Senin (17/12/2018) pukul 18.00 WIB di Nyon.

Babak penyisihan grup Liga Champions 2018/2019 sudah usai pada Kamis (13/12). 16 tim terbaik lolos ke fase gugur, dengan korban seperti Inter Milan, Napoli, Valencia, hingga Benfica yang harus turun ke 32 besar Liga Eropa.

Liga Inggris Terbanyak, Belanda dan Portugal Paling Sedikit
Dari 16 tim yang akan berlaga di fase gugur, Liga Inggris menyetorkan 4 nama, jumlah terbanyak. Namun, hanya Manchester City yang merupakan juara grup. Selebihnya Liverpool, Manchester United, dan Tottenham hanya menjadi peringkat kedua.

Sementara itu, Liga Spanyol memiliki tiga wakil di babak 16 besar. Mereka adalah dua raksasa, Barcelona dan Real Madrid yang keluar sebagai juara grup, dan Atletico Madrid, yang disalip oleh Borussia Dortmund di laga terakhir untuk jadi runner-up Grup A. Satu wakil lain Liga Spanyol, Valencia, kandas sebagai peringkat ketiga Grup H.

Liga Jerman memiliki tiga tim di 16 besar. Mereka adalah Bayern Munchen dan Borussia Dortmund yang merupakan juara grup, juga Schalke yang menjadi tim kedua di Grup D, di bawah Porto.

Liga Italia sudah langsung kehilangan dua wakil: Inter dan Napoli yang masuk ke Liga Eropa. Dua wakil tersisa adalah Juventus dan AS Roma. Dengan demikian, dari 4 liga yang berhak mengirimkan 4 wakil langsung ke penyisihan grup, Serie A adalah yang paling sedikit memiliki tim di 16 besar.

Liga Belanda dan Portugal sama-sama memiliki satu wakil, yaitu Porto dan Ajax. Sementara itu, Liga Perancis mempunyai PSG dan Lyon.




Potensi Duel Tim Elite Lebih Cepat
Undian 16 besar musim ini bakal rumit. Pasalnya, tim seperti Manchester United, Atletico Madrid, Liverpool, dan AS Roma duduk di kursi runner-up. Ini bakal menjadi ancaman untuk tim-tim elite Eropa yang bukan berasal dari liga mereka, dan keluar sebagai juara grup.

Dalam ketentuan UEFA, duel di 16 besar Liga Champions akan terjadi antara juara sebuah grup menghadapi runner-up grup yang berbeda. Selain itu, dua tim yang berasal dari liga lokal yang sama tidak akan dipertemukan.

Sebagai contoh, meski Manchester City adalah juara Grup F sedangkan Liverpool adalah runner-up Grup C, mereka tidak dapat berjumpa di 16 besar karena sama-sama dari Liga Inggris. Dengan demikian, opsi lawan City akan terbatas pada empat tim saja: Atletico Madrid, AS Roma, Ajax, atau Schalke 04.

Di sisi lain, potensi pertemuan tim-tim elite sangat terbuka. Real Madrid bisa bertemu Liverpool, atau Barcelona bisa berjumpa AS Roma yang menyingkirkan mereka di 8 besar musim lalu. PSG menghadapi Manchester United, dan Bayern mungkin saja berjumpa Atletico Madrid.

Terkait potensi Liverpool bertemu dengan Real Madrid di 16 besar, Jurgen Klopp pada Rabu (12/12) dalam konferensi pers ditodong pertanyaan. Mungkinkah The Reds ingin mendapatkan kesempatan bertemu Los Blancos lebih awal, dan membalas kekalahan di final musim lalu?

Tentang hal ini, Klopp menuturkan, "Saya tidak tahu tentang hal itu. Satu yang saya pahami, banyak fans kami bakal suka jika melakukan rematch melawan PSG juga.

"Kami akan menunggu undian. Kami ada di urutan kedua grup, jadi kami mungkin saja berhadapan dengan lawan yang tangguh dan luar biasa."



Berikut ini daftar tim yang lolos ke 16 besar Liga Champions berdasarkan liga mereka.

Liga Inggris: Manchester City, Liverpool, Manchester United, Tottenham
Liga Italia: Juventus, AS Roma
Liga Spanyol: Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid
Liga Perancis: PSG, Lyon
Liga Belanda: Ajax
Liga Jerman: Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Schalke
Liga Portugal: Porto

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus