10 E-commerce Paling Banyak Diberitakan di Harbolnas 2018

Oleh: Ibnu Azis - 20 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Lazada jadi e-commerce yang paling banyak diberitakan oleh media cetak, media online, dan televisi di Harbolnas 2018.
tirto.id - Perhelatan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 telah berakhir pada 12 Desember lalu. Tercatat, ada 10 e-commerce Indonesia yang paling banyak diberitakan oleh media di ajang pesta belanja online terbesar di Tanah Air itu.

Sebagaimana disampaikan oleh Binokular Media Monitoring, produk monitoring pemberitaan media milik PT. Binokular Media Utama dalam rilis resminya, Kamis (20/12/2018), 10 e-commerce tersebut yaitu Lazada, Bukalapak, Shopee, JD ID, Tokopedia, Blibli, Zalora, Elevenia, Bhinneka, dan Sale Stok,

Dalam risetnya, Binokular Media Monitoring memonitoring 200 media cetak, online, serta 10 stasiun televisi nasional dalam kurun waktu 1 Desember sampai dengan 14 Desember 2018 dan menemukan 914 artikel yang memuat keyword "Harbolnas".

Dari 914 artikel tersebut kemudian di-breakdown per keyword berdasarkan nama-nama e-commerce sepuluh besar yang paling banyak di akses oleh publik sebagaimana dipublikasikan oleh lembaga iprice.co.id.

Berdasarkan riset pemberitaan yang telah dilakukan, Lazada jadi e-commerce yang paling banyak diberitakan oleh media cetak, media online, dan televisi dengan total pemberitaan sebanyak 91 berita. Pemberitaan mengenai Lazada didominasi terkait promo "Flash Sale Diskon Harbolnas 99%".


Bukalapak menempati posisi kedua dengan total pemberitaan sebanyak 68 berita. Pemberitaan mengenai Bukalapak paling banyak mengenai hadiah Harbolnas Bukalapak berupa mobil Mini Cooper seharga Rp12 ribu yang berhasil didapatkan oleh seorang pengemudi ojek online.

Untuk posisi ketiga, Shopee dengan total pemberitaan sebanyak 57 berita. Pemberitaan untuk Shopee di Harbolnas 2018 ini didominasi tentang "Birthday Sale Bagi-bagi Gratis CD BLACKPINK Bertandatangan".

Di posisi keempat dihuni oleh JD ID dengan total pemberitaan sebanyak 29 berita. Pemberitaan mengenai JD ID dididominasi oleh pemberitaan promo "JDOR! 12.12".

Tokopedia menempati posisi kelima dengan jumlah pemberitaan sebanyak 18 berita. Meskipun Tokopedia sebagai e-commerce yang paling banyak dikunjungi versi iprice.co.id, namun dalam perhelatan Harbolnas 2018 hanya berada di peringkat kelima.

Hal ini dikarenakan pada Harbolnas 2018 Tokopedia tidak mengikuti perhelatan tersebut dan menggantinya dengan "Kejutan Belanja Untung" yang sudah berlangsung sejak awal Desember sebelum gelaran Harbolnas.

Kendati begitu, riset ini masih menemukan pemberitaan tentang Tokopedia di Harbolnas 2018 terkait berita promo "Diskon Mobil Yaris Hingga 99%".


Berikutnya, Blibli dengan 13 pemberitaan menempati posisi keenam disusul Zalora dengan total 8 pemberitaan di tempat ketujuh. Elevenia yang disebutkan di 3 pemberitaan di posisi kedelapan, sedangkan Bhinneka ada di posisi kesembilan dengan 2 pemberitaan.

Sale Stok menghuni posisi terakhir yang di perhelatan Harbolnas 2018 tidak disebutkan sama sekali dalam pemberitaan mengenai Harbolnas.

Adapun perhelatan Harbolnas 2018 cukup mendapatkan animo dari masyarakat yang ditandai dengan jumlah peserta tahun 2018 mencapai 300 entitas, dibandingkan dengan tahun 2017 hanya 240 entitas.

Selain itu, omzet di Harbolnas 2018 mencapai Rp6,8 triliun lebih tinggi ketimbang tahun 2017 yang hanya sebesar Rp4,7 triliun.

Hal ini membuktikan bahwa Harbolnas 2018 bisa dikatakan sebagai salah satu perhelatan klimaks pesta belanja online di Indonesia setelah 9 September, 10 Oktober, dan 11 November, yang cukup dinantikan oleh masyarakat.


Baca juga artikel terkait HARBOLNAS atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis