tirto.id - Hari belanja dengan diskon besar-besaran Black Friday digelar hari ini, Jumat, 23 November 2018. Agenda ini dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mengincar barang dari brand-brand tertentu, bahkan ada yang rela mendirikan tenda di sekitar toko demi mendapatkan barang incaran dengan harga yang paling murah.
Black Friday sendiriadalah hari belanja dengan diskon besar-besaran yang terkenal di AS. Black Friday diselenggarakan sehari setelah Thanksgiving yaitu pada hari jumat di minggu keempat bulan November.
Black Friday bukan hanya menjadi budaya bagi orang Amerika, namun telah menjadi budaya global yang merambah di berbagai negara termasuk Indonesia.
Portal diskon tanah air CupoNation menganalisa atensi masyarakat Indonesia terhadap Black Friday. PR & Comunications Manager dari CupoNation Olivia Putri melalui rilis pers yang diterima Tirto pada Jumat (23/11/2018) menyatakan terdapat 5 ecommerce yang paling banyak ditelusuri selama Black Friday 2017.
CupoNation menganalisa volume penelusuran kata kunci Black Friday pada minggu digelarnya Black Friday. Dari studi ini ditemukan 5 situs ecommerce yang memiliki volume penelusuran tertinggi pada saat Black Friday.
Situs e-commerce di urutan pertama dengan volume penelusuran tertinggi adalah Lazada dengan persentase 32.25% dari total penelusuran pada 5 situs e-commerce, diiringi oleh Tokopedia 25.93% dan beberapa e-commerce lain yang jika diurutkan adalah:
- Lazada by 32.25%
- Tokopedia by 25.93%
- Shopee by 19.54%
- Bukalapak by 19.54%
- Blibli by 2.75%
Olivia menjelaskan, popularitas pencarian kata kunci Black Friday didapatkan melalui Google Trends yang diambil pada periode 1 Jan 2015 sampai 31 Dec 2017.
"Data dari 5 situs ecommerce yang paling banyak ditelusuri saat Black Friday didapatkan dengan membandingkan 10 situs ecommerce terbaik di Indonesia. Volume penelusuran di urutkan dari ranking tertinggi yang diambil dari Google Trends pada periode 19 November 2017 - 25 November 2017," jelasnya.
Editor: Yulaika Ramadhani