Tokopedia Raih Pendanaan $1,1 Miliar dari SoftBank dan Alibaba

Oleh: Yantina Debora - 12 Desember 2018
SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group suntik 1,1 miliar dolar AS untuk Tokopedia
tirto.id - Tokopedia mengumumkan perolehan putaran pendanaan baru sebesar 1,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp16 triliun dari SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group pada Rabu (12/12/2018).

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tirto, Tokopedia berencana menggunakan dana tersebut untuk mendorong pembangunan teknologi dan infrastruktur yang akan memberdayakan jutaan bisnis lokal untuk tumbuh dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

“Memasuki tahun kesepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem kami menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) dimana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan kami akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline," kata William Tanuwijaya, CEO dan salah satu pendiri Tokopedia.

"Ini akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistem Tokopedia dan mengakselerasi terwujudnya misi besar kami untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.”


Sementara itu Lydia Jett, Senior Investor SoftBank Investment Advisers, dan Anggota Dewan Tokopedia mengatakan di tahun kesepuluh ini, Tokopedia telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia.

“Sejak didirikan, Tokopedia telah membantu jutaan UMKM Indonesia menjual produk secara digital ke seluruh pelosok nusantara,” kata Lydia.

Kenny Ho dari Alibaba Grouo mengungkapkan hal senada soal Tokopedia yang kini sudah menjangkau 93 persen kecamatan di Indonesia ini.

“Kami sangat antusias untuk mempererat hubungan kami dengan Tokopedia demi memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia,” ujar Kenny.

Baca juga artikel terkait TOKOPEDIA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
DarkLight