Turnamen Mobile Legends

Youth Esports Tournament 2021 MLBB: Jadwal, Cara Daftar, Prize Pool

Oleh: Ibnu Azis - 17 Maret 2021
Dibaca Normal 2 menit
Turnamen Mobile Legends terbaru bulan April-Mei 2021 ada Youth Esports Tournament yang berhadiah total Rp200 juta.
tirto.id - Organisasi kepemudaan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jawa Timur akan menghelat turnamen esports bertajuk Youth Esports Tournament 2021 yang berlangsung pada 15 April sampai dengan 30 Mei mendatang sebagai wujud dukungan sekaligus pengembangan bakat anak-anak muda.

Pihak penyelenggara bekerja sama dengan Pengurus Provinsi Esports Indonesia (ESI) Jawa Timur dalam turnamen yang memperebutkan total hadiah Rp200 juta itu.

“Kami ingin menaungi anak-anak muda kreatif ini dengan kegiatan positif. Turnamen ini sangat tepat mewadahi mereka,” ujar Ketua AMPI Jatim, Pranaya Yudha, seperti dikutip dari Antaranews.

Youth Esports Tournament 2021 bisa diikuti oleh peserta dari Sabang sampai Merauke yang penyelenggaraannya dilakukan secara daring sehingga dipastikan turut membantu promosi wisata Jatim di kancah nasional.

Lain itu, Pranaya mengatakan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali berkesempatan memberikan hadiah langsung kepada para pemenang pada babak final.

“Semifinal dan final rencananya hybrid, dan lokasinya di area wisata, yaitu di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Kabupaten Pasuruan,” imbuhnya.


Jadwal dan Sistem Pertandingan

Seperti dikutip dari laman resminya, Youth Esports Tournament 2021 dimulai dari fase Qualification yang terdiri dari 10 ribu tim dan akan dibagi menjadi 32 pool secara acak. Setiap tim akan bertanding dengan sistem gugur untuk mencari 1 pemenang di setiap pool.

Fase Qualification akan diselenggarakan dari tanggal 15 April sampai dengan 8 Mei 2021. Match dihelat setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Lalu, berikutnya adalah Round of 32. Pemenang setiap pool akan bertanding untuk memperebutkan tiket ke 16 besar. Adapun drawing pertandingan akan dilakukan pada tanggal 9 Mei 2021. Pertandingan 32 besar menggunakan sistem gugur dan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2021.

Berikutnya, yakni Round of 16. 16 tim yang lolos akan bertanding untuk memperebutkan tiket 8 besar. Setelah itu babak Grand Final pada 29-30 Mei 2021 yang menggunakan sistem Upper Bracket dan Lower Bracket. Grand Final dihelat di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan.


Syarat Ketentuan dan Hadiah

Youth Esports Tournament 2021 berhadiah total Rp200 juta. Pihak penyelenggara belum merinci distribusi hadiahnya. Sementara untuk syarat dan ketentuan turnamen itu sebagai berikut:

  • Pendaftaran tidak dipungut biaya
  • Peserta adalah Warga Negara indonesia (WNI)
  • Batasan Usia Peserta minimal adalah 15 tahun
  • Peserta yang sudah terdaftar tidak boleh terdaftar di tim lain
  • Peserta harus menggunakan nama asli sesuai dengan yang tertera di identitas diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Kartu Keluarga)
  • Satu tim terdiri dari 5 Orang dan 1 Cadangan
  • Satu Tim hanya bisa mendaftar dan bermain dalam satu slot kualifikasi
  • Pastikan menggunakan Email aktif saat melakukan pendaftaran
  • setiap peserta wajib follow akun instagram @ampibrawijaya
  • Bagi peserta yang lolos 4 besar, wajib untuk hadir secara offline Grand final di Jawa Timur (Tiket dan Akomodasi ditanggung Panitia)
  • Pendaftaran ditutup pada tanggal 10 April 2021 pukul 23.59 WIB
  • Keputusan Panitia Bersifat Mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

Perlu diketahui, Youth Esports Tournament 2021 akan mempertandingkan game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Untuk sistem poin, format pertandingan, dan hal-hal lain terkait belum diumumkan pihak penyelenggara.


Cara Daftar Youth Esports Tournament 2021

Pendaftaran Youth Esports Tournament 2021 tidak dipungut biaya alias gratis. Calon peserta cukup mengisi formulir daring lalu mengisi data-data yang dibutuhkan salah satunya NIK. Selengkapnya sebagai berikut:

  1. Kunjungi laman resmi Youth Esports Tournament 2021 di sini
  2. Di laman utama web itu, klik menu “REGISTER” yang terletak pada pojok kanan atas
  3. Lalu, calon peserta akan dibawa ke laman baru berupa formulir daring
  4. Isi data dan informasi yang dibutuhkan hingga lengkap
  5. Klik “Berikutnya” untuk melanjutkan
  6. Selesaikan pengisian data di formulir daring satu demi satu itu hingga tuntas

Di laman resminya, Youth Esports Tournament 2021 akan diikuti 10 ribu+ tim esports, 50 ribu+ pemain, dan bakal memainkan 3.000+ match MLBB. Perlu dicatat, 1 NIK hanya berlaku bagi 1 pendaftar per 1 tim.


Baca juga artikel terkait TURNAMEN ESPORTS atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight