Piala Eropa 2020

UEFA Segera Putuskan Nasib Euro 2020 Terkait Corona COVID-19

Oleh: Iswara N Raditya - 17 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
UEFA akan segera memberi keputusan mengenai jadwal pelaksanaan putaran final Piala Eropa alias Euro 2020 yang terganggu akibat pandemi virus Corona (COVID-19).
tirto.id - Federasi sepak bola Eropa atau UEFA dikabarkan akan segera memberi keputusan mengenai jadwal pelaksanaan putaran final Piala Eropa alias Euro 2020 yang terganggu akibat pandemi virus Corona (COVID-19).

Dikutip Antara dari Reuters, Selasa (17/3/2020), UEFA kemungkinan besar akan menunda jadwal penyelenggaraan Euro 2020 yang semula direncanakan bakal digelar mulai tanggal 12 Juni hingga 12 Juli 2020 mendatang.

UEFA akan mengundurkan waktu pelaksanaan Euro 2020 agar liga-liga atau kompetisi domestik di negara-negara Eropa dapat menyelesaikan musimnya supaya tidak mengalami kerugian yang terlalu besar terkait sponsor dan lain sebagainya.

Seperti diketahui, kompetisi domestik di negara-negara Eropa sebagian besar telah dihentikan sementara untuk mencegah semakin meluasnya efek pandemi Corona, termasuk Liga Italia Serie A, La Liga Spanyol, Premier League Liga Inggris, Bundesliga Jerman, Ligue1 Perancis, dan seterusnya.

Jika Euro 2020 ditunda, itu sesuai dengan keinginan beberapa federasi sepak bola di Eropa, termasuk Italia yang merupakan negara Eropa paling parah terdampak pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Kami akan mengajukan permohonan kepada UEFA untuk menunda Piala Eropa," kata Presiden Federasi Sepak Bola Italia, Grabriele Gravina, dikutip dari Reuters, Minggu (15/3/2020) lalu.

Putaran final Euro 2020 rencananya bakal dilangsungkan selama sebulan penuh dan digelar di 12 kota yang terdapat di 12 negara Eropa, yakni Italia, Azerbaijan, Rusia, Denmark, Belanda, Rumania, Inggris, Skotlandia, Spanyol, Republik Irlandia, Jerman, dan Hungaria.


Senin (2/3/2020) silam, Kongres Tahunan UEFA di Amsterdam, Belanda, dihelat untuk membahas sikap asosiasi sepak bola Eropa ini mengenai mewabahnya virus Corona, termasuk terkait penyelenggaraan putaran final Euro 2020 nanti.

Pertemuan yang diikuti oleh para perwakilan dari 55 asosiasi sepak bola negara di Eropa itu belum memutuskan apakah Euro 2020 akan ditunda atau tidak. Namun, setelah melihat perkembangan situasi, UEFA tampaknya bakal segera mengumumkan penundaan pelaksanaan Piala Eropa 2020.



Baca juga artikel terkait EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight