Tiga Tim Semifinalis Piala Indonesia Lolos Berkat Gol Tandang

Oleh: Hendi Abdurahman - 6 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
PSM Makassar, Borneo FC, dan Persija Jakarta lolos ke semifinal Piala Indonesia berkat produktivitas gol tandang.
tirto.id - PSM Makassar, Borneo FC dan Persija Jakarta telah memastikan satu tempat di babak semifinal Piala Indonesia 2018. Melajunya ketiga tim tersebut menuju 4 besar memiliki kesamaan, yakni lolos berkat gol tandang.

PSM Makassar lolos setelah menang 2-0 atas Bhayangkara FC di Stadion Andi Mattalatta, Jumat (3/5/2019) setelah pada leg pertama kalah dengan skor 4-2 di Stadion PTIK, Jakarta. Gol penentu Rizky Pellu membuat Juku Eja berhak melaju ke empat besar kendati agregat 4-4. Dua gol di kandang The Guardian menjadi keuntungan tersendiri lantaran membuat mereka unggul produktivitas gol tandang.

Di lain pihak, dua tim lainnya, Borneo FC dan Persija juga menorehkan hal serupa. Pesut Etam yang kini dilatih Mario Gomez memang kalah dengan skor 3-2 dari Persib di Stadion Jalak Harupat, Sabtu (4/5/2019). Namun, dua gol yang dicetak Javlon Guseynov dan Lerby Eliandry membuat Borneo FC menang produktivitas gol tandang meski agregat keseluruhan sama kuat 4-4.

Sementara itu, Persija yang bermain di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (5/5/2019) di leg kedua melawan Bali United berhasil meraih target menang satu gol tanpa kebobolan berkat gol tunggal Ismed Sofyan. Agregat pun menjadi 2-2, tapi gol Bambang Pamungkas pada leg pertama membuat Macan Kemayoran berhak melaju ke fase selanjutnya.


Ketiga hasil pertandingan di babak perempat final tersebut seolah membuktikan bahwa dalam sistem home away, gol tandang memiliki pengaruh yang besar.

Hal tersebut diamini oleh bek sekaligus kapten Borneo FC, Diego Michiels. Berkat dua gol yang diciptakan timnya pada leg kedua, kemenangan Maung Bandung seolah tak berarti apa-apa lantaran mereka memiliki jumlah gol tandang lebih banyak.

“Alhamdulillah kita lolos. Kita sudah tahu kalau main di Bandung melawan Persib selalu susah. Kita lihat hari ini kalah juga 3-2. Tapi untungnya kita menang di kandang kita [2-1] dan alhamdulillah kita lolos,” ujar Diego Michiels mengomentari hasil melawan Persib.

Satu slot tersisa di semifinal kini diperebutkan oleh Persebaya dan Madura United yang belum memainkan pertandingan perempat final terkait izin keamanan. Jika melihat tren ketiga tim yang telah lolos, bukan tidak mungkin peluang Persebaya dan Madura United ditentukan oleh gol tandang.

Rencananya, duel kedua tim baru digelar setelah Idulfitri. Di babak semifinal, Persija bakal menghadapi Borneo FC sementara PSM akan melawan pemenang antara Persebaya vs Madura United.


Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus