The French Dispatch akan Diputar di Festival Film London 2021

Oleh: Dede Mudopar - 15 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
The French Dispatch masuk dalam daftar 159 film yang akan diputar dalam ajang Festival Film London 2021.
tirto.id - Sebelum dirilis di bioskop pada 22 Oktober 2021, film karya Wes Anderson, The French Dispatch akan diputar lebih dulu dalam ajang Festival Film London 2021. Festival tahunan yang memasuki penyelenggaraan ke-65 ini akan digelar pada 6 hingga 17 Oktober 2021 secara hibrida, luring dan daring.

Melansir The Hollywood Reporter, The French Dispatch masuk dalam daftar 159 film yang akan diputar dalam ajang tersebut bersama film The Harder They Fall karya Jeymes Samuel yang didaulat menjadi film pembuka, film The Power of the Dog, Belfast karya Kenneth Branagh, serta film The Tragedy of Macbeth karya Joel Coen yang akan menjadi penutup festival tersebut.

Film The French Dispatch merupakan film kesepuluh yang disutradarai oleh Wes Anderson. Semula akan dirilis pada Juli 2020 tapi mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19. Kemudian diputar dalam ajang Festival Film Cannes pada 12 Juli 2021 dan mendapatkan standing ovation selama 9 menit. Pemutaran perdananya itu dihadiri oleh para pemeran kecuali Lea Seydoux yang sedang isolasi di Paris akibat terpapar Covid-19.

Film yang mengambil latar abad ke-20 ini bercerita tentang surat kabar mingguan Amerika Serikat di sebuah kota fiksi di Perancis. Para jurnalis di surat kabar tersebut kemudian menulis melalui majalah The French Dispatch Magazine.

The French Dispatch memiliki tiga alur berbeda dalam ceritanya. Sebagaimana dikutip dari Indiewire, Anderson sendiri mengatakan bahwa alurnya tidak mudah untuk dijelaskan. Namun, film ini lebih menggambarkan perjuangan seorang jurnalis untuk menulis apa yang ingin dia tulis.



Film yang merupakan inspirasi dari kecintaan Wes Anderson terhadap The New Yorker ini mengambil sebagian besar syuting Angouleme, Charente, Perancis. Selain dibintangi oleh Lea Seydoux, The French Dispatch juga menghadirkan aktor dan aktris ternama seperti Timothée Chalamet, Willem Dafoe, Owen Wilson, Elisabeth Moss, Bill Murray, Adrien Brody, Christoph Waltz serta Benicio Del Toro.

Penulisan naskahnya ditulis oleh Wes Anderson dan dibantu oleh Jason Schwartzman dan Roman Coppola. Sedangkan di bagian produksi dipegang oleh American Empirical Pictures, Indian Paintbrush, dan Studio Babelsberg.

Dalam kariernya sebagai sutradara, Wes Anderson menorehkan banyak prestasi. Dalam ajang Academy Awards, dia pernah masuk nominasi film terbaik melalui Isle of Dogs (2018) dan The Grand Budapest Hotel (2014).

Dalam ajang Festival Film London tahun ini terdapat juga 21 film yang akan diputar perdana. Salah satunya film karya Maggie Gyllenhaal berjudul The Lost Daughter yang merupakan adaptasi dari buku karya Elena Ferrante.

Selain itu, dalam festival yang diprakarsai oleh Institut Film Inggris (BFI) ini juga akan menghadirkan delapan film dari berbagai negara yang masuk kompetisi resmi. Pemenangnya akan diumumkan dalam penutupan pada 17 Oktober 2021. Delapan film tersebut antara lain

  1. Belle (Jepang, sutradara Mamoru Hosoda);
  2. Il Buco (Italia, Jerman, Prancis, sutradara Michelangelo Frammartino);
  3. The Hand Of God (Italia, sutradara Paolo Sorrentino);
  4. Nitram (Australia, sutradara Justin Kurzel);
  5. Hit The Road (Iran, sutradara Panah Panahi);
  6. Sundown (Meksiko, Perancis, Swedia, sutradara Michel Franco)
  7. Lingui, The Sacred Bonds (Chad, Perancis, Jerman, Belgia sutradara Mahamat-Saleh Haroun);
  8. True Things (Inggris, sutradaea Harry Wootliff).


Baca juga artikel terkait THE FRENCH DISPATCH atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dede Mudopar
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight