Tempat Wisata Populer di Tasikmalaya: Situ Gede Hingga Kampung Naga

Oleh: Ninda Fitria - 8 November 2019
Dibaca Normal 2 menit
8 lokasi wisata di Tasikmalaya, Situ Gede hingga Gunung Galunggung.
tirto.id - Selain Bandung, Jawa Barat memiliki kota lain yang menyimpan keindahan alam dan banyak tempat wisata menarik.

Salah satunya adalah Tasikmalaya yang merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Barat dan berbatasan dengan Kabupaten Majalengka.

Kota yang dijuluki Sang Mutiara dari Priangan Timur ini terkenal akan produksi kerajinannya, salak, dan nasi Tutug Oncom sebagai makanan khasnya.

Selain terkenal akan kerajinan dan makanan khasnya, Tasikmalaya juga menyimpan beragam tempat wisata yang menarik.

Dirangkum dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, berikut 8 tempat wisata populer di Tasikmalaya:

1. Situ Gede

Situ Gede Merupakan obyek wisata yang menawarkan keindahan panorama alam dengan hiasan hutan alam yang berada pada sebuah pulau kecil (nusa) dan terletak di tengah situ.

Dengan luas keseluruhan sekitar 47 hektare, dan ditengah nusa seluas satu hektare terdapat Makam Eyang Prabudilaya, salah seorang tokoh agama Islam dari Tasikmalaya.

Situ Gede merupakan sebuah danau seluas 47 hektare dengan kedalaman air antara 1,5 hingga 6 meter.

Fasilitas bagi wisatawan adalah gazebo 7 buah, tempat parkir cukup luas, masjid, kamar mandi, rakit, tempat memancing, taman dan camping ground.

2. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya.

Untuk mencapai puncak Galunggung, dibangun sebuah tangga yang memiliki 620 anak tangga.

Di wilayah ini terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain objek wisata dan daya tarik wanawisata dengan luas kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani.

Selain itu terdapat pula pemandian air panas seluas kurang lebih 3 hektare lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas.

3. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan merupakan pantai dengan hamparan aneka bentuk pulau-pulau karang mini di antara gelombang pantai yang cukup besar.

Lokasi Pantai Karang Tawulan berada di Cilembang Kecamatan Cihideung Tasikmalaya. Pantai yang berjarak 90 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya ini masih jarang didatangi oleh pengunjung karena aksesnya yang tidak begitu mudah.

4. Goa Safarwadi Pamijahan

Salah satu wisata ziarah di Tasikmalaya adalah Goa Safarwadi Pamijahan. Terletak di daerah Pamijahan, Bantarkalong, Tasikmalaya, goa ini merupakan warisan dari Syeikh Abdul Qodir Al Jailani yang hidup kurang lebih 200 tahun sebelum Syeikh Abdul Muhyi.

Syeikh Abdul Muhyi adalah tokoh penyebar agama Islam di daerah selatan Jawa Barat khususnya Priangan. Goa ini terletak di antara kaki Gunung Mujarod.

Goa Saparwadi Pamijahan memiliki lubang masuk sempit. Lorong goa ini dipenuhi bebatuan dan aliran air di bawahnya. Di dalam goa ini terdapat beberapa ruangan yang konon merupakan tempat Syekh Abdul Muhyi bersembunyi dari kejaran kompeni.

5. Taman Wisata Karang Resik

Taman yang berlokasi di Jalan Mohamad Hatta, Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat ini memiliki luas 32 hektare dan membawa konsep wisata alam, atraksi dan edukasi, di dalamnya yang dipadukan dengan agrowisata.

Di taman ini pengunjung bisa menikmati banyak wahana yang ditawarkan.

Taman Karang Resik bisa disebut sebagai miniatur destinasi wisata di Jawa Barat, karena ada rumah Hobbit hingga “The Lodge Maribaya” di dalamnya.

Bagi penyuka aktivitas yang mengundang adrenalin, pengelola juga menyediakan wahana flying fox dan arung jeram bagi pengunjung.

Taman ini dibuka setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga 10 malam. Tiket masuk ke wisata ini sebesar Rp15 ribu.

6. Kampung Naga

Kampung Naga merupakan suatu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya, dalam hal ini adalah adat Sunda.

Seperti permukiman Badui, Kampung Naga menjadi objek kajian antropologi mengenai kehidupan masyarakat pedesaan Sunda pada masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.

Jarak tempuh dari kota Tasikmalaya ke Kampung Naga kurang lebih 30 kilometer. Untuk menuju Kampung Naga dari arah jalan raya Garut-Tasikmalaya harus menuruni tangga yang sudah di tembok sampai ke tepi sungai Ciwulan dengan kemiringan sekitar 45 derajat dan jarak kira-kira 500 meter.

Kemudian melalui jalan setapak menyusuri sungai Ciwulan sampai kedalam Kampung Naga.

7. Tonjong Canyon

Bagi penggemar wisata tracking, Tonjong Canyon bisa menjadi salah satu destinasi yang bisa dikunjungi ketika berada di Tasikmalaya.

Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan ngarai dari sisi manapun tebing berbatu yang berwarna kecokelatan dan ditambah aliran sungai Tonjong yang tenang. Tonjong Canyon berlokasi di Nagrog, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Tak sedikit yang menyebut Tonjong Canyon sebagai replika dari Green Canyon. Namun ngarai kecil yang tersembunyi membuat Tanjung Canyon memiliki keistimewaannya sendiri.

8. Wisata Alam Pasir Kirisik

Wisata alam keluarga ini berlokasi di Desa Guranteng, Kecamatan Pagerageung, Guranteng, Pagerageung, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Pengunjung dikenakan biaya tiket masuk Rp10 ribu saat weekday dan Rp15 ribu saat weekend.

Di sini pengunjung bisa menikmati wisata menaiki balon udara, taman bunga, wahana anak, kolam renang, menara selfie, perahu bambu, dan lain-lain.




Baca juga artikel terkait TASIKMALAYA atau tulisan menarik lainnya Ninda Fitria
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Ninda Fitria
Penulis: Ninda Fitria
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight