Menuju konten utama

Syarat Masuk Sekolah Kedinasan 2021, Alur & Tata Cara Mendaftar

Pendaftaran Sekolah Kedinasan dilakukan secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id, dengan memilih menu Dikdin atau melalui dikdin.bkn.go.id.

Syarat Masuk Sekolah Kedinasan 2021, Alur & Tata Cara Mendaftar
Ilustrasi sekolah kedinasan. FOTO/IStockphoto

tirto.id - Pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2021 dijadwalkan akan dibuka pada 9 April mendatang.

Pendaftaran ini dilakukan secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id, dengan memilih menu Dikdin atau melalui dikdin.bkn.go.id.

Sekolah Kedinasan adalah perguruan tinggi negeri yang dikelola oleh instansi pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan.

Instansi pemerintah terkaitlah yang mendanai sebagian atau seluruh biaya pendidikan di suatu Sekolah Kedinasan.

Sekolah Kedinasan dikenal juga sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Disebut sekolah karena sebagian besar nama PTK merupakan Sekolah Tinggi, seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).

Syarat Masuk Sekolah Kedinasan 2021

Terdapat sejumlah dokumen utama yang harus dipenuhi pelamar sebagai persyaratan mendaftar Sekolah Kedinasan 2021.

Mengutip "Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 yang dirilis oleh BKN" dokumen-dokumen tersebut antara lain:

  1. Kartu Keluarga Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Ijazah Rapor SMA sederajat.
  3. Pas foto.
  4. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Alur dan Tata Cara Masuk Sekolah Kedinasan 2021

Informasi alur pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2021 adalah sebagai berikut :

1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN di laman https://sscasn.bkn.go.id.

2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi di https://dikdin.bkn.go.id.

3. Pelamar melakukan login dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian.

Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan.

5. Pelamar memasukkan nilai.

6. Pelamar melengkapi biodata.

7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan.

8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (resume).

9. Pelamar meng-klik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah.

10. Pelamar mengecek hasil verifikasi.

11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih.

12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan kartu ujian.

13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi.

14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi.

15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya.

Secara lengkap, alur pendaftaran Sekolah Kedinasan dapat dilihat lewat file Dikdin dan bisa diunduh lewat tautan berikut ini.

Daftar Sekolah Kedinasan 2021

Berikut ini adalah daftar sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran di tahun 2021.

  1. Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan.
  2. Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
  3. Sekolah Kedinasan Kementerian Dalam Negeri.
  4. Sekolah Kedinasan Kementerian Keuangan.
  5. Sekolah Kedinasan Badan Intelijen Negara.
  6. Sekolah Kedinasan Badan Pusat Statistik.
  7. Sekolah Kedinasan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
  8. Sekolah Kedinasan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN atau tulisan lainnya dari Maria Ulfa

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Nur Hidayah Perwitasari