Spotify Luncurkan Lebih dari 30 Playlist Hub Musik Lokal Indonesia

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 15 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Layanan musik streaming Spotify meluncurkan Hub Musik Indonesia yang berisikan lebih dari 30 playlist musisi lokal.
tirto.id - Spotify meluncurkan Hub Musik Indonesia bagi para pecinta musik lokal, mulai dari pop, dangdut, hingga hip-hop.

Hub yang sebelumnya dikenal sebagai Pop Indo ini menampung lebih dari 30 playlist musik Indonesia dari beragam genre yang membuat musik Indonesia semakin berwarna.

Hub tersedia bagi para pengguna Spotify gratis dan premium di Indonesia. Hub Musik Indonesia menjadi destinasi lengkap untuk menikmati lagu dan album karya artis Indonesia dari seluruh genre untuk menemani setiap momen dan suasana hati.

Beberapa playlist unggulan yang dapat ditemukan dalam hub ini di antaranya Puncak Klasemen yang memuat hits terbaik dan terbaru dari Indonesia.

Ada juga beberapa playlist baru seperti Naik Daun yang memuat lagu-lagu terkini dari para artis lokal pendatang baru, dan Ke Seberang yang menampilkan serangkaian talenta lokal yang musiknya telah melampaui batas dan melintasi budaya.

Berkomentar tentang hub yang baru diperkenalkan kembali ini, salah satu diva pop Indonesia, Raisa, dalam rilis yang diterima Tirto, Rabu (15/4/2020) mengatakan, “Musik Indonesia kaya akan keanekaragaman dan setiap artis memiliki caranya masing-masing dalam mengekpresikannya. Dengan kata lain, akan selalu ada hal baru yang menarik untuk setiap pendengar."

Raisa menambahkan, "Aku juga merasa Spotify sangat Indonesia. Contohnya playlist Generasi Galau yang dengan jenaka menangkap kebiasaan kita banget dan di saat bersamaan juga menyoroti karya-karya artis lokal Indonesia.”

Selain beraneka ragam, salah satu artis lokal yang sedang naik daun, Hindia, menggambarkan musik Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa.

“Terlepas dari perbedaan latar belakang yang kita miliki, kita dapat menikmati musik Indonesia yang sama. Oleh karena itu, saya merasa musik dapat mempersatukan kita dan menunjukan keunikan identitas bangsa kita," katanya.

Ia menambahkan, "Liriknya pun sering kali merefleksikan hal kecil, kebiasaan, dan momen kita sehari-hari yang hanya bisa dipahami oleh kita sebagai orang Indonesia. Selain dukungannya terhadap artis dan musik Indonesia, saya merasa peran Spotify sangat besar dalam membantu pendengar menemukan musik yang relevan untuk setiap momen di hidup mereka."

Bicara tentang momen, hub Musik Indonesia juga menawarkan konten yang memotivasi dan inspiratif untuk sedikit menghibur, menenangkan, dan menemani di momen seperti saat ini di mana orang-orang lebih banyak berkegiatan di dalam rumah.

Beberapa playlist populer yang relevan di antaranya Semangat Pagi dan Kopikustik yang memberikan energi positif di pagi hari, serta Terbaik 2000an dan Nostalgia 90 untuk menemani momen karaoke di rumah.

“Kami tahu para pengguna sangat mencintai musik Indonesia dan hal ini terefleksikan dari data streaming yang kami miliki. Hingga hari ini, para penggemar di seluruh dunia telah memutar lebih dari satu milyar jam lagu-lagu artis Indonesia di Spotify," ujar Boon Ken Wong, Asia Team Lead, Music Culture & Editorial, Spotify.

Boon menambahkan, "Dengan memperbaharui dan meluncurkan kembali hub Musik Indonesia, kami berharap dapat membantu semakin banyak penggemar menemukan seluruh genre, artis, dan lagu Indonesia, serta menghubungkan artis lokal dengan penggemar mereka di Indonesia dan negara lainnya.".


Baca juga artikel terkait SPOTIFY RILIS HUB MUSIK INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Musik)

Sumber: pers rilis
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight