Sinopsis Film Finding 'Ohana: Berburu Harta Karun di Hawaii

Oleh: Shulfi Ana Helmi - 22 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Selain alur ceritanya yang menarik, film Finding ‘Ohana menyajikan serunya petualangan dan keindahan pemandangan Hawaii.
tirto.id - Film Finding ‘Ohana mengisahkan perjalanan empat remaja dalam mencari harta karun di Hawaii. Dirilis pada 29 Januari 2021 di Netflix, film ini berada dalam arahan sutradara Jude Weng.

Berdurasi 2 jam 3 menit, film Finding ‘Ohana menyajikan serunya petualangan dan keindahan pemandangan Hawaii.

Finding ‘Ohana dibintangi oleh Kea Peahu, Alex Aiono, Lindsay Watson, Owen Vaccaro, Kelly Hu, Branscombe Richmond, Chris Parnell, Marc Evan Jackson, dan Ricky Garcia.

Situs web IMDb mengganjar Finding ‘Ohana dengan rating 6,1/10 dari 6.403 penilaian. Sementara Rotten Tomatoes memberikan skor 84 persen dari tomatometer dan 85 persen dari penilaian audiens.


Sinopsis Film Finding ‘Ohana

Pili (Kea Peahu) adalah gadis berusia 12 tahun yang senang berpetualang. Ia bahkan memenangkan kompetisi Geochace--semacam permainan mencari harta karun--dan mendapatkan hadiah trip ke Camp Geocache di Catskills.

Bayangan musim panas yang menyenangkan di Catskills nyatanya tak dapat terwujud. Pili terpaksa mengikuti ibu (Kelly Hu) dan kakaknya ke Hawaii untuk mengunjungi kakeknya, Kimo (Branscombe Richmond), yang mengalami serangan jantung.

Hari-hari di rumah kakek Kimo terasa membosankan bagi Pili. Hingga ia menemukan sebuah jurnal usang milik pria bernama Monks, seorang pelaut Kapal Peruvian yang dahulu disewa oleh penjajah dari Spanyol. Jurnal itu berisi kisah tentang harta karun Kapal Peruvian.

Pili begitu semangat membaca jurnal tersebut. Namun, bagian akhir jurnal berbahasa Hawaii dan Pili tidak memahaminya. Pili kemudian meminta bantuan pada teman barunya, Casper (Owen Vaccaro).

Saat sedang asik membahas isi jurnal, Pili dan Casper kepergok oleh kakek Kimo. Pili ketahuan telah mengambil jurnal itu diam-diam. Kakek Kimo kemudian memberi tahu Pili bahwa jurnal itu diwariskan oleh leluhurnya yang dahulu telah menyelamatkan Monks.

Keesokan harinya kakek Kimo membawa Pili mengunjungi Mokoli’i, pulau tempat Monks mendarat pertama kali. Kakek Kimo juga menunjukkan tempat-tempat yang digambar Monks pada jurnalnya.

Pili sangat antusias, bahkan ingin menaiki bukit karang untuk melihat pegunungan dengan lebih jelas. Saat kakek Kimo hendak menyusul Pili, ia malah terjatuh dan mengakibatkan tulang rusuknya patah.

Merasa bersalah, Pili ingin membantu membiayai pengobatan kakek Kimo. Pili memutuskan untuk mencari harta karun berbekal jurnal Monks.

Pili sempat mengajak kakaknya, Ioane (Alex Aiono). Namun, Ioane menolak dan menganggap ucapan Pili hanya angin lalu. Pili kemudian nekat berangkat mencari harta karun ditemani Casper, temannya.

Keesokan harinya Ioane terkejut mendapati pesan Pili yang mengatakan ia pergi mencari harta karun. Ioane segera menyusul ke tempat yang diduga lokasi persembunyian harta karun. Ditemani oleh Hana (Lindsay Watson), teman Casper yang seumuran dengannya, Ioane berhasil menemukan lokasi tersebut.

Saat tiba di lokasi, Ioane dan Hana dikejutkan dengan keadaan Pili dan Casper yang terperosok di sebuah lubang dalam goa. Ioane dan Hana berusaha menolong kedua anak itu. Namun karena pijakannya tidak kuat, Ioane dan Hana malah ikut terperosok ke dalam lubang yang sama.

Merasa tidak ada jalan lain, keempat orang tersebut memutuskan untuk mengikuti petunjuk yang ada dalam jurnal Monks. Pili dan Casper percaya jika petunjuk dalam jurnal tersebut akan membawa mereka pada harta karun, sedangkan Ioane dan Hana hanya berharap mereka menemukan jalan keluar dari goa.

Perjalannya mereka tidaklah mudah. Berbagai rintangan harus mereka hadapi. Mulai dari laba-laba beracun, menyeberangi jurang yang dibawahnya terdapat lava mendidih, hingga menyelami terowongan berisi air.

Akankah petualangan mereka berujung pada penemuan harta karun? Saksikan kisah selengkapnya dalam film Finding ‘Ohana hanya di Netflix.


Baca juga artikel terkait FINDING OHANA atau tulisan menarik lainnya Shulfi Ana Helmi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Shulfi Ana Helmi
Penulis: Shulfi Ana Helmi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight