Siapa Saja Tim yang Berpotensi Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini?

Oleh: Hendi Abdurahman - 5 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Tiga tim yang bakal terdegradasi dari Liga 1 ditentukan pada pertandingan terakhir.
tirto.id - GoJek Liga 1 2018 tinggal menyisakan satu laga terakhir. Tak hanya sengit di papan atas, klasemen papan bawah pun seakan memanas jelang kompetisi usai. Sejauh ini Perseru, PSMS, dan PS TIRA menjadi tiga tim terbawah. Namun, peta persaingan diperkirakan bakal berubah lantaran malam ini, Rabu (5/12/2018) PSMS bakal berhadapan dengan PS TIRA dalam laga tunda yang seharusnya dihelat di pekan 25.

Selain tiga tim terbawah seperti yang telah disebutkan, dua kesebelasan lain yakni Mitra Kukar dan Sriwijaya FC juga masih berpotensi terdegradasi andai kalah atau seri di laga pamungkas. Menariknya, lima tim paling bawah itu bakal bermain tandang di pekan terakhir.

Melihat jadwal pertandingan pekan terakhir, lima tim tersebut tak ada yang benar-benar “diuntungkan”. Kelimanya bakal menghadapi lawan-lawan yang juga punya target bertahan di divisi teratas. Di antara laga yang diprediksi berjalan sengit yaitu Persija vs Mitra Kukar dan PSM vs PSMS. Selain menjadi duel penentuan juara, laga tersebut juga bakal menentukan siapa tim yang bakal turun ke Liga 2 musim depan.

Tiga laga menentukan lainnya yakni Arema FC vs Sriwijaya FC, Borneo FC vs PS TIRA, dan Persipura vs Perseru.


Siapa yang Bakal Terdegradasi?

Melihat kondisi terakhir, PS TIRA dan PSMS bisa menjadi dua tim yang berada pada situasi sulit. PSMS misalnya, menghadapi PSM di laga terakhir bakal menjadi sukar karena Juku Eja sedang termotivasi untuk menang—sambil berharap Persija kalah—di laga pamungkas.

Sementara itu, PS TIRA yang bakal melawan Borneo FC pun dalam kondisi yang tak mudah lantaran Borneo FC berusaha untuk berada setidaknya di peringkat empat besar. PS TIRA sendiri kini memiliki poin 36 alias paling rendah.

Laga yang tak kalah seru terjadi di tanah Papua. Persipura vs Perseru menjadi pertandingan yang tak boleh dilewatkan. Pelatih Perseru, Wanderley Junior mengungkapkan jika anak asuhnya tak gentar dan bertekad menang. Hasil imbang apalagi sampai kalah bisa jadi membuat Cendrawasih Jingga turun level ke Liga 2. Kabar baiknya, mereka bakal diperkuat Silvio Escobar di laga tersebut setelah selesai menjalani hukuman.

Melihat catatan-catatan tersebut, sepertinya siapa tim yang bakal terdegradasi dari Liga 1 musim ini bakal ditentukan pada laga terakhir.

Jadwal lima tim yang berpotensi degradasi musim ini di laga pamungkas
  • Arema FC vs Sriwijaya FC: Jumat (7/12/2018)
  • Persipura vs Perseru: Sabtu (8/12/2018)
  • Persija vs Mitra Kukar: Sabtu (8/12/2018)
  • PSM vs PSMS: Minggu (9/12/2018)
  • Borneo FC vs PS TIRA: Minggu (9/12/2018)

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman